Budaya membereskan sisa makanan, ternyata sudah berlaku di luar negeri. Bahkan kebiasaan seperti ini sudah diajarkan sejak usia anak-anak. Sedangkan di Indonesia, baru-baru ini di budayakan seperti itu terutama di restoran cepat saji. Siapa sangka jika gerakan yang sudah menjadi kebiasaan di luar negeri ini, menuai tanggapan yang di luar ekspektasi. Kebanyakan netizen tidak setuju dan berbalik menghujat usulan seperti itu. Padahal, budaya membersihkan sisa makanan sendiri memiliki banyak manfaat. Terlepas dari kita sudah membayar pajak restoran atau tidak. Seperti berikut ini manfaat membersihkan sisa makanan yang perlu diketahui.

1. Membantu Meringankan Pekerjaan Pramusaji

membersihkan-sisa-makanan-01

Tidak ada salahnya untuk kita saling membantu meringankan pekerjaan para pelayan restoran. Terutama dalam membersihkan sisa makanan sendiri setelah selesai. Dengan begitu Anda sudah beramal dengan cara membantu meringankan pekerjaan para pramusaji. Bahkan, dengan Anda membantu membersihkan sisa makanan akan semakin cepat konsumen lain duduk untuk makan. Sehingga tidak perlu lagi menunggu pelayan restoran membersihkannya. Hal ini sangat berguna dan bermanfaat, apalagi jika pengunjung restoran saat itu sedang ramai berkunjung.

Baca juga : Jenis Makanan di Drama Korea yang Sering Dijumpai. Ada yang Pernah Mencobanya?

2. Belajar Bertanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

membersihkan-sisa-makanan-02

Siapa sangka, dengan menerapkan hal seperti ini justru akan memberikan pelajaran terhadap rasa tanggung jawab untuk diri sendiri. Untuk membentuk perilaku baik, kita juga harus membiasakan diri melakukannya secara konsisten. Salah satu kebiasaan yang bisa dicoba adalah membereskan piring setelah makan, termasuk di restoran. Dengan begitu, kita terbiasa hidup dengan tanggung jawab dan rapi.

3. Mengajarkan Kebersihan dan Peka Terhadap Lingkungan

membersihkan-sisa-makanan-03

Dengan belajar membersihkan sisa makanan sendiri akan membuat Anda lebih peka terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga tidak hanya di restoran saja, melainkan di mana pun Anda berada akan selalu peka terhadap kebersihan. Sekali pun itu berada di tempat umum. Kepekaan terhadap kebersihan dan lingkungan ini harus benar-benar dibangun. Agar selalu memiliki rasa peduli akan lingkungan sekitar, yang Anda sendiri menikmatinya. Jika kotor, akan justru menghilangkan keindahan lingkungan tersebut.

4. Mengajarkan Berterima Kasih

membersihkan-sisa-makanan-05

Tindakan seperti ini juga dapat dijadikan bahan ajar untuk selalu berterima kasih. Hanya saja cara penyampaiannya yang berbeda. Biasanya, orang menyampaikan berterima kasih dengan mengucapkannya kepada orang yang dituju. Namun, jika orang itu adalah pramusaji maka Anda cukup menunjukan terima kasih dengan tindakan membersihkan sisa makanan. Meski tidak seberapa, namun tindakan ini akan memberikan kebahagiaan tersendiri kepada mereka.

Baca juga : Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Sukses. Dapat Dijadikan Inspirasi Nih!

5. Dapat Menghargai Pekerjaan Orang Lain

membersihkan-sisa-makanan-06

Dengan membersihkan sisa makanan saat di restoran, akan membuat Anda menghargai pekerjaan orang lain. Terutama para pekerja pramusaji yang memiliki tugas seperti itu. Jika Anda tidak ingin membereskan sisa makanan dan meletakan pada tempat bisa juga menumpuk sisa piring setelah makan di tengah. Sehingga dapat memudahkan pramusaji membersihkannya.

Itulah beberapa manfaat membersihkan sisa makanan saat berada di restoran yang perlu diketahui. Tidak semua hal yang dilakukan tanpa memiliki tujuan dan manfaat. Seperti halnya membersihkan sisa makanan setelah makan.