Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Segala sesuatu yang berasal dari hobi sering kali mendapat keuntungan lebih. Seperti kisah seorang Widiarti, yang memiliki hobi merangkai tali menjadi hiasan yang bernilai jual tinggi. Kerajinan ini dinamakan macrame. Pada tahun 90an sudah mulai banyak orang yang mendalami seni mengikat atau tali temali ini. Mulai untuk membuat gelang hingga hiasan aksesoris lainnya. Simak kisah sukses Widiarti berikut ini, berawal dari macrame kini menjadi pebisnis di Yogyakarta.

1. Apa Sih Macrame itu?

macrame-01

Simpelnya, macrame adalah kerajinan tangan yang menggunakan tali di mana kita membuat simpul-simpul sehingga terbentuk motif-motif tertentu. Motif tersebut bermacam-macam, ada yang kotak-kotak, panah, tengahnya berwarna, dan lain-lainnya yang terbentuk dari hasil kreativitas masing-masing perajin. Bahkan dari hasil macrame ini Anda dapat membuat sesuatu yang bisa digunakan untuk hiasan di kamar atau ruang tamu.

Baca juga : Belajar dari Kisah Merry Riana Si Pemilik Mimpi Sejuta Dolar

2. Sejak Kapan Macrame Menjadi Trend di Indonesia?

macrame-02

Kerajinan macrame sudah menjadi trend sejak 3 tahun silam hingga saat ini. Bahkan kerajinan macrame di Indonesia dapat digunakan sebagai tirai, wall hanging, gantungan pot, kap lampu, sarung bantal, pembatas ruangan, dan yang baru trend saat ini adalah Backdrop Wedding. Melihat betapa banyaknya antusias para anak muda untuk membuat konsep pernikahan mereka menjadi lebih berbeda.

3. Bisnis Dengan Modal Murah

Membangun usaha atau bisnis dengan modal murah kini bukanlah impian. Terutama jika Anda memiliki kreativitas dalam hal kerajinan tangan. Seperti yang dilakukan oleh Widiarti, ia mengembangkan hobi dan kreativitasnya dalam bisnis tali temali seperti macrame. Hanya bermodalkan tali serta kayu untuk menyanggah tali, kini sudah menjadi bisnis yang maju. Dengan terus berlatih, ia sudah meluncurkan banyak jenis model. Bahkan beberapa hasil kerajinan tangannya sudah dibeli dan dikenal oleh masyarakat sekitar Yogya. Anda dapat mencoba peruntungan melalui hobi dan kreativitas seperti Widiarti ini.

4. Bagaimana Bisa Membuat Macrame?

Widiarti membuat macrame berawal dari rasa penasarannya dan mencoba mencari teknik dan lain sebagainya di media sosial. Seperti layaknya pemula, Widiarti juga mengalami kegagalan dalam belajar untuk mendapatkan komposisi serta desain yang sesuai dengan keinginannya. Hal ini sudah tentu penting dilakukan. Teruslah mencoba meski selalu gagal. Anda juga dapat menganggap bahwa kegagalan tersebut merupakan langkah awal sebelum sukses. Bahkan, Anda dapat belajar dari kegagalan tersebut.

Baca juga : Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil ini Layak Dirintis. Terutama Awal Tahun!

5. Harga Jual Macrame yang Perlu Anda Ketahui

macrame-05

Macrame merupakan hasil karya kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi karena keunikannya. Bahkan jika Anda membuka peluang untuk pangsa pasar luar negeri. Kerajinan tangan seperti ini akan menarik perhatian mereka. Perihal harga, ini merupakan kesepakatan antara Anda dengan konsumen atau calon konsumen.

Itulah kisah sukses dari Widiarti pengusaha sukses yang berawal dari macrame. Sebagai seorang wanita, ada kalanya Anda harus memiliki keahlian dalam hal-hal positif. Tidak perlu melakukan sesuatu yang terbilang mahal. Cukup menggali potensi diri dan temukan passion Anda sendiri.