Teh hitam, telah ada sejak awal 1800-an, varian teh yang biasa disebut ‘Earl Grey’ ini ternyata memiliki banyak khasiat tersendiri. Selain jenis teh ini juga memiliki cita rasa yang unik. Jika selama ini Anda mengkonsumsi teh hitam namun tidak mengetahui khasiatnya. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang ditimbulkan saat Anda mengkonsumsi teh hitam.

1. Menambah Tenaga dengan Lebih Rileks

teh-hitam-04

Kadar kafein dalam Earl Grey juga dapat menambah energi yang sesuai, tanpa memicu respon penolakan atau bahkan adanya respon detak jantung yang tidak stabil pada tubuh seperti saat mengkonsumsi kopi. Pasalnya, teh hitam tersebut mengandung L-theanine yang mendorong tubuh untuk lebih rileks. Teh hitam ini cocok dikonsumsi saat sedang ingin merilekskan badan dan pikiran. Terutama saat dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat.

Baca juga: Cetak Kemasan Sesuai dengan Desain dan Kebutuhan Hanya Sekali Klik!

2. Meredakan Pilek dan Demam

teh-hitam-02

Kandungan bergamot dalam Earl Grey berkhasiat dalam meredakan gangguan pencernaan hingga meningkatkan sistem imun. Oleh sebab itu, teh hitam ini dapat juga digunakan sebagai obat demam yang alami, bahkan meredakan pilek. Ternyata selain enak dan nikmat untuk dikonsumsi, dapat juga meredakan flu. Tanpa harus menambahkan bahan herbal lainnya. Biasanya, teh dicampur dengan jahe untuk meredakan pilek atau demam. Namun, jika mengkonsumsi teh hitam saja juga dapat meredakan flu tersebut.

3. Mengurangi Efek Depresi

teh-hitam-07

Kandungan bergamot dalam Earl Grey atau teh hitam ini juga berefek pada kondisi psikis, nih. Pasalnya, bergamot memang kerap dimanfaatkan sebagai aromaterapi untuk memperbaiki mood secara alami. Alhasil, teh hitam ini dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengurangi depresi. Kendati demikian, kandungan tanins dalam teh hitam patut diwaspadai. Komponen kimiawi tersebut dapat mengurangi penyerapan zat besi yang lazimnya diperoleh dari makanan berbasis tanaman, bahkan bisa berkurang hingga 50%. Tidak heran jika teh hitam yang satu ini dapat meredakan depresi dan menjadikan pikiran lebih rileks.

4. Melindungi Gigi dari Plak

teh-hitam-05

Jika selama ini perkiraan yang beredar di masyarakat adalah meminum minuman berwarna seperti teh dan lain sebagainya, akan membuat perubahan warna pada gigi. Namun ternyata tidak berlaku pada teh hitam ini. Teh hitam Earl Grey dapat membantu melawan inflamasi, menangkal radikal jahat, bahkan mengandung level antioksidan catechin tinggi untuk mengatasi infeksi mulut. Nah, salah satu komponen alami dalam teh ini adalah fluoride, yang berfungsi melindungi gigi dari plak.

Baca juga : Aneka Jenis Teh Pengganti Kopi di Pagi Hari. Bisa Bikin Melek Loh!

5. Menekan Resiko Penyakit Kronis

teh-hitam-03

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Preventative Medicine (2012), mengkonsumsi tiga cangkir Earl Grey setiap hari selama tiga bulan, ternyata dapat berpotensi menurunkan level triglyceride dalam darah dan menaikkan kolesterol baik HDL. Dengan kata lain, teh hitam ini dapat menekan resiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes, serta Parkinson’s.

Itulah beberapa khasiat yang ditimbulkan dari teh hitam ini. Selain untuk menenangkan ternyata dapat menekan resiko penyakit kronis dalam tubuh.