SEM atau yang lebih dikenal dengan search engine marketing ini mulai populer beberapa tahun belakangan di kalangan pebisnis online. Pada awalnya, istilah Search Engine Marketing digunakan untuk SEO dan aktivitas pencarian online berbayar atau paid search. Namun seiring berjalannya waktu, Search Engine Marketing ini membuka peluang bisnis menjadi berkembang dengan adanya iklan yang lebih efektif saat konsumen mencari produk dan spesifik. 

Pebisnis online yang menggunakan SEM akan memiliki keuntungan, seperti kenaikan omzet dan pendapatan. Tentunya semua itu didapat dari konsumen yang serius untuk membeli sesuatu. Selain itu, Anda juga harus rutin dan komitmen dalam memasarkan sebuah produk.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan SEM, sebaiknya Anda mengetahui dulu tentang Search Engine Marketing berikut.

1. Pengertian Search Engine Marketing

search-engine-marketing-pengertian

Search Engine Marketing  merupakan satu dari sekian banyak metode yang dapat digunakan di dalam internet marketing. Jika digunakan dengan baik dan benar, Search Engine Marketing dapat membantu bisnis untuk berkembang pesat di era digital yang semakin hari semakin kompetitif. Di zaman yang serba modern ini, tidak sedikit yang menggunakan SEM untuk membantu kelancaran bisnis mereka. Sebab menggunakan SEM ini dapat membantu kemajuan bisnis online secara langsung.

Baca juga : Tips Sederhana Menjalankan Strategi Marketing Bagi Pemula

2. Manfaat Penggunaan Search Engine Marketing

search-engine-marketing-01

Search Engine Marketing dapat menghasilkan hasil yang cepat dengan cara men-target audience yang sudah tertarik dengan produk, informasi atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Bagi pebisnis online Search Engine Marketing ini dapat menjadi modal investasi yang menjanjikan. Investasi di sini adalah konsumen, sebab saat  Anda menggunakan SEM akan ada pelanggan baru yang terdeteksi sehingga, membuat bisnis lebih berkembang pesat. 

3. Dasar-dasar Search Engine Marketing

search-engine-marketing-03

Ada beberapa hal pokok yang dapat dilakukan dan menjadi dasar-dasar SEM yaitu riset dan mengelompokan keyword. Langkah-langkah yang Anda lakukan saat ingin meriset keyword adalah menuliskan beberapa kata berisi kata kunci relevan dalam satu list. Setelah itu, saat sudah mulai melakukan riset yang perlu dilakukan adalah menambah kata kunci yang berpotensi untuk kecocokan konsumen. Jika kedua itu dapat dilakukan maka akan memudahkan Anda dalam melakukan search engine marketing.

4. Kegunaan Search Engine Marketing

search-engine-marketing-02

Sebagai pelaku bisnis, menggunakan search engine marketing ini memiliki kegunaan. Seperti mencari calon konsumen, menjual suatu produk, membangun merek atau brand tertentu, mengalihkan traffic dari pesaing atau kompetitor. Agar bisnis berjalan dengan lancar, Anda juga harus menguasai segala bentuk ilmu bisnis mulai dari yang dasar hingga terdalam. Jika sudah belajar, yang harus dilakukan berikutnya adalah menerapkannya.

Baca juga : Pengertian Marketing yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Itulah yang dinamakan search engine marketing yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Jika ingin bisnis berjalan dengan lancar dan sesuai target, jangan lupa mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti perlengkapan branding dan lainnya yang mendukung kemajuan bisnis.