Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Mendengar kalimat barang bekas, menjadi sebuah hal yang tidak memiliki banyak manfaatnya. Padahal hanya dari sebuah barang bekas dapat menciptakan sesuatu yang baru sekaligus memiliki nilai jual tinggi. Apalagi jika berada di tangan orang yang kreatif, barang bekas dapat disulap menjadi sesuatu yang berguna dan memiliki nilai jual. Nah, agar tidak penasaran dan segera untuk mengeksekusi barang bekas di rumah, Anda dapat melihat video berikut ini, dengan judul 5 kerajinan tangan dari bahan bekas.

1. CD Bekas

Jika di rumah Anda terdapat beragam CD bekas yang tidak terpakai sebaiknya digunakan untuk sebagai hiasan atau bahkan wadah tanaman hias. Seperti dalam gambar dan tutorial video berikut ini. Nah, jika sudah jadi kerajinan tangan Anda saatnya untuk meletakannya di tempat yang tepat. Agar ketika ada yang melihat dan tertarik membuatnya dapat menjadi peluang bisnis.

2. Botol Bekas

Botol bekas merupakan benda yang selalu ada di setiap rumah. Sebab, sering sekali membeli minum dan botolnya terkadang lupa dibuang. Nah, Anda dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membuat sesuatu yang bernilai jual. Seperti berikut ini beberapa jenis hasil kerajinan tangan yang terbuat dari botol bekas. Jika Anda ingin membuat kerajinan tangan silakan menyaksikan tutorial berikut ini.

Baca juga : 10 Desain Kalender Unik dan Inspiratif yang Menambah Suasana Baru Lebih Seru

3. Kaos yang Tidak Terpakai

Cobalah lihat ada berapa banyak baju yang sudah tidak digunakan di lemari. Ada baiknya untuk mengurangi jumlah baju di lemari agar lemari akan tertata baik dan rapi. Tapi jangan langsung dibuang, cobalah untuk menjadikan kaos bekas sebagai barang yang bermanfaat. Seperti tutorial berikut ini, yang banyak manfaatnya.

4. Kardus Bekas

Melihat beragam banyak kardus bekas memang sangat tidak nyaman dipandang. Bagi semua orang yang memikirkan barang tersebut tidak memiliki fungsi maka kardus bekas itu berubah hanya menjadi sampah. Namun, jika Anda memanfaatkan kardus bekas itu menjadi sebuah kerajinan tangan yang bermanfaat, akan mendapatkan uang tambahan.

5. Sedotan

Kerajinan tangan berbahan dasar sedotan ini memang sudah lama diminati oleh masyarakat. Namun, Anda dapat mengembangkan bahan dasar sedotan ini untuk membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Seperti pada tutorial video berikut ini, cobalah membuatnya di rumah saat waktu senggang.

Baca juga : Ini Dia Desain Grafis Dari Indonesia yang Dikenal Dunia. Salah Satunya Pernah Dipinang Avengers…

Itulah beberapa kerajinan tangan dari bahan bekas akan menjadi sesuatu yang bernilai jual. Bahkan Anda dapat membuat beragam jenis hasil karya yang luar biasa hanya dengan barang bekas. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru atau bahkan Anda berinovasi dengan beberapa barang bekas tanpa harus membeli barang yang baru. Dengan tujuan mengurangi sampah yang ada di rumah dan menambah hasil karya seni yang bagus dan bernilai.

Namun, untuk membuat sebuah kerajinana tangan dari sedotan tidak perlu menggunakan sedotan bekas. Anda dapat membuatnya dari sedotan yang baru dan bersih, atau jika pernah membeli sedotan namun belum digunakan nah saatnya untuk memanfaatkan sedotan tersebut agar menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual. Selain sedotan, Anda juga dapat memanfaatkan barang bekas seperti koran yang sudah tidak terpakai lagi. Dari bahan dasar koran, Anda dapat membuat beragam jenis kerajinan tangan yang bermanfaat. Seperti membuat keranjang sampah atau wadah lainnya. Pastikan setiap karya yang Anda buat dapat menghasilkan sesuatu dan berguna. Sehingga waktu dan proses pembuatan menajadi lebih bermakna.