-Pengetahuan Wajib Membuat Desain Banner-
Salah satu media promosi yang kini cukup umum kita temukan adalah roll up banner atau X-banner. Bisa dikatakan bahwa media ini adalah baliho dalam bentuk lebih ringkas dan sederhana. Banyak perusahaan dan toko yang menggunakan media ini untuk promosi.
Promosi acara dan produk nampaknya kurang lengkap tanpa banner. Itulah mengapa desain banner harus dibuat semenarik mungkin tanpa mengurangi sisi kontennya yang harus tetap padat, jelas, sekaligus mampu meraih perhatian. Dikarenakan banner berhubungan dengan desain/visual, maka perlu teknik dan tips khusus untuk menghasilkan banner yang kreatif dan informatif.
Lihat juga : Price list cetak X-banner
Bagaimana membuat banner yang menarik atau apa saja yang harus diperhatikan saat mendesain sebuah banner? Teruskan membaca artikel ini:
HEADLINE
Banner adalah media yang hanya akan dilihat selama beberapa detik oleh audience. Jadi, pastikan headline/judul di dalam desain banner tetap singkat, padat, memancing rasa ingin tahu, namun juga jelas (tidak ambigu).
INFORMASI
Konten banner tidak boleh bertele-tele. Sampaikan saja apa informasi penting yang ingin Anda bicarakan. Banner yang memuat informasi terlalu padat justru membuat orang malas untuk membacanya karena tulisannya yang (kenyataannya di lapangan) menjadi tidak jelas sehingga menyulitkan pembacanya.
LOGO
Posisikan logo dari empunya pesan dalam banner tersebut di bagian atas atau sejajar dengan mata manusia sehingga berpeluang tinggi dalam menarik perhatian pembaca. Semakin penting informasi yang harus disampaikan, semakin atas posisi peletakkannya sehingga Anda tidak memaksa mereka untuk menyesuaikan tubuh dengan letak tulisan di banner.
Lihat juga: Price list cetak roll-up banner
IMAGE
Penyertaan gambar akan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Gambar yang dipilih hendaknya bisa memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, sangat penting untuk menggunakan gambar high resolution. Kebanyakan dari kita tak mempermasalahkan kualitas gambar, yang penting dalam desain banner tersebut sudah memuat konten intinya. Padahal dengan dukungan gambar yang menarik dan berkualitas tinggi, keinginan pembaca untuk mendekat dan membaca informasi yang disajikan akan semakin tinggi.
WARNA
Desain banner tak akan jauh dari urusan kombinasi warna. Maka dari itu, selain menyesuaikan dengan kebutuhan kontennya, lakukan kombinasi warna yang luar biasa namun tidak terlalu norak sehingga tetap mengundang perhatian khalayak agar mau membaca informasinya. Perhatikan juga bahan banner yang dipilih karena akan berpengaruh.
INFO KONTAK
Satu hal terakhir yang cukup krusial dan tidak boleh dilewatkan sama sekali: penyertaan kontak terkait dengan informasi yang disampaikan. Desain banner sebaik apapun nampaknya akan percuma tanpa penyertaan informasi kontak yang sebenarnya ‘inti’ dari informasi tersebut.
Jangan lewatkan: Cetak Agenda yang Bisa Kamu Personalisasi di Uprint.id
Tak melulu soal seni, sebuah desain banner yang baik juga dinilai dari kelengkapan informasi serta minimnya kesalahan ketik atau typo yang terjadi yang dapat merusak keseluruhan informasi yang ditampilkan. Pembuat desain banner bukan hanya harus belajar tentang seni dan membuat konsep dari pesanan pelanggan tetapi juga memastikan bahwa hasil karyanya tidak cacat dari hal-hal yang mungkin tidak menjadi perhatian utama. Konsumen pasti lebih menyukai desain yang menariknya biasa saja tetapi informasinya tidak rusak daripada sebuah banner yang sempurna desainnya tetapi lupa memasukkan beberapa poin penting yang justru harus ditampilkan.