Logo osis – Logo seperti ini pasti sudah tidak asing lagi di mata. Ya, mengingatkan pada zaman sekolah. Logo yang selalu ada di saku seragam ini ternyata memiliki banyak arti dan makna yang dalam. Mungkin tidak semua orang mengetahui arti serta makna dari logo tersebut. Jika Anda belum mengetahui apa arti dan makna logo osis tersebut, silakan simak ulasan berikut ini.

logo-osis-01

1. Bunga Bintang Sudut Lima dan Lima Kelopak Bunga

Generasi muda diibaratkan sebagai bunga harapan bangsa, digambarkan dengan bunga berwarna putih. Sedangkan gambar bintang sudut lima menunjukan kemurnian jiwa siswa yang berintikan pancasila. Lima kelopak bunga menjelaskan bahwa siswa harus berjalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi orang yang berguna. Bahkan, memiliki arti abdi, adab, ajar, aktif, dan amal. Mengenai aktif, amal, dan ajar berkaitan dengan landasan (abdi Terhadap Tuhan, loyalitas kepada terhadap bangsa dan negara).

2. Buku Terbuka

Buku ini diibaratkan sebagai jendela dunia, sehingga diwajibkan untuk menuntut ilmu. Bahkan menjadi kewajiban utama untuk “belajar keras” dalam artian kata lain yaitu belajar dengan sungguh-sungguh. Dengan usaha keras untuk menemukan informasi dunia.

Baca juga : Buatlah Kop Surat untuk Mendukukng Kegiatan OSIS. Klik Disini!

3. Kunci Pas

Kewajiban kedua seorang siswa setelah belajar adalah bekerja keras. Kemauan untuk bekerja keras harus dimiliki seorang siswa, dalam hal menuntut ilmu, menghasilkan sebuah kreativitas dengan tujuan siswa mampu mandiri dan berani mengatasi tantangan dunia kerja.

4. Dua Tangan Terbuka

Logo osis yang menggambarkan dua tangan terbuka ini diartikan dengan berbakti dan saling tolong-menolong. Sebagai seorang siswa atau siswi, kewajiban lainnya adalah harus saling membantu dan peduli antar sesama.

5. Biduk

Wadah usaha pembinaan untuk siswa adalah OSIS, yang digambarkan dengan perahu dilengkapi dengan tulisan OSIS. Lambang ini bertujuan untuk melaju menuju masa depan yang lebih baik, yaitu tujuan hidup yang dicita-citakan.

6. Pelangi Merah Putih dan Padi Kapas

Pelangi ini menunjukan tujuan atau cita-cita yang diimpikan. Digambarkan seperti jembatan pelangi merah putih. Sedangkan lambang padi dan kapas ini menggambarkan Negara Indonesia yang sejahtera baik dalam hal material dan spriritual.

7. Tujuh Belas Butir Padi, Delapan Lipatan Pita, Empat Buah Kapas, dan Lima Daun Kapas

Makna dari tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, dan lima daun kapas melambangkan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Bahkan dianjurkan untuk para siswa mampu berpartisipasi terhadap kemerdekaan dengan cara belajar untuk menjadi seseorang yang berguna. Sebab, bagi seorang siswa mencapai kemerdekaan dengan cara menuntut ilmu setinggi mungkin.

Baca juga : 6 Tips Memilih Teman di Sekolah Agar Kamu Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

8. Warna Kuning

Sebagai warna dasar pada logo OSIS ini berwarna kuning yang melambangkan kehormatan atau keagungan. Apabila para siswa diberikan kepercayaan untuk berbuat yang baik, sebagai sumbangsih nyata untuk tanah air, bangsa, dan negara.

9. Warna Cokelat

Warna Coklat adalah warna tanah Indonesia. Dalam hal ini yang harus dilakukan siswa adalah menunjukan kepribadian diri tanpa harus menjadi orang lain. Serta harus memiliki rasa nasionalis.

10. Warna Merah Putih

Warna merah putih adalah warna kebanggaan Indonesia dengan hati yang suci berani membela kebenaran. Sebagai seorang siswa atau siswi, diwajibkan untuk menjadi seseorang yang jujur, dan berani dalam mengungkapkan atau membenarkan yang salah. Bukan berarti berani dalam hal yang lain dan tidak bermanfaat.

Itulah makna dan arti logo OSIS yang perlu diketahui, jika selama ini hanya melihat logonya saja sekarang saatnya mengerti setiap lambang. Bahwa ternyata bukan hanya sekedar gambar, melainkan memiliki banyak arti yang baik dan dapat menjadi semangat bagi para siswa.