Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Kode bank – Kode Bank adalah kode unik yang digunakan oleh pihak bank untuk melakukan proses transfer antar bank. Kode bank biasanya tidak digunakan ketika melakukan transaksi ke rekening bank yang sama. Kode bank ditempatkan di depan nomor rekening nasabah.

Terkadang, saat melakukan transaksi secara online terasa menyulitkan. Itu disebabkan oleh rasa tidak tahu kode bank yang dituju. Oleh sebab itu, sebelum Anda melakukan transaksi baik secara langsung melalui mesin ATM atau secara manual melalui teller, maupun menggunakan aplikasi online seperti internet banking, sebaiknya mengetahui kode bank yang dituju. Jika Anda ingin lebih mudah ketika hendak bertransaksi dapat juga mencatat di secarik kertas kode bank yang paling sering atau familiar digunakan orang lain. Misalnya bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, CIMB. Jika ada bank yang jarang digunakan, dapat mencoba dengan mencari di internet daftar kode bank indonesia, atau Anda dapat menyimpan daftar bank berikut ini.

kode-bank-01

Setelah Anda mengetahui beragam kode bank, mari ikuti beberapa langkah untuk melakukan transaksi antar bank. Transfer uang melalui ATM itu mudah dilakukan, tetapi bagi sebagian orang yang baru mengenal dan menggunakan fasiltas bank merupakan hal yang sulit. Nah, bagi Anda yang kesulitan untuk melakukan transaksi antar bank, namun kesulitan melakukannya. Silakan melihat langkah-langkah atau panduan saat melakukan transaksi berikut ini.

1. Masukanlah Kartu ATM ke Mesin ATM

kode-bank-02

Ini merupakan langkah awal sebelum melakukan transaksi antar bank. Pastikan tidak ada sesuatu yang menghalani kertu Anda masuk ke dalam mesin ATM. Sebab, saat ini banyak kejadian yang merugikan pengguna ATM dengan mencuri uang-uang para nasabah menggunakan beragam cara. Setelah ini, masukan kode pin kartu Anda untuk masuk ke dalam halaman utama.

2. Pilih Jenis Bahasa

Ketika sudah masuk ke dalam halaman utama, Anda akan di perlihatkan pilihan mengenai bahasa yang digunakan. Anda dapat memilih bahasa yang ingin digunakan untuk mempermudah proses.

3. Pilih Jenis Transaksi

kode-bank-03

Jika Anda ingin menarik uang atau mengambil uang, pilihlah yang tarik tunai. Jika ingin melakukan transaksi transfer, Anda dapat memilih transaksi transfer antar bank atau rekening lain.

4. Pilih Bank Tujuan Transfer

Ketika Anda ingin melakukan transfer uang antar bank sebaiknya pilihlah bank tujuan. Jika ingin mentransfer uang ke bank sesama tidak perlu memasukan kode bank, namun jika berbeda bank yang harus dilakukan adalah memasukan kode bank terlebih dahulu. Pilih kode bank tujuan transfer yang diinginkan. Jika sudah yang harus silakukan adalah memilih ‘Lanjutkan’. Lalu, masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan bank lain. Pilih ‘BENAR’ untuk proses selanjutnya. Di layar ATM akan muncul: Masukkan nomor referensi (kosongkan bila tidak ada). Ketik kembali : Kode bank dan nomor rekening tujuan (Bank Lain) Lanjut pilih BENAR untuk proses selanjutnya.

5. Masukan Jumlah Transfer

kode-bank-06

Cek kembali jumlah uang yang akan Anda transfer. Pastikan nominal angkanya sudah benar. Lalu pilih BENAR untuk proses selanjutnya. Dalam hitungan detik, layar ATM akan menunjukkan Data Tujuan Transfer yang berupa keterangan Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang transferan. Pilih Proses transfer:  Pilih Ya (Jika semuanya sudah benar) Pilih Tidak: (Jika ada yang salah)

6. Menunggu Konfirmasi Transaksi

kode-bank-05

Ssetelah transaksi selesai, yang harus dilakukan adalah menunggu konfirmasi apakah berhasil atau gagal. Setelah keterangan transaksi sudah berhasil, Anda akan diberikan konfirmasi bahwa transaksi berhasil. Jika sudah tidak ingin transaksi lagi, pada saat muncul keterangan ‘Ingin Transaksi Lagi?’ dilayar ATM Anda dapat memilih ‘Tidak’.

Itulah beberapa langkah cara melakukan transaksi transfer dengan menggunakan kode bank. Walaupun transfer uang lewat ATM itu aman, Anda tetap harus berhati-hati ketika bertransaksi menggunakan mesin ATM sebab ada banyak modus penipuan yang beredar dan merugikan Anda. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada alat atau hal mencurigakan lainnya yang terpasang atau terletak di mesin ATM, dan jangan lupa untuk secara teratur mencek saldo dari transaksi yang telah Anda lakukan.