Rumah minimalis berarti ruang terbatas, dan ruang terbatas berarti perencanaan matang yang melibatkan keputusan-keputusan desain. Minimalis tidak harus suram dan membosankan. Malah sebaliknya, mungil sangat bisa menjadi nyaman dan menarik, jika kamu tahu cara mendekorasinya. Saat mendekorasi rumah minimalis, ingatlah untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini:

desain rumah minimalis

1.Tidak memisahkan area-area

Rumahmu minimalis, tidak ada banyak ruang. Ya, itu benar. Tapi bukan berarti kamu harus memperlakukan rumahmu sebagai satu ruangan saja. Bagilah rumah menjadi zona-zona yang lebih kecil. Dengan melakukannya seperti itu, kamu tahu pasti kegunaan setiap zona. Pastikan ada area berbeda untuk makan, tidur, bekerja dan hiburan.

2.Tidak memerhatikan pemilihan furnitur

furnitur rumah minimalis

Saat memilih furnitur untuk rumah minimalis milikmu, ada dua hal yang wajib kamu perhatikan: ukuran dan fungsi. Jangan memilih furnitur yang terlalu besar atau kecil karena bisa menjadi sebuah bencana. Rumah akan terlihat lebih kecil dari ukuran sesungguhnya. Juga pikirkanlah mengenai fungsi furnitur yang akan dibeli. Jika kamu bisa berinvestasi dalam furnitur multifungsi, kenapa tidak? Misalnya saja kamu memilih ottoman yang dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan juga.

3.Bermain aman

Janganlah bermain aman. Ingat itu. Lakukan eksperimen dengan warna dan pola berbeda untuk mendekorasi rumah minimalis milikmu. Percaya atau tidak, memilih pola-pola dramatis akan membuat rumah minimalis terlihat lebih besar.

bermain aman untuk rumah minimalis

4.Tempat penyimpanan tidak berbentuk vertikal

Kamu punya banyak barang. Tapi karena tinggal di sebuah rumah yang tidak begitu luas, kamu harus menemukan cara cerdas untuk menyimpan barang-barangmu, kecuali kamu mau membuangnya. Cara paling cerdas yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan ruang yang ada adalah dengan melakukannya secara vertikal. Jika kamu ingin menyimpan semua barang, pilihlah sistem penyimpanan yang tinggi dan kecil. Hanya saja jangan memiliki segalanya berlebihan, atau pada akhirnya kamu tak akan punya tempat lagi untuk menyimpan semuanya.

5.Kurangnya cahaya

pencahayaan rumah minimalis

Agar ruang-ruang kecil menjadi lebih hidup, beragam sumber cahaya sangat direkomendasikan. Tanpa adanya pencahayaan cukup, rumah minimalis kemungkinan besar akan terlihat suram.