3 Alasan Mengapa Era Digital Tetap Membutuhkan Materi Cetak

Di masa kini ketika media sosial dan sistem digital telah dikembangkan, tidak selalu semuanya akan ketinggalan zaman. Masih ada beberapa hal atau cara lama yang tetap masih bisa digunakan dan dapat beradaptasi dengan waktu. Salah satunya adalah penggunaan materi cetak di tengah gempuran materi-materi digital.

Diakui atau tidak materi cetak masih menjadi salah satu hal yang tetap penting bagi pemasar dan pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis di era digital. Bahkan cara yang dianggap konvensional ini diakui oleh banyak pihak masih sangat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan. Di beberapa daerah dan beberapa negara bahkan ada peraturan bahwa media sosial tidak dapat diakses. Untuk kondisi semacam ini jelas pemasaran dengan cara lama atau penggunaan promosi cetak jelas masih memainkan peran penting.

Baca juga: Memahami Karakteristik Jenis Kertas dalam Dunia Percetakan

Menurut tim Uprint.id, setidaknya ada tiga alasan penting mengapa materi cetak masih sangat dibutuhkan di era digital.

1. Strategi Pemasaran

materi cetak penting untuk bisnis

Banyak ahli marketing percaya bahwa strategi pemasaran yang produktif harus mampu mengkombinasikan antara pemasaran online dan media cetak yang efektif untuk mendorong pelanggan menggunakan lebih banyak produk dan layanan. Setiap masa berubah, perilaku pelanggan juga akan berubah dari waktu ke waktu. Tidak semua orang memainkan internet atau media sosial di era digital. Oleh karena itu, akan sulit jika hanya menggunakan sistem pemasaran online untuk menggantikan pencetakan karena tidak semuanya bisa didigitalisasi.

Sebagai contoh, banyak lembaga atau instansi yang masih menggunakan buku cetak, amplop, atau bahkan tas untuk mempromosikan brand lembaga tersebut dan menarik siswa. Brand lembaga yang tercetak apik dalam media-media tersebut bisa membuat siswa merasa istimewa dan dihargai. Tidak ada satu pun perusahaan yang menggunakan iklan digital dalam tiap promosinya. Itu tidak menarik sama sekali! Jadi, sangat penting bahwa pemasar harus selalu mempelajari dan menganalisis strategi pemasaran setiap saat untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Apa Bedanya Teknik Cetak Offset (Offset Printing) dan Digital Offset (Digital Printing)?

2. Teknologi membuat Perbedaan

materi cetak digital

Semuanya harus beradaptasi dengan waktu, bahkan tak terkecuali di dunia percetakan. Era digital selalu dipenuhi dengan banyak informasi besar. Bahkan kini dengan mudah Anda bisa menganalisis iklan digital dari pesaing Anda yang menargetkan sasaran sama dengan perusahaan Anda. Oleh karena itu, pemasar yang baik harus mampu berinovasi secara out of the box dan mengembangkan strategi pemasaran dengan menggunakan kombinasi antara teknologi digital dengan materi cetak yang menarik untuk merangsang perilaku pembelian konsumen.

Misalnya, Anda bisa mengirim katalog produk dengan teknologi AR (augmented reality) atau kode QR ke pelanggan alih-alih mengirimnya melalui email biasa. Tentunya, penggunaan publikasi jenis ini lebih mengesankan daripada sekedar sebuah email. Selain itu, memberikan kupon hadiah atau promosi diskon dalam bentuk cetak melalui promo-promo tertentu juga dapat memberikan nilai tambah dan perasaan khusus di hati konsumen. Meski di era digital, tidak semua orang lihai menggunakan voucher digital lo, maka Anda harus tetap memperhatikan orang-orang yang masih menanti voucher cetak.

Baca juga: Apa Saja Jenis-jenis Kertas yang Umum di Dunia Percetakan?

3. Buat Kesan Pertama yang Unik

materi cetak masih dibutuhkan

Mencetak pun harus memberikan rasa dan sentuhan artistik untuk nilai tambah sebuah produk. Misalnya ketika Anda mencetak kartu nama, klien akan bisa menilai citra merk Anda dari dari bahan dan tinta yang digunakan. Klien akan menilai merk Anda profesional ketika kartu nama dicetak dengan bahan yang berkualitas. Dari sini, Anda tentunya jadi yakin bukan kalau materi cetak masih menjadi alat penting karena secara nyata dapat membantu menciptakan kesan pertama di mata pelanggan.

Kartu nama bagaikan sebuah agen berjalan bagi sebuah perusahaan untuk terhubung dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, Anda harus memiliki desain yang baik untuk membangun kepercayaan terhadap merek dan menciptakan citra yang lebih profesional. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa digantikan oleh media online sekalipun!

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Spesifikasi Cetak sebelum Masuk Percetakan

Tentang tiga alasan mengapa di era digital ini materi cetak masih sangat dibutuhkan, apakah sahabat Uprint.id sepakat? Jika Anda tertarik untuk mencetak kebutuhan promosi dengan hasil yang berkualitas, jangan lupa untuk menggunakan layanan kami. Kualitas hasil cetak kami akan menciptakan citra yang baik untuk perusahaan Anda adalah bukti, bukan sekedar janji.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Kata-kata Bijak Ala Kids Zaman Now yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Setiap orang memiliki beberapa kalimat yang dapat memotivasi dirinya...

Atasi Rasa Jenuh dan Lelah Oleh Aktivitas Kantor dengan 5 Cara Jitu Ini

Semua orang pasti sering mengalami yang namanya bosan, jenuh,...

5 Destinasi Liburan Imlek 2019 di Indonesia

Liburan Imlek selalu menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Tidak hanya...

4 Trik Bernegosiasi dengan Klien untuk Freelancer

Berbeda dengan bekerja di perusahaan, bekerja secara freelance memerlukan...