Makanan khas sebuah daerah tertentu selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Termasuk makanan khas Banten yang ada di daerah Banten Jawa Barat. Masing-masing daerah memang memiliki makanan khas tersendiri, yang wajib dicicipi. Seperti saat Anda berkunjung ke Banten, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Banten seperti berikut.

1. Nasi Sumsum

makanan-khas-banten-nasi-sumsum

Makanan khas Banten yang satu ini, merupakan jenis makanan berat. Berbahan dasar beras yang diubah menjadi nasi dengan isian sumsum tulang kerbau. Nasi sumsum ini dimasak dengan cara dibakar sampai akhirnya aroma yang dikeluarkan berbau wangi. Nasi sumsum ini dimasak dengan cara tradisional, yakni pengolahan bumbu yang masih ditumbuk dengan dihiasi mentimun dan tomat. Makanan ini terbilang langka sehingga Anda harus agak bersusah payah mencari beberapa tempat makan dengan menu nasi sumsum.

Baca juga : Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Sukses. Dapat Dijadikan Inspirasi Nih!

2. Nasi Uduk Serang

makanan-khas-banten-nasi-uduk

Nasi uduk ini merupakan makanan yang masih mudah ditemukan di sekitar Banten. Termasuk di kota Serang. Nasi uduk ini berisi tempe goreng, sayur tempe, telur pedas, dan bakwan. Biasanya nasi uduk ini dikonsumsi di pagi hari saat akan berangkat kerja atau sebelum pergi ke sekolah untuk dijadikan sarapan.

3. Ketan Bintul

makanan-khas-banten-ketan-bintul

Ketan Bintul adalah makanan khas Banten lain yang terbuat dari bahan ketan dengan dibungkus daun pisang dan disajikan bersama dengan serundeng kelapa. Nasi ketan ini diolah dengan cara dikukus, kemudian dimasukkan ke dalam wadah sebelum akhirnya dicampur dengan serundeng. Ketan bintul ini biasanya disajikan dengan ditemani teh atau kopi. Berdasarkan cerita, ketan bintul ini merupakan makanan khas yang biasa disajikan pada Bulan Ramadhan. Jika Anda berencana berlibur ke banten atau sedang berada di sana, jangan lupa untuk mencicipi ketan bintul ini.

4. Nasi Belut

makanan-khas-banten-nasi-belut

Selain bandeng, belut juga merupakan salah satu menu makanan favorit masyarakat Banten. Nasi belut ini disajikan dengan cara memotong belut kecil-kecil yang disajikan dengan campuran bumbu rempah-rempah. Sebelumnya, terlebih dahulu belut tersebut diambil bagian dalamnya kemudian digeprek sehingga tulangnya menjadi lebih empuk. Setelah itu, belut diberi bumbu dan kemudian digoreng. Ini merupakan makanan khas Banten yang tidak boleh dilewatkan. Rasanya yang gurih, serta daging belut yang kaya akan rempah semakin menambah citarasa dalam menu tersebut.

Baca juga : Sukses Berbisnis Kuliner dengan Menampilkan Keunikan Dari Bentuk Hingga Kemasan

5. Rabeg Banten

makanan-khas-banten-rabeg-banten

Makanan khas Banten selanjutnya yang wajib Anda coba adalah Rabeg Makanan yang terdiri dari daging dan bagian dalam kambing yang diolah dengan rasa gurih, manis, dan segar. Menu ini menjadi menarik karena pilihan rempah yang digunakan untuk mengolah makanan ini antara lain adalah serai, daun jeruk, rempah pala, cengkeh, dan kayu manis. Menurut cerita, rabeg adalah hidangan bagi Sultan Banten yang pada zaman dulu tidak bisa dinikmati oleh masyarakat di luar istana. Makanan ini juga biasa disajikan pada  acara khusus seperti khitanan, pernikahan, dan acara khusus lainnya.

Itulah jenis-jenis makanan khas Banten yang perlu dicoba ketika berkunjung. Tidak selalu durian Baduy yang dicicip, namun cobalah ragam masakan yang tersedia di sini. Banten bukan hanya tempat pariwisatanya saja yang terkenal, melainkan aneka ragam kulinernya perlu dicoba agar menambah list citarasa masakan yang pernah dicoba.