Siapa sangka, menulis sebagai hobi yang dapat menghasilkan sekaligus melegakan. Banyak hal yang di dapat dari sebuah menulis. Bahkan, salah satunya dapat melegakan perasaan Anda. selain itu, menulis juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang jika tulisan yang dibuat menarik dan disukai pembaca. Seperti berikut ini beberapa alasan seseorang menjadikan menulis sebagai hobi mereka.

1. Melatih Keberagaman Kosakata

menulis-sebagai-hobi-01-perbanyak-kosakata

Melalui tulisan maka Anda juga akan latihan menggunakan kosakata yang beragam karena jangan sampai pilihan kata menjadi monoton. Nah, hal ini juga akan berdampak di kehidupan sehari-hari. Anda akan menjadi teman ngobrol yang asyik karena tidak kekurangan kosakata. Semakin banyak kosakata yang didapat, maka akan semakin banyak juga pemilihan kata yang tepat dan terbaik. Sehingga tulisan Anda akan semakin tajam dan membuat pembaca betah berlama-lama membaca tulisan tersebut.

Baca juga : Butuh Alasan untuk Tetap Rajin Menulis Agenda Harian? Anda Perlu Tahu 8 Hal Ini!

2. Hasil Pemikiran Tidak Pernah Hilang

menulis-sebagai-hobi-02-pemikiran-abadi

Hasil pemikiran Anda akan abadi karena sudah mewujudkannya dalam bentuk tulisan. Tulisanmu akan menjadi kenangan abadi darimu. Meski telah ditinggalkan namun orang lain pasti akan mengingatnya melalui tulisan-tulisan Anda. Untuk itu, jangan pernah menuliskan sesuatu yang tidak bermanfaat bagi para pembaca. Sebab, dari sebuah tulisan dapat menjadi bermanfaat bagi setiap pembaca.

3. Media Mengungkapkan Perasaan

menulis-sebagai-hobi-03-mengungkapkan-perasaan

Jika Anda ingin mengungkapkan sebuah perasaan namun malu menceritakan kepada teman atau bahkan orang tua, Anda dapat memanfaatkan menulis sebagai hobi ini dijadikan media mengungkapkan perasaan. Dengan begitu, Anda dapat lega menuliskan apapun yang mengganjal dalam pikiran dan di hati. Bahkan, melalui tulisan Anda dapat memberikan inspirasi bagi mereka yang bernasib sama atau memiliki pengalaman sama.

4. Menyalurkan Perasaan

menulis-sebagai-hobi-04-menyalurkan-perasaan

Dengan menulis Anda dapat menyalurkan perasaan yang selama ini masih terpendam dalam pikiran dan hati. Bahkan, Anda dapat menulis tanpa hambatan sama sekali karena inspirasi langsung mengalir dan tidak dapat menghentikan jari jemari. Anda hanya membutuhkan kertas dan pulpen saja, apalagi di zaman sekarang lebih gampang lagi tinggal ketik di laptop pribadi Anda. Bahkan, Anda dapat juga membuat halaman pribadi alias blog untuk dijadikan wadah menuangkan semua isi pemikiran dalam bentuk tulisan.

5. Membuat Dunia Sesuai Imajinasi

menulis-sebagai-hobi-05-menyalurkan-inspirasi

Hanya dari sebuah tulisan, Anda dapat menciptakan dunia sendiri sesuai dengan imajinasi. Bahkan, semua tulisan tersebut dapat dijadikan cerita sehingga menghasilkan sebuah naskah yang memiliki nilai jual tinggi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penghasilan hanya dari sebuah tulisan.

6. Dapat Dijadikan Buku

menulis-sebagai-hobi-06-dapat dijadikan buku

Seiring berjalannya waktu, jika Anda sudah terlatih menulis cerita maka cobalah untuk menjadikannya sebuah buku. Anda dapat mengirimkannya pada penerbit yang sesuai dengan cerita tulisan. Pasti bangga dong kalau nama Anda tertera dalam buku hasil karya sendiri. Pastikan juga, Anda selalu mengikuti genre tulisan yang sedang hits di masyarakat. Dengan begitu, tulisan yang Anda buat semakin banyak disukai kalangan pembaca.

Baca juga : Fungsi Kata Pengantar, Pengertian, dan Contoh yang Dapat Dijadikan Panduan Menulis

7. Menjadi Terkenal

menulis-sebagai-hobi-07-menjadi-terkenal

Siapa sangka, ternyata menulis sebagai hobi dapat membawa Anda menjadi seseorang yang terkenal. Terutama, jika karya Anda dijadikan sebuah buku dan memberikan banyak inspirasi bagi para pembaca. Jadilah orang yang terkenal karena sebuah karya bukan karena sebuah sensasi. Sebab, karya yang baik, terlahir dari seseorang yang memiliki kreativitas dan imajinasi. Seperti tokoh JK. Rowling yang menuangkan imajinasinya menjadi sebuah buku terkenal seperti Harry Potter. Bahkan dari sebuah buku dapat mengangkat cerita menjadi sebuah film berkelas di dunia.

Itulah beberapa alasan kenapa Anda harus menulis sebagai hobi ini diteruskan atau dilanjutkan. Sebab, banyak hal yang menguntungkan akan didapat. Bahkan, karya Anda akan semakin dicinta para pembaca.