Apakah Anda pernah melihat bentuk packaging dari makanan atau produk yang hampir mirip? Sebenarnya itu adalah strategi marketing untuk membuat para pelanggan bingung dan biasanya itu terjadi pada brand atau produk yang sudah sangat terkenal. Hal tersebut merupakan salah satu strategi yang tidak terlalu bagus untuk masalah branding. Padahal, packaging suatu produk memiliki hubungan yang sangat erat dengan brand image. Nah, oleh karena itu, Anda harus benar-benar membuat packaging yang menarik, unik dan tentunya berbeda dari kompetitor Anda. Semakin Anda membuat packaging yang berbeda, brand image yang kuat akan melekat pada bisnis Anda. Sekarang, mari simak bagaimana cara membuat packaging yang membedakan brand Anda dari kompetitor.

1. Buat Sesuatu yang Berwarna 

kemasan-uprint

Jika mempunyai bisnis yang masih baru, tentu Anda harus mempunyai sesuatu yang menggebrak. Anda boleh saja menyebut produk yang Anda miliki lebih baik daripada kompetitor, tetapi Anda harus memiliki nilai jual.  Nilai pada aspek apa yang membuat produk Anda lebih baik? Salah satu caranya adalah dengan membuat packaging yang unik dan menarik perhatian. Cara pertama adalah membuat sesuatu yang berwarna. Buatlah packaging dengan desain yang terkesan ceria. Jangan lupa untuk membuat warna yang cocok dengan kertas untuk packaging karena jika salah perhitungan, warna yang Anda inginkan tidak akan sesuai dengan hasil cetak.

2. Buatlah Sesuatu yang Melingkar  

kemasan-uprint

Jika mempunyai rencana membuat packaging secara melingkar untuk suatu produk, misalnya pada kemasan botol atau susu kalengan, Anda harus memikirkan strategi tambahan. Kemasan melingkar membutuhkan desain khusus, bagaimana caranya para pelanggan nantinya bisa tertarik dengan produk Anda jika dilihat dari samping atau bahkan belakang.

3. Buat Packaging Sebagai Standar Marketing 

kemasan-uprint

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan orang ketika membuat packaging adalah tidak adanya standar khusus. Misalnya, jika Anda membuat packaging untuk satu produk, usahakan tema dan warna harus seirama dengan produk marketing yang lain. Jadi, apabila ada satu produk dengan warna dominan merah, Anda bisa membuat desain promo, website atau Instagram dengan warna atau tema serupa. Menjadikan packaging sebagai standar marketing akan menciptakan brand awareness dalam diri pelanggan.

4. Buat Packaging yang Interaktif 

kemasan-uprint

Selanjutnya adalah coba buat packaging yang interaktif. Salah satu contoh packaging interaktif adalah milik brand Coca-Cola dan Aqua. Kedua brand tersebut membuat slogan di setiap packaging-nya. Hal tersebut mungkin menghabiskan dana yang cukup besar, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan membuat satu desain interaktif. Misalnya, beri kata-kata mutiara, pepatah, atau lelucon di dalam packaging Anda.

Membuat packaging memang bukan perkara yang mudah. Jangan ragu untuk menerima kritik dari orang terdekat atau karyawan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!