kata kata mutiara

Kata kata Mutiara – Mengapa ada orang yang secara konstan memilih jalan hidup yang berbahaya atau buruk dan ada orang yang bisa menjalani hidup dengan cara yang benar? Mengapa hari ini semakin banyak orang yang tidak mampu menghadapi rasa sakit dan kesulitan hidup berakhir dengan depresi, anxiety, dan berbagai penyakit kejiwaan lainnya? Ada banyak lagi pertanyaan tentang value serta cara kita menjalani kehidupan, namun jika ditarik satu garis besar secara umum, kuncinya adalah seberapa dalam kebijaksanaan yang kita miliki?

Kita dapat terkagum-kagum melihat bagaimana seorang gadis miskin yang pernah mengalami pelecehan seksual dapat berakhir sebagai salah satu wanita paling berpengaruh, yaitu Oprah Winfrey. Atau melihat bagaimana seorang yang tidak lulus kuliah akhirnya bisa menjadi “self-made billionaire” dan memiliki salah satu perusahaan terkenal bernama MICROSOFT, yaitu Bill Gates. Lalu, melihat bagaimana seorang biarawati miskin tanpa kekuatan finansial dapat menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh, yaitu Bunda Teresa.

Baca juga: Kumpulan Kata-Kata Motivasi untuk Sukses

Kebijaksanaan adalah yang membuat mereka berbeda. Kebijaksanaan adalah salah satu kemampuan hidup yang mampu membedakan tidak hanya antara baik dan buruk, namun juga antara baik dan benar. Sampai saat ini bahkan para ahli belum dapat membuat definisi pasti mengenai kebijaksanaan ini, yang dapat mereka simpulkan hanyalah bahwa kekuatan ini merupakan gabungan antara pengalaman (experience), pengetahuan (knowledge), kemampuan menilai yang baik (good-judgement), dan kecerdasan (intelligence). Kebijaksanaan membuat seseorang memiliki kepekaan yang lebih tinggi untuk menilai sebuah value dan melihat bagaimana hal-hal dalam kehidupan bekerja. Itulah yang membuat tokoh-tokoh besar mampu memberikan pengaruh luar biasa tak hanya kepada orang di sekitar mereka, namun juga kepada dunia.

Kata kata mutiara dalam artian yang sebenarnya adalah kata kata yang memiliki makna yang dalam. Kata kata ini biasanya banyak muncul dari perenungan-perenungan yang dalam tentang hidup, layaknya sebuah mutiara harus melalui proses panjang hingga kilaunya terbentuk. Yuk, kita simak beberapa kata kata mutiara untuk inspirasi dalam menjalani hidup ini:

“Kita tidak harus hebat saat memulai, tetapi kita harus memulai untuk menjadi hebat.” (Zig Ziglar)

“Kita tidak akan belajar berani dan sabar jika di dunia ini hanya ada kegembiraan.” (Helen Keller)

“Lakukan sesuatu. Memimpin, menjadi pengikut, atau menyingkir.” (Anonim)

“Untuk berenang menentang arus, diperlukan ikan yang kuat. Kalau cuma mengapung, ikan mati pun bisa.” (John Crowe, penyair dan esais AS)

“Bangun reputasi Anda dengan membantu orang-orang membangun reputasi mereka.” (Anthony J D’Angelo, motivator pendidikan, kontributor seri buku “Chicken Soup for the Soul”)

“Orang-orang pergi untuk mencari tahu gunung-gunung, besarnya ombak lautan, panjangnya sungai-sungai, luasnya samudra, gerakan berbentuk lingkaran dari bintang-bintang, tetapi banyak yang melewati diri mereka sendiri tanpa bertanya.” (Santo Agustinus, Santo dan doktor gereja Katolik Roma)

“Siapa yang tidak bisa memimpin dirinya sendiri, tidak akan bisa memimpin orang lain.” (Plato, filsuf Yunani, murid Socrates dan guru dari Aristoteles)

“Jalani setiap hari seakan itu adalah hari terakhirmu. Kerjakan setiap pekerjaan seakan kamu adalah bosnya. Perlakukan semua orang seakan mereka adalah dirimu.” (Anonim)

“Kebahagiaan selalu tampak kecil saat berada dalam genggaman. Tapi coba lepaskan dan kamu akan langsung tahu betapa besar dan besarnya kebahagiaan.” (Maxim Gorky, penulis Rusia, pendiri metode sastra sosialis, dan aktivis politik)

“Kesulitan-kesulitan, penderitaan-penderitaan dan ujian-ujian dalam hidup adalah rahmat positif. Semua ini merajut otot-otot menjadi lebih keras dan mengajarkan kemandirian untuk menentukan hidup sendiri.” (William Matthews)

“Jika hidup adalah komedi bagi yang berpikir, dan tragedi bagi yang merasa, maka hidup adalah kemenangan bagi orang yang percaya.” (Anonim)

“Jika rumput tetangga lebih hijau, bersyukurlah Anda masih bisa berpijak di tanah dan melihatnya.” (Richard C. Miller)

“Jangan buang hari ini dengan mengkhawatirkan hari esok. Gunung pun datar ketika kita sampai di puncaknya.” (Phi Delta Kappan)

“Bekerja keraslah sekarang, merasakan hasilnya nanti; bermalas-malas sekarang, merasakan akibatnya nanti.” (John C. Maxwell)

“Kehilangan kekayaan masih bisa dicari kembali, kehilangan kepercayaan sulit didapatkan kembali.” (Eric Watson, seorang filsuf).

“Hiduplah sedemikian rupa sehingga kamu tidak akan merasa malu ketika ada orang lain yang berbicara tentang keluargamu.” (Will Roger, koboi, pelawak, komentator sosial, pemain sandiwara dan aktor AS)

“Sukses adalah keberhasilan yang kamu capai di dalam menggunakan talenta talenta yang telah Tuhan berikan kepada Anda.” (Rick Devos, pendiri Amway)

“Kita tidak bisa mengingkari kesan bahwa manusia umumnya menggunakan standar yang keliru. Mereka mencari kekuatan, sukses, dan kekayaan untuk diri mereka sendiri, memuji diri mereka di hadapan orang lain dan mereka memandang rendah apa yang sebenarnya berharga dalam hidup.” (Sigmund Freud, psikiater Austria, pendiri aliran psikoanalisis dalam ilmu psikologi)

“Anda tidak dapat merencanakan masa depan yang akan datang berdasarkan masa lalu.” (Edmund Burke, negarawan, politikus, orator, filsuf Irlandia)

“Masa depan itu dibeli oleh masa sekarang.” (Samuel Johnson, penulis, kritikus sastra, editor, leksikografer Inggris)

“Pikirkan hal-hal yang paling hebat, dan engkau akan menjadi yang terhebat. Tetapkan akal pada hal tertinggi, dan engkau akan mencapai yang tertinggi.” (Anonim)

“Kita selalu lupa atau jarang mengingat apa yang kita miliki, tetapi kita seringkali ingat apa yang ada pada orang lain.” (Anonim)

Lihat juga: Kumpulan Kata kata Bijak Tokoh Terkenal

 

  • kata-kata-mutiara-02
  • kata-kata-mutiara-03
  • kata-kata-mutiara-04
  • kata-kata-mutiara-05
  • kata-kata-mutiara-06
  • kata-kata-mutiara-07
  • kata-kata-mutiara-08
  • kata-kata-mutiara-09
  • kata-kata-mutiara-10
  • kata-kata-mutiara-11
  • kata-kata-mutiara-12
  • kata-kata-mutiara-13