Mendapatkan pekerjaan atau mendapat kerja, bagi sebagian orang yang baru lulus merupakan suatu kerisauan. Terutama bagi mereka para anak muda yang baru saja lulus dari jenjang pendidikan. Terlebih lagi, kriteria perusahaan yang semakin hari semakin sulit diterima mereka. Tapi, Anda akan mudah mendapatkan pekerjaan jika mengikuti beberapa cara berikut ini.

1. Jangan Berhenti Mencoba

cara mendapat kerja - Keep Trying

Saat ini banyak aplikasi online yang menyediakan jasa lowongan kerja. Sehingga memudahkan Anda dalam mengirim aplikasi lamaran pekerjaan. Dengan cara yang sudah mudah seperti saat ini, cobalah mengirimkan beberapa aplikasi lamaran pekerjaan agar mendapatkan pekerjaan. Sebaiknya memilih pekerjaan atau perusahaan yang sesuai dan dapat dipercaya. Ketika satu atau dua kali belum juga mendapatkan jadwal interview, yang harus dilakukan adalah teruslah mencoba sebanyak-banyaknya.

Baca juga : Persiapan Bagi Fresh Graduate yang Harus Disiapkan Saat Mulai Bekerja

2. Jangan Bergerak Lamban

cara mendapat kerja - jangan bergerak lamban

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan Anda melamar pekerjaan, tapi tidak ada salahnya untuk bergerak lebih cepat dengan mendatangi bursa kerja. Siapkan sebanyak-banyaknya dokumen lamaran pekerjaan dan data-data lainnya dalam satu amplop. Setelah itu, cobalah datangi pameran atau bursa kerja yang sering diadakan oleh para instansi perusahaan. Jangan ragu untuk mengunjungi stand-stand perusahaan yang menurut Anda menarik dan sesuai yang diinginkan. Bahkan, ada juga perusahaan yang mengadakan interview secara langsung. Anda harus mencobanya secara cepat, semakin cepat mencobanya maka semakin cepat kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan.

3. Menyiapkan Portofolio yang Tepat

cara mendapat kerja - menyiapkan portofolio

Sebelum Anda mendapatkan pekerjaan, ada baiknya siapkanlah terlebih dahulu portofolio yang tepat. Portofolio yang Anda lampirkan akan membuat penilaian lebih dari HRD di perusahaan tersebut. Jangan sungkan untuk mencantumkan beberapa sertifikat yang dapat menjadi pendukung dalam melengkapi portofolio. Semakin banyak Anda mencantumkan beragam sertifikat pendukung yang sesuai, maka akan besar peluang mendapatkan pekerjaan.

4. Aktif Berorganisasi

cara mendapat kerja - aktif berorganisasi

Anda juga harus aktif dalam berorganisasi, terutama dalam hal yang mendukung syarat mendapatkan pekerjaan. Misalnya seperti, Anda mengikuti organisasi di bidang bisnis maka kurang lebih Anda mengetahui mengenai dunia bisnis. Bahkan Anda dapat mengikuti organisasi lain seperti bidang teknik komputer dan desain, maka akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Sebab, pengalaman saat berorganisasi sudah dapat Anda bayangkan sebuah pekerjaan yang akan digeluti.

Baca juga : Lakukanlah Beberapa Hal Ini Jika Tidak Ingin Stress Saat Menunggu Peluang Kerja

5. Bersungguh-sungguh Ketika Magang

cara mendapat kerja - magang

Apabila Anda sudah mendapatkan kesempatan untuk magang di sebuah perusahaan, maka jangan pernah melewatkan kesempatan ini. Sebab, semakin Anda menggali ilmu saat magang maka akan semakin banyak ilmu yang dikuasai. Walaupun dengan waktu yang ditentukan, namun Anda tetap harus memanfaatkan waktu tersebut untuk mendapatkan ilmu.

6. Persiapkan Diri Sebelum Masuk Dunia Kerja

cara mendapat kerja - persiapan sebelum bekerja

Jika Anda sudah merasakan magang di sebuah perusahaan, maka sudah dapat merasakan dunia kerja. Namun jika belum merasakan kerja sekalipun, ada baiknya untuk mempersiapkan diri sebelum masuk dunia kerja. Seperti, persiapkan mental, dan teruslah mencari tahu mengenai materi pekerjaan yang akan dihadapi.

Mendapatkan pekerjaan akan semakin mudah jika Anda mengikuti beberapa cara seperti penjelasan di atas. Dengan begitu, diri Anda akan lebih siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, terapkan pada diri Anda bekerja merupakan sebuah tahapan belajar yang akan membawa Anda kepada jenjang yang lebih dari sekarang. Sehingga, Anda tidak akan merasakan lelah saat bekerja. Selain itu, cobalah untuk membawa dan menjaga suasana hati agar selalu senang ketika sedang bekerja.