Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Negara Korea selalu tidak luput dari pembahasan masyarakat. Mulai dari drama Korea hingga fashion yang menjadi bahan perbincangan. Tidak hanya itu saja, hal menarik lainnya adalah kuliner di Korea. Bagi para pecinta drama Korea, sudah paham jenis makanan apa saja yang ada di Korea tersebut. Namun ternyata, selain makanan di dalam drama Korea yang menggiurkan itu, masih ada beberapa jenis makanan lainnya. Seperti jenis-jenis mie khas Korea berikut ini.

1. Naengmyeon

mie-khas-korea-naengmyeon
sumber gambar : shinporestaurant

Naengmyeon merupakan jenis mie gandum yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin. Naengmyeon paling digemari pada saat musim panas walau sebenarnya, pada masa lalu dinikmati pada musim dingin. Kini,naengmyeon telah menjadi masakan Korea Utara terpopuler di Korea Selatan. Jenis mie yang satu ini juga memiliki dua macam yaitu mul naengmyeon dari kaldu daging dan bibim naengmyeon yang disajikan tanpa kuah. Anda dapat mencicipi hidangan ini di restoran Korea yang menyajikan menu ini.

Baca juga : Jenis Makanan di Drama Korea yang Sering Dijumpai. Ada yang Pernah Mencobanya?

2. Japchae

mie-khas-korea-japchae
sumber gambar : maangchi.com

Japchae merupakan jenis makanan berbahan dasar mie berupa mie soun yang dicampur dengan macam-macam jenis sayuran dan daging. Cara menyajikan japchae ini dengan mencampurkan bahan-bahan seperti sayuran dan daging yang sudah dicincang untuk dijadikan campuran. Masing-masing bahan ditumis demi untuk mempertahankan aroma dan rasa dari campuran tersebut. 

3. Guksu

mie-khas-korea-guksu
sumber gambar : maangchi.com

Guksu ini memiliki nama lain yaitu sup mie. Biasanya guksu ini disajikan dengan campuran sayur-sayuran dan aneka daging untuk dijadikan lauk. Jenis mie yang digunakan juga agak sedikit berbeda, mulai dari tekstur hingga ukuran mie. Biasanya guksu menggunakan mie bertekstur tipis dan berukuran panjang.

4. Ramyeon

mie-khas-korea-ramyeon
sumber gambar : glebekitchen.com

Seperti mie khas Korea pada umumnya, ramyeon ini disajikan dengan campuran sayur dan daging untuk menambah cita rasa. Ramyeon ini sangat cocok jika disantap saat musim dingin atau hujan tiba. Anda dapat juga menambahkan sambal yang sesuai keinginan, sehingga akan lebih menambah rasa.

Baca juga : Drama Korea Tentang Inspirasi Wanita yang Perlu Disaksikan Ulang

5. Sujebi

mie-khas-korea-sujebi
sumber