Sejak kecil mungkin kita terbiasa dengan ungkapan ‘kerja itu untuk cari uang’. Mungkin pada kenyataannya, hal tersebut adalah yang benar-benar terjadi. Anda bekerja 8 jam lebih dalam sehari dan mendapatkan uang. Namun apakah itu yang Anda butuhkan dalam hidup? Tentu saja tidak. Ada hal lain yang lebih penting dari hanya sekedar mencari uang selama Anda bekerja: ilmu. Selama kita hidup, uang bisa saja datang dan pergi begitu saja. Ketika kita meninggal dunia nanti, tak ada sepeser pun uang yang kita bawa. Ilmu-lah satu-satunya harta yang kita bawa nanti. Lalu, mengapa kita harus mencari ilmu dalam bekerja ?

1. Pengalaman adalah segalanya
Dunia kerja adalah dunia yang berbeda bila dibandingkan dengan semasa kita sekolah dahulu. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam orang dengan berbagai masalah yang dihadapi. Banyak juga hal-hal yang mungkin terjadi bahkan tidak kita duga sebelumnya. Inilah kesempatan besar Anda untuk mendapatkan pengalaman yang sebanyak-banyaknya. Belajarlah demi mendapatkan apa itu arti hidup yang sesungguhnya. Mengapa Anda hidup di dunia? Bagaimanakah takdir Tuhan yang sebenarnya? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang setidaknya bisa jadi acuan selama mencari pengalaman.

2. Berbagilah dengan rekan kerja
Selama bekerja, Anda tidak sendirian. Selalu ada teman kerja yang membantu Anda ketika mengalami kesulitan. Di dunia kerja, ada banyak jenis rekan kerja dengan segala kemajemukan sosial mereka. Di situlah Anda akan menemukan bagaimana dunia ini bekerja. Menyatulah dengan mereka. Berkenalan dengan mereka adalah suatu langkah besar pertama yang harus Anda lakukan. Ketika berkenalan dengan orang-orang baru, maka berbagilah pengalaman satu sama lain. Pelajari bagaimana pengalaman hidup mereka dan jadikan itu pelajaran penting bagi hidup Anda. Itulah ilmu hidup yang sebenarnya.

3. Cermatilah kehidupan di luar
Mendapatkan ilmu tak hanya dapat dilakukan dengan belajar di sekolah atau di perguruan tinggi saja. Ilmu juga bisa Anda dapatkan ketika berada di dunia kerja, terutama ketika dihadapkan dengan berbagai jenis masalah pekerjaan yang berbeda. Perlahan hadapi itu semua dengan cermat. Pelajari bagaimana masalah tersebut muncul dan apa solusi terbaik untuk mengatasinya. Dalam bekerja, kita tidak boleh main-main. Ini juga yang jadi penentu masa depan Anda. Ketika Anda cermat dalam menghadapi masalah, maka di kemudian hari ketika terjadi masalah yang sama, Anda dapat dengan mudah mengatasinya.

4. Hanya mencari uang sama saja membunuh diri sendiri
Pekerja yang hanya fokus ingin mencari uang sama saja dengan membunuh diri sendiri. Setidaknya, mereka akan melakukan apapun untuk bisa mendapatkan uang sebanyak mungkin. Sifat tersebut didasarkan oleh sifat tamak yang ujung-ujungnya pasti merugikan diri sendiri. Orang-orang seperti ini akan menghalalkan segala cara, termasuk berbuat tidak baik misalnya dengan mencuri atau bahkan korupsi.

Di sini, uang yang didapatkan bisa dibilang tidak bermanfaat karena tidak didapatkan dengan cara yang baik. Meski uang yang didapatkan banyak, namun tidak ada ilmu yang didapatkan. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, uang bisa habis begitu saja. Ketika habis, lalu apa yang bisa dia lakukan? Tidak ada! Tidak ada ilmu, tidak ada uang, maka orang tersebut hanya bisa jadi seseorang yang tidak berguna di masa depan, jadi sebisanya kita harus mencari ilmu dalam bekerja.

Masihkah Anda berpikir bahwa bekerja hanyalah untuk mencari uang semata? Jangan pernah berpikir untuk melakukannya walau sekejap. Bangunlah niatan yang kuat bahwa mencari ilmu dalam bekerja yang bermanfaat demi kehidupan masa depan yang lebih baik.

uprint percetakan online indonesia