Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Strategi marketing bagi masing-masing orang atau perusahaan memiliki teknik masing-masing. Mulai dari pemasaran online hingga secara langsung. Jika Anda ingin melakukan pemasaran, dapat menerapkan tips sederhana menjalankan strategi marketing seperti berikut.

1. Kenali Customer

strategi-marketing-bagi-pemula-kenali-customer

Strategi marketing yang pertama adalah Anda harus mengenali customer. Dengan kata lain, Anda harus memahami keadaan si customer. Apakah bisa diajak untuk ngobrol atau tidak. Selain itu juga, Anda harus mengenali kebutuhan si customer, dan jangan pernah menjelaskan secara terburu-buru. Sebab, pesan yang disampaikan tidak akan dimengerti oleh customer tersebut. Untuk itu sebagai marketing, Anda harus mengenali dan berusaha untuk mengajak customer berbicara.

Baca juga : Pengertian Marketing yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

2. Membuat Rencana Mengenai Produk Serta Layanan

strategi-marketing-bagi-pemula-memahami-produk

Sebelum melakukan pemasaran, ada baiknya Anda mempersiapkan rencana produk yang akan dijelaskan dan caranya. Jangan lupa untuk mendalami dan memahami produk sebelum melakukan pemasaran. Jika Anda paham dengan produk tersebut, maka strategi pemasaran akan lebih mudah dilakukan. Selain itu juga, Anda akan lebih lancar saat memasarkan produk tersebut sehingga tidak ada kendala saat menjawab pertanyaan.

3. Melakukan Promosi Secara Natural

strategi-marketing-bagi-pemula-lakukan-pemasaran-secara-natural

Strategi marketing berikutnya adalah, Anda harus melakukan promosi secara natural. Caranya adalah, pelajari produk yang akan dipromosikan. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan kegiatan promosi dengan lancar dan natural. Tanpa harus terlihat gugup dan lain sebagainya. Itulah yang dinamakan promosi secara natural. Pastikan Anda paham dengan semua kriteria produk yang akan dipromosikan.

Baca juga : Pengertian Marketing yang Harus Anda Ketahui dan Alat Pendukungnya

4. Memiliki Strategi Harga

Sebagai seorang yang menjalani pemasaran, harus mengetahui strategi marketing tentang harga. Sebelum Anda melakukan promosi, silakan melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan harga yang tepat saat menawarkan ke customer. Pastikan Anda mendapat nominal harga yang sesuai dan dapat menarik perhatian calon customer. Dengan kata lain, Anda harus mengetahui harga pasaran yang biasanya mereka ketahui.

5. Respon Cepat

strategi-marketing-bagi-pemula-respon-cepat

Bagi seorang marketing, menjalankan strategi marketing yang satu ini merupakan poin tambah. Setiap orang ingin dilayani dengan cepat dan tepat, sehingga tidak membuang waktu dari customer. Sebagai seorang marketing, Anda harus memiliki sikap cepat tanggap atau respon cepat dari apa yang diinginkan customer.

6. Terapkan 3S

Membahas tentang strategi pemasaran, yang harus dilakukan adalah terapkan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa). Strategi pemasaran menggunakan 3S ini akan membuat customer merasa dihormati atau dihargai. Jika pelayanan Anda kurang mengenakan, bisa jadi customer malas untuk berlama-lama mendengarkan penjelasan. Untuk itu, jangan lupa selalu menerapkan 3S ketika bertatap wajah dengan customer atau calon customer.

Baca juga : 4 Strategi Marketing Konvensional yang Masih Efektif Sampai Sekarang

7. Menyusun Marketing Plan

strategi-marketing-bagi-pemula-menyiapkan-rencana-marketing

Strategi marketing selanjutnya, jangan lupa untuk menyusun marketing plan sebelum terjun ke lapangan. Pastikan Anda dan tim marketing lainnya memahami rencana pemasaran yang akan dilakukan. Dengan begitu, akan lebih mudah menjalani kegiatan marketing, sebab semuanya sudah direncanakan lebih dahulu.

Itulah beberapa tips sederhana menjalankan strategi pemasaran bagi pemula yang perlu diketahui. Pastikan Anda memahami produk dan planning pemasaran terlebih dahulu. Jangan sampai, saat menghadapi customer Anda terlihat gugup dan kurang meyakinkan. Itu akan berakibat buruk terhadap penilaian kinerja Anda sebagai marketer.