Makanan tempo dulu selalu membuat rindu penikmatnya. Terutama bagi mereka yang sudah pernah mengkonsumsinya. Namun, seiring berkembangnya zaman, makanan tempo dulu semakin sulit untuk dinikmati. Seperti berikut ini beberapa makanan tempo dulu yang bikin kangen untuk mengkonsumsinya kembali.

1. Es Lilin

makanan-tempo-dulu-06-es-lilin

Es lilin ini bukan berarti es yang terbuat dari lilin ya, melainkan es dengan bahan dasar kelapa muda kemudian diubah menjadi santan, ditambah gula, dan terakhir dibekukan. Es lilin ini dulu sering ditemukan di sekolah-sekolah. Cara berjualannya juga masih klasik, dengan menggunakan gerobak dorong berisi es lilin yang sudah dicetak dan siap dicelup ke dalam lelehan cokelat cair. Jenis makanan tempo dulu yang satu ini sangat menyegarkan jika disantap saat siang hari. Namun sayangnya, makanan ini sudah jarang ditemukan. Jika Anda ingin mencicipinya lagi sambil mengenang masa lalu dapat juga membelinya di toko-toko tertentu. Seperti, warung oleh-oleh Sunda atau lokasi tempat makan yang menyediakan aneka menu sajian khas Sunda.

Baca juga : 7 Ide Kemasan Produk Unik yang Dapat Menarik Calon Pembeli. Patut Dicoba Calon Pebisnis…

2. Koya

makanan-tempo-dulu-04-koya makanan-tempo-dulu-05-koya

Cemilan yang terbuat dari tepung kacang ini berisi kacang. Makanan tempo dulu ini menjadi favorit pada masanya. Namun, sekarang jajanan ini sudah jarang ditemukan, bahkan termasuk kategori jajanan langka. Dengan bentuk mini-persegi atau bulat kemudian ukiran berbentuk angka di permukaannya, cemilan ini mungkin bisa dikategorikan sebagai jajanan sehat karena bahannya terbuat dari kacang yang menyehatkan. Nah, ternyata memang masih ada juga cemilan jajanan yang bergizi diantara camilan-camilan dengan campuran MSG yang beresiko terhadap kesehatan.

3. Agar-agar Karakter

makanan-tempo-dulu-01-agar-agar-karakter

Jenis makanan tempo dulu yang satu ini, selalu ramai dipenuhi anak-anak sekolah. Agar-agar yang dapat dibentuk dengan beraneka karakter seperti robot, rumah, alat transportasi, hingga aneka karakter lainnya selalu menarik perhatian anak-anak. Harga yang ditawarkan juga sangat murah yaitu lima ratus rupiah saja. Namun sekarang, sudah jarang ditemukan agar-agar seperti ini. Biasanya cara mengkonsumsi agar-agar ini dengan ditabur susu coklat cair dan mesis warna warni di atasnya.

4. Es Kue

makanan-tempo-dulu-02-es-kue

Es kue atau bisa juga disebut es gabus ini merupakan salah satu jenis makanan tempo dulu yang sudah jarang ditemukan. Es berbahan dasar hungkue, santan, gula, dan sedikit garam ini memiliki tekstur seperti gabus ketika digigit. Es ini biasanya memiliki bentuk yang agak tipis dan beragam warna.

5. Arum Manis

makanan-tempo-dulu-03-arum-manis

Makanan tempo dulu yang satu ini biasa disebut dengan “rambut nenek”, gula-gula yang dibentuk menyerupai helaian rambut inilah penyebabnya. Arum manis atau harum manis ini sudah mulai jarang ditemukan, meskipun ada yang menjualnya harga yang ditawarkan sedikit mahal. Perpaduan antara opak alias kerupuk dengan gulali ini akan menambah rasa yang pas ketika digigit.

