Kata pengantar – Kata pengantar berfungsi mengantarkan pembaca kepada isi atau uraian-uraian yang terdapat di dalam suatu karya ilmiah. Sehingga, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang membantu penulisan karya ilmiah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan karya ilmiah yang ditulis. Bahkan, kata pengantar juga dilengkapi dengan uraian yang mendorong membangkitkan minat orang lain untuk membaca karya ilmiah tersebut. Kata pengantar ditulis di halaman tersendiri, artinya tidak bersatu dengan bagian lain. Pada akhir kata pengantar, di sebelah kanan bawah, dicantumkan tempat dan tanggal serta nama penyusun. Seperti berikut ini contoh kata pengantar yang dapat dijadikan panduan sebelum menulis.

Baca juga : Cara Cepat dan Mudah Mencetak Materi Presentasi di Uprint.id!


#Contoh Kata Pengantar 01

Puji syukur marilah senantiasa kita haturkan kepada Tuhan yang telah memberikan berkat dan karunia khususnya dengan kesehatan, sehingga Saya dapat menyelesaikan tugas makalah dalam mata kuliah psikologi pendidikan yang berjudul Motivasi, sebagai bahan materi perkuliahan pada saat ini. Selain itu, Saya ucapkan terima kasih kepada orang tua, saudara, dan sahabat yang saling mendukung dan berdoa. Saya juga meminta maaf jika ada beberapa materi dalam karya ilmiah ini yang kurang tepat atau lain sebagainya.

Semoga, tulisan Saya dapat menjadi tambahan ilmu bagi Anda yang membacanya.

 

Banjar, 03 Desember 2015

Penulis

Baca juga : Contoh Kata Pengantar Makalah yang Dapat Membantu Anda Membuat Karya Ilmiah


#Contoh Kata Pengantar 02

Alhamdulillahi Rabbil’Alamin, puji syukur atas kehadirat Allah Azza wa Jalla karena dengan rahmat, taufik dan hidayah-nya sehingga tugas kolektif ini dapat diselesaikan. Makalah dengan judul “Ragam Kebudayaan Indonesia”, ini dapat terselesaikan dengan tepat waktunya, walaupun dengan berbagai macam halangan atau rintangan. Tidak lupa juga Shalawat serta salam semoga selalu tercurah ke pangkuan Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa’atnya di yaumul qiyamah nanti, Amiin Amiin Amiin Allahuma’amiin.

Makalah ini disusun sebagai bahan diskusi yang akan kami presentasikan dan merupakan implementasi dari program belajar aktif oleh Dosen pengajar mata kuliah “Seni dan Budaya”.

Semoga dengan tersusunnya makalah ini bisa menambah khazanah keilmuan dalam mempelajari “Ragam Kebudayaan Indonesia” dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari masih banyak kesalahan dan kekhilafan di dalamnya. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa kami harapkan demi penyempurnaan makalah berikutnya ini.

Jakarta, 22 Februari 2015

Febriyanti Asegaff

Dalam penulisan kata pengantar, Anda harus mengetahui unsur-unsur dalam menyusun kata pengantar. Seperti berikut ini, beberapa unsur yang harus diterapkan dalam membuat kata pengantar.

  • Berisi ucapan unsur
  • Penjelasan mengenai adanya tugas penulisan karya ilmiah
  • Penjelasan adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak
  • Ucapan terima kasih
  • Penyebutan nama kota, tanggal, dan bulan. Tidak lupa juga untuk membubuhkan tanda tangan penulis.
  • Harapan penulis terhadap tulisannya kepada pembaca
  • Manfaat bagi para pembaca dan ketersediaan untuk menerima kritik dan saran dari para pembaca

Meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian yang satu ini, namun kata pengantar tetaplah penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang telah diselesaikan. Selain itu, adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat seorang penulis terhadap pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca. Seperti yang diketahui, menyusun kalimat memang merupakan hal yang sulit. Ada orang yang dapat merangkai kata dengan cepat namun tidak menghasilkan kalimat efektif, ada juga yang dapat dengan lambat merangkai kata namun menghasilkan kalimat yang efektif. Semua dapat juga dipelajari agar menjadikan rangkaian kata yang efektif.