Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id
Flyer adalah salah satu materi cetak yang banyak digunakan oleh pemilik bisnis untuk memperkenalkan mereknya ke khalayak ramai. Masalahnya terkadang setelah kita mencetak ratusan lembar flyer, kita tidak memikirkan kepada siapakah flyer tersebut akan kita bagikan. Sedangkan penting sekali untuk mengetahui siapa target penerima flyer agar tujuan tercapai dan tentu saja lebih hemat biaya. Kira-kira bagaimana ya cara asyik mendistribusikan flyer agar menyasar pada  target yang tepat?

Langkah Sebelum Mendistribusikan Flyer

Jadi… apa yang harus kita persiapkan agar bisa mendistribusikan flyer agar tepat sasaran? Berikut ini tim Uprint.id akan membagikan rahasianya kepada semua sahabat. Anggap saja ya saat ini sahabat baru saja menerima paket selebaran Anda yang dicetak secara profesional dari Uprint.id. Pasti langsung berbinar-binar melihat hasil jadinya kan? Gambar yang jelas, kertas yang berkualitas dan tinta yang dijamin oke pasti membuat para sahabat gagal move on dan ingin berlama-lama menikmati kemewahan flyer tersebut. Eits, saatnya Anda harus segera bangun dan sadar diri bahwa flyer tersebut dicetak untuk disebarkan kepada calon pelanggan potensial brand Anda.

Baca juga: 5 Alasan Utama Uprint.id Menjadi Pilihan Tepat Bila Anda Ingin Cetak Flyer

mendistribusikan flyer ke orang

Selanjutnya, Anda harus segera merencanakan kampanye pemasaran brand sesuai dengan anggaran, produk Anda, sasaran promosi dan tentu saja, pelanggan Anda. Jika Anda tidak mengirimkan selebaran Anda kepada orang-orang yang tertarik pada bisnis dan brand Anda, semua usaha akan sia-sia. Nggak ingin kan flyer yang sudah dicetak secantik itu di Uprint.id tidak membawa hasil apapun? Maka penting bagi Anda untuk mengidentifikasi di mana pelanggan potensial Anda berada.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam proses identifikasi:

  • Temukan tempat untuk membagikan selebaran Anda. Di mana target Anda tinggal, bekerja, dan berbelanja? Penting bagi Anda untuk mengetahui hal ini sehingga Anda tahu cara menjangkau mereka. Sehingga Anda tidak perlu pergi ke kota tetangga untuk membagikan selebaran hanya untuk memperkenalkan restoran baru Anda. Lihat gaya hidup target potensial Anda, seperti tentang makan vegetarian, memiliki jangkauan yang lebih luas tetapi masih perlu menemukan penonton yang reseptif. Remaja, misalnya, akan lebih cenderung menjadi vegetarian daripada orang yang lebih tua yang telah makan daging selama beberapa dekade.
  • Plotkan rencana distribusi. Sebelum Anda pergi keluar, putuskan ke mana Anda akan pergi. Untuk rencana distribusi yang efektif, pikirkan seberapa jauh Anda perlu berjalan atau berkendara, kapan Anda perlu pergi ke suatu lokasi, dan berapa banyak selebaran yang perlu Anda bawa. Strategi yang baik akan menghemat waktu dan uang Anda saat menyebarkan pesan Anda lebih lanjut. Gunakan peta untuk merencanakan rute yang lebih pendek dan menentukan di mana pelanggan akan berada. Simpan catatan tentang lokasi dan bisnis apa yang menerima iklan Anda.
  • Bagikan selebaran pada waktu yang tepat. Kapan Anda perlu memasukkan flyer ke tangan pelanggan? Jika Anda mengiklankan penjualan liburan, selebaran harus didistribusikan beberapa minggu sebelum liburan. Demikian pula, orang akan lebih mudah menerima pada waktu-waktu tertentu. Orang yang masuk atau keluar dari suatu acara lebih cenderung mengambil selebaran daripada orang yang bergegas untuk bekerja.
  • Ulangi pendistribusian flyer beberapa minggu kemudian. Iklan berulang akan lebih mudah diingat. Kembalilah ke lokasi distribusi Anda satu atau dua bulan kemudian. Bahkan jika Anda memberikan selebaran yang sama kepada orang yang sama, Anda kemungkinan akan melihat hasil yang lebih baik. Pesan atau bisnis Anda menjadi lebih dikenal saat Anda membangun koneksi

Setelah Anda selesai melakukan proses identifikasi tersebut, saatnya Anda memilih cara asyik terbaik untuk mendistribusikan flyer Anda.

Baca juga: 10 Contoh Flyer yang Membuat Orang Takjub

Yuk Mulai Mendistribusikan Flyer

Setelah proses identifikasi selesai dan Anda sudah mendapatkan  target potensial untuk penerima flyer Anda. Kini saatnya Anda mulai menyebarkan selebaran bisnis Anda. Ada 4 cara asyik yang bisa Anda coba untuk mengantarkan flyer ke orang yang tepat.

1. Door to Door

mendistribusikan flyer door to door

Jika Anda ingin menjangkau sejumlah besar masyarakat umum, metode door to door masih menjadi cara yang paling banyak membawa hasil signifikan untuk Anda.  Untuk menjalani metode ini, sesuaikan juga dengan skala promosi Anda. Anda dapat bekerja dengan layanan pos, mempekerjakan tim, atau mengirimkan selebaran Anda sendiri. Metode door to door adalah cara yang baik untuk memperkenalkan layanan baru atau gerai ritel di kota atau daerah. Anda bahkan dapat bermitra dengan bisnis atau publikasi lain yang akan memungkinkan Anda memasukkan selebaran ke dalam pemasaran atau literatur mereka.

Baca juga: 10 Contoh Desain Flyer Event Terkeren

2. Jadilah Penyusup yang Cantik

mendistribusikan flyer di koran

Surat kabar dan majalah sering memberi kesempatan kepada pihak-pihak ketiga untuk mempromosikan produknya dengan cara menyisipkan flyernya di antara lembaran mereka. Dengan cara ini Anda dapat menargetkan pelanggan potensial Anda lebih tepat dibandingkan dengan menggunakan metode door to door. Tentu saja, cara asyik mendistribusikan flyer yang ini akan membutuhkan biaya, jadi pastikan anggaran Anda cukup untuk menutup biaya yang dikeluarkan.

Baca juga: 5 Tips Membuat Flyer untuk Real Estate

3. Mendekati Calon Penerima

mendistribusikan flyer mendekati calon penerima

Flyer yang telah Anda cetak bisa langsung dikirim ke tangan pelanggan Anda dengan membagikannya secara langsung saat Anda telah tahu dengan pasti target pasar Anda. Lokasi dan waktu sangat penting. Jika Anda mengiklankan layanan bisnis, berikan selebaran Anda di area yang dihuni oleh kantor dan bisnis lainnya. Jika Anda mempromosikan klub atau restoran, pilih waktu dan tempat di mana orang-orang akan berada ketika mereka bersosialisasi atau dalam perjalanan keluar untuk bermalam.

Selain memikirkan tentang waktu dan tempat yang tepat untuk membagikan selebaran, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana Anda – atau orang-orang yang Anda pilih untuk membagikan selebaran Anda. Anda tidak boleh asal memilih orang untuk menyebarkan selebaran, setidaknya Anda harus melatih bagaimana mereka seharusnya menyebarkan flyer. Bagaimana cara orang yang membagikan selebaran Anda sering sama pentingnya dengan selebaran itu sendiri. Anda tidak harus menjadi ahli dalam penjualan, tetapi Anda harus tampil profesional dan dapat dipercaya.

Baca juga: Ingin Event Anda Booming? Lakukan 7 Tips Cetak Flyer Ini!

4. Di Dalam Toko atau Di Tempat

mendistribusikan flyer di restoran

Beberapa gerai ritel, bar, atau tempat lain akan mengijinkan Anda untuk meletakkan selebaran Anda. Anda dapat menawarkan penawaran khusus kepada pelanggan mereka atau memberikan insentif lain untuk membantu mendorong outlet agar Anda dapat menggunakannya untuk selebaran Anda. Pastikan Anda bertanya tentang kemungkinan ini. Dan jangan lupa untuk memeriksa bahwa metode apa pun yang Anda gunakan untuk mendistribusikan selebaran Anda adalah cara  yang legal dan tidak akan membuat Anda bermasalah dengan dewan lokal atau komunitas bisnis.

Apapun metode yang Anda gunakan, langkah pertama Anda adalah memastikan selebaran Anda terlihat profesional dan memberikan kesan terbaik terhadap bisnis Anda. Untuk hal tersebut maka kami dapat membantu memberikan yang terbaik. Uprint.id telah memiliki pengalaman kurang lebih lima tahun dalam hal mencetak selebaran dan materi pemasaran lainnya. Kami menawarkan berbagai ukuran, gaya kertas, dan sentuhan akhir. Anda dapat melihat semua opsi Anda secara online dan bahkan bisa memilih template desain yang kami suguhkan, sehingga Anda dapat memperoleh iklan selebaran dengan tepat! Kami yakin Anda akan menyukai pekerjaan dan harga kami, jadi hubungi tim ahli percetakan kami atau kunjungi situs resmi kami dan dapatkan penawaran spesial hari ini !