6. Gulali

makanan-tempo-dulu-07-gulali

Jajanan yang satu ini juga sempat ngehits di zamannya. Makanan tempo dulu yang sampai saat ini masih sering dicari para penggemarnya karena rasa dan ragam bentuknya. Namun, sayangnya saat ini gulali jarang ditemukan. Meski ada yang menjual biasanya di tempat wisata, dan mematok harga yang lumayan agak mahal karena sudah jarang ditemukan. Jika diingat-ingat kembali, gulali ini dapat dibentuk beraneka karakter dan model, seperti bunga, dot, burung, ayam, kupu-kupu, hingga sisir, dan lain sebagainya. Kreatifitas menjadi hal terpenting dalam hal ini.

7. Es Krim Ragusa

makanan-tempo-dulu-08-es-krim-ragusa

Mendengar kata es krim pasti langsung membayangkan rasanya yang manis dan segar, dipenuhi dengan beragam toping. Namun, Anda dapat mencicipi jenis es krim tempo dulu yang sudah ada sejak zaman Belanda. Es krim Ragusa ini masih tetap menjadi idaman para pecinta es krim dengan rasa tempo dulu. Anda dapat mengunjungi cafe Ragusa di daerah Jakarta Pusat untuk mencicipi ragam jenis dan rasa dari es krim legendaris yang satu ini.

8. Putu Mayang

makanan-tempo-dulu-09-putu-mayang

Makanan tempo dulu ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan beragam warna, kemudian dicetak seperti mie. Cara menyantapnya dengan menggunakan kuah santan atau kuah gula merah. Makanan ini sempat eksis di zamannya, namun seiring berkembangnya waktu, makanan ini sudah mulai jarang dijual. Kecuali jika ada acara-acara tertentu, putu mayang ini menjadi makanan untuk disajikan dalam sebuah acara.

9. Kembang Tahu

makanan-tempo-dulu-10-kembang-tahu

Makanan yang satu ini sudah jarang ditemukan, terutama di kota besar seperti Jakarta. Makanan dengan bahan dasar kembang tahu kemudian disajikan bersama kuah gula merah yang sudah dicampur air jahe. Dengan begitu akan mendapatkan rasa yang manis serta hangat setelahnya. Untuk itu, mengkonsumsi kembang tahu ini sangat cocok saat cuaca dingin atau saat hujan.

Baca juga : Cetak Kemasan Makanan Sesuai dengan Desain Sendiri di Uprint.id

10. Kue Laba-laba

makanan-tempo-dulu-11-kue-laba-laba

Jenis jajanan anak-anak yang satu ini berbahan dasar tepung terigu, soda kue, dan dicampur dengan gula. Setelah itu, dicetak menggunakan cetakan yang memiliki beragam bentuk seperti ikan, kura-kura, dan lain sebagainya. Bahkan yang paling dikenal adalah jaring laba-laba, sebab itu kue ini dinamakan kue laba-laba.

Itulah 10 makanan tempo dulu yang bikin kangen dan sudah jarang ditemukan saat ini. Bahkan, jika Anda ingin mengkonsumsinya kembali bisa membuatnya sendiri di rumah. Nah, jika ingin dijadikan bisnis Anda dapat memilih jenis makanan apa saja yang dapat dijadikan bisnis? Jangan lupa juga untuk membuat kemasan yang menarik meskipun makanan itu sudah jadul atau lawas. Dengan membuat kemasan yang menarik akan mencuri daya tarik calon konsumen. Bahkan, Anda dapat juga membuat branding terhadap bisnis dengan menggunakan dan memanfaatkan kemasan.

Jika Anda ingin mencetak kemasan dengan desain yang sesuai, cobalah mencetaknya secara online di Uprint.id. Anda dapat mencetak kemasan sesuai dengan yang diinginkan. Bahkan, Anda juga dapat mencetak label kemasan agar sesuai dengan kemasannya. Hanya dengan satu langkah bisnis Anda berjalan maju. Cetak sekarang di Uprint.id.