Hampir semua orang mengeluh dengan kondisi sekarang ini. Katanya apa-apa mahal. Jangankan rumah atau mobil, makanan sehari-hari saja harganya terus melambung naik. Kalau kita tidak pandai mengelola keuangan, belum juga akhir bulan uang di dompet sudah menipis. Itulah kenapa penting sekali untuk memiliki tabungan untuk berjaga-jaga di saat ada kondisi darurat. Bagi ibu rumah tangga atau Anda yang memiliki kesibukan padat, terkadang menyisihkan waktu ke bank untuk menabung sebagian penghasilan sangatlah sulit. Namun sebenarnya itu bukanlah masalah yang besar, menabung di rumah pun sebenarnya lebih aman dan menguntungkan.

 

1. Catat Arus Keuangan dan Sisihkan Setiap Hari

catat arus keuangan menabung di rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pernahkah merasa tanpa sadar penghasilan Anda habis dalam beberapa hari ini, padahal Anda merasa tidak membeli apapun? Biasanya hal ini disebabkan karena Anda tidak mencatat arus keluar masuk keuangan. Sehingga Anda terus mengeluarkan uang sesuka hati, tanpa sadar kalau posisi keuangan Anda sudah menipis. Itulah kenapa penting sekali mencatat arus keuangan Anda setiap hari, jadi Anda bisa mengetahui uang Anda terpakai untuk apa saja, sumber penghasilan dari mana saja, dan berapa saldo terakhir uang yang Anda miliki.

Baca juga: Orang yang Selalu Bahagia akan Mengatur Keuangan dengan Cara Seperti Ini

Selain mencatat arus keuangan, mulailah untuk menyisihkan uang setiap hari. Tentukan nominalnya sesuai kemampuan Anda. Misal setiap hari Anda menyisihkan uang Rp 10.000,-, maka setidaknya dalam jangka waktu satu tahun Anda bisa memiliki tabungan sebesar Rp 3.650.000,-. Lumayan kan? Ingin punya lebih banyak tabungan, ya simpan lebih banyak lagi.

2. Buat Celengan Unik

menabung di rumah dengan celengan unik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk membangun semangat di dalam diri saat memulai proses menabung di rumah, siapkanlah celengan yang unik dan lucu. Anda tidak harus membelinya, bahkan akan lebih menarik jika Anda membuatnya sendiri dari barang-barang bekas yang ada di sekitar. Misal, buat celengan dari bekas botol air minum mineral, hias secantik mungkin. Atau siapkan dompet khusus untuk menyimpan tabungan harian Anda dengan membuatnya dari kardus susu bekas.

Jangan lewatkan: 5 Cara Unik Menghemat Uang dan Membuat Anda Memiliki Tabungan

Disarankan buat atau sediakanlah celengan yang modelnya transparan, sehingga Anda bisa melihat uangnya tanpa harus melongok isi dalamnya. Dengan melihat uang yang sudah terkumpul, Anda akan bisa terus semangat menambah isi celengan agar semakin cepat penuh dan siap dipanen hasilnya.

3. Tetapkan Target dan Jaga Konsistensi

target menabung di rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

Baik menabung di rumah atau pun di bank, Anda harus menetapkan target. Target ini penting untuk bisa menjaga Anda tetap semangat dan konsisten menabung. Tetapkan target dalam jangka panjang dan pendek. Tulislah target Anda di sebuah karton atau papan tulis dengan tipografi berukuran besar. Anda juga bisa menempelkan gambar berkaitan dengan target yang telah dibuat, misal gambar Makkah jika target menabung Anda ditujukan untuk pergi haji. Letakkan target itu di dekat celengan Anda. Taruhlah di tempat yang bisa Anda lihat setiap saat sehingga Anda akan merasa diingatkan oleh target tersebut.

Baca juga: Mengajarkan Anak Mengelola Uang Lebaran Yuk, Dengan 5 Cara Ini

Menabung di rumah tetap bisa aman dan menyenangkan asal semangat dan konsistensinya Anda selalu terjaga. Cara menabung ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin menghindari bunga dan riba. Selamat mencoba!