Membahas mengenai kuliner, semua orang pasti sangat mencintai kuliner yang ada di seluruh daerah terutama Indonesia. Tapi tahukah Anda, bahwa ada makanan khas Indonesia yang bikin orang tergila-gila. Bahkan membuat yang memakannya selalu ingin lagi dan lagi. Salah satunya sudah tentu tanpa kehadirannya seperti makan sayur tanpa garam alias hambar. Berikut ini makanan khas Indonesia yang bikin orang tergila-gila.

1. Bakso

makanan khas indonesia 01

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Indonesia satu ini. Setelah bapak mantan presiden Amerika Barack Obama yang menyatakan kesukaannya dengan makanan bakso ini. Maka makin meroketlah menu makanan khas Indonesia yang satu ini. Harganya yang terjangkau, memiliki rasa kaldu yang khas, serta sensai daging yang ditimbulkan dari bakso tersebut selalu membuat orang kecanduan. Bahkan saat ini sudah banyak aneka bakso yang anti mainstream, seperti bakso isi keju hingga bakso yang berukuran jumbo dan tentuya dengan harga yang fantastis.

2. Gado-gado

makanan khas indonesia 02

Salad Indonesia ini memang selalu menjadi makanan khas Indonesia yang menggiurkan. Banyak para orang asing yang menyukai gado-gado, terutama kuah kacang yang mendominasi dan menambah enak sayuran tersebut. Bahkan para aktris dan aktor dari Korea saja menyukai yang namanya gado-gado. Nah, apakah ini favorit kalian juga?

Baca juga : Ide Bisnis Ini Cocok untuk Pecinta Kuliner. Bahkan Salah Satunya Dapat Berkembang Pesat.

3. Sate

makanan khas indonesia 03

Menu makanan khas Indonesia yang satu ini terdiri dari beragam jenis daging, ada daging sapi, ayam, hingga burung. Bahkan ada juga yang mulai merambah ke sayuran, seperti sate jamur. Makanan sate ini selalu menjadi favorit setiap orang, dengan taburan kuah kacang atau kuah kecap dicampur dengan beragam jenis acar yang menyegarkan semakin menambah rasa kuat dari sate. Namun, saat ini tidak hanya sate dengan bumbu kacang dan kecap saja, melainkan ada sate dengan kuah sambal alias sate taichan. Sate kuah sambal ini merupakan menu baru yang mewarnai kuliner Indonesia.

4. Soto

makanan khas indonesia 04

Makanan khas Indonesia ini juga menjadi populer di kalangan masyarakat. Kuahnya yang segar dengan taburan toping aneka macam, menambah segarnya soto. Bahkan ada juga yang menambahkan bubuk koya sebagai penambah rasa gurih pada soto tersebut. Di Indonesia terdapat beragam jenis soto dari mulai soto betawi hingga soto mie. Kedua jenis makanan itu memiliki tekstur yang sama-sama berkuah hanya yang membedakan adalah dari jenis toping serta bumbunya.

5. Nasi Goreng

makanan khas indonesia 05

Makanan khas Indonesia lainnya adalah nasi goreng. Biasanya menu yang stau ini disantap saat sarapan atau saat makan malam. Oleh sebab itu, banyak orang yang berjualan nasi goreng hanya di malam hari.

6. Gudeg

makanan khas indonesia 06

Makanan khas Indonesia tepatnya daerah Yogyakarta ini memiliki sensasi manis dan gurih yang menjadikannya satu kesatuan rasa nikmat. Gudeg terdiri dari sayur nangka yang sudah dimasak selama berjam-jam bahkan berhari-hari demi mendapatkan rasa yang enak. Dengan berbahan dasar nangka, sayuran yang satu ini biasanya disantap dengan menggunakan menu lainnya seperti lauk pauk khas krecek atau kerupuk kulit hingga telur asin.

7. Nasi Padang

makanan khas indonesia 07

Wah menu makanan khas Indonesia yang satu ini selalu menjadi primadona siapa saja. Rasanya yang penuh akan rempah-rempah menjadikan makanan ini juara dari semua makanan. Bahkan, beberapa orang menyatakan nasi padang sebagai jawara dibidang kuliner. Biasanya nasi padang terdiri dari beragam sayur lainnya, dengan tambahan sambal hijau yang menjadi ciri khas dari nasi padang ini.

Baca juga : Takut Makan Opor Ayam? Tak Perlu Lagi Setelah Tahu 5 Manfaatnya

8. Pecel Lele

makanan khas indonesia 08

Makanan dengan bahan dasar ikan lele ini juga menjadi makanan khas Indonesia yang menjadi menu favorit. Semakin sambal yang disediakan semakin enak maka cita rasa dari pecel lele ini juga menjadi lebih enak. Untuk itu, biasanya orang memilih pecel lele enak jika sambal yang disajikan juga enak.

9. Rawon

makanan khas indonesia 09

Makanan yang berasal dari Jawa Timur ini juga menjadi makanan khas Indonesia. Kuahnya yang hitam pekat nan gurih menjadi ciri khas tersendiri sayur yang memiliki nama rawon. Sayur ini terdiri dari potongan daging dan dengan toping tauge, sehingga menjadikan rawon tersa lebih enak kaldu dagingnya. Namun yang menjadi peran penting adalah kluwek, sebuah bumbu yang menjadikan kuah kaldu daging menjadi berwarna hitam pekat.

10. Sambal

makanan khas indonesia 11 makanan khas indonesia 10

Nah orang Indonesia tidak bisa makan tanpa sambal. Oleh sebab itulah, sambal merupakan menu utama saat makan makanan apapun. Jika ketika makan tidak ada sambal, sama halnya seperti makan sayur tanpa garam sehingga hambar.

Itulah 10 makanan khas Indonesia yang dapat Anda coba dan cicipi. Bahkan makanan ini sudah menjadi favorit dikalangan artis hingga pejabat negara. Seperti bapak presiden yang sangat meyukai semua makanan khas Indonesia, terutama gudeg.