Ketika weekend tiba, tidak sedikit orang yang mengatur jadwal untuk berlibur. Bahkan ada juga yang memanfaatkan waktu libur dengan menambahkan jatah cuti di kantor, sehingga liburan menjadi lebih panjang. Tapi, tidak semua perusahaan atau kantor mengizinkan karyawannya mengambil cuti agak panjang. Untuk itu, jika Anda ingin liburan tapi gak bisa cuti, cobalah lakukan liburan tanpa cuti yang seru berikut ini. Bahkan, salah satunya kegiatan seru banget nih dan harus Anda coba.

1. Kunjungi Taman Wisata

liburan tanpa cuti - taman wisata

Meskipun Anda tidak bisa cuti untuk memperpanjang libur, tapi jangan sampai kehilangan momen seru liburan ya. Anda dapat mengunjungi taman wisata yang terdapat di kota Anda. Tidak ada salahnya untuk mengeksplor beberapa tempat rekreasi di sekitar Anda. Bahkan kegiatan yang satu ini merupakan liburan tanpa cuti yang seru dan dapat dilakukan kapan saja walau hanya weekend atau beberapa hari.

Baca juga : Weekend Seru Gaya Milennials Ini Mengandung Banyak Dampak Positif. Yakin Gak Mau Ikutan?

2. Lakukan Short Geteway

liburan tanpa cuti - short gateway

Anda juga dapat melakukan kegiatan liburan singkat a la bacpacker loh. Misalnya mengunjungi daerah terdekat yang memiliki suasana asri dan udara segar seperti ke Bogor atau ke Bandung. Mengunjungi dua daerah ini juga merupakan kegiatan liburan tanpa cuti yang bisa dilakukan. Cobalah untuk mengeksplor beberapa tempat dan lokasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Bahkan, ketika Anda mendapatkan kesempatan berlibur ke tempat baru maka bersiaplah menemukan sesuatu yang baru dan lebih seru.

3. Nonton Bareng Teman

liburan tanpa cuti - nonton bareng

Saatnya melihat jadwal film yang sedang tayang saat ini. Anda dapat menjadikan kegiatan nonton ini sebagai liburan tanpa cuti yang lebih seru. Sebab, dapat berkumpul bersama teman-teman atau bahkan keluarga, yang selama ini tidak ada waktu untuk berkumpul. Bahkan Anda dapat menyaksikan pertandingan Asian Games yang sedang berlangsung saat ini.

4. Makan Bersama Teman-teman

liburan tanpa cuti - makan bareng teman

Cobalah sesekali menentukan hari dan tanggal untuk melakukan kegiatan makan bersama teman-teman. Anda dapat menentukan lokasi makan bersama di tempat yang lebih nyaman. Bahkan Anda dapat mengubah rumah menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi Anda dan teman-teman. Pastikan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan terasa seperti di rumah, atau jika Anda memiliki vila di daerah lain tidak ada salahnya untuk bermalam di sana bersama teman-teman. Dengan begitu, suasana liburan tanpa cuti menjadi lebih seru dan berkesan.

Baca juga : Ternyata Inilah Alasan ‘Me Time’ Sangat Baik untuk Kebahagiaan Anda

5. Melakukan Kegiatan Alam

liburan tanpa cuti - outbond

Jika Anda tidak dapat cuti namun ingin liburan, cobalah melakukan kegiatan alam bersama teman-teman. Misalnya, mendaki gunung terdekat di kota Anda dan melakukan beragam aktivitas lainnya yang bermanfaat. Seperti berkemah dan membuat hidangan malam bersama, itu akan membuat liburan tanpa cuti menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan ketika ingin liburan tanpa cuti. Melakukan beragam kegiatan seru sendiri atau bersama teman dan keluarga juga merupakan hal yang seru dan memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan mental, liburan bersama juga menyatukan tali silahturahmi antar teman hingga keluarga. Sebab, ketika Anda sibuk bekerja waktu untuk bercengkrama dengan keluarga dan teman tidak sebanyak saat weekend. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa kegiatan liburan tanpa cuti seperti di atas. Buatlah liburan Anda lebih mengasyikan dan berkesan dari liburan biasanya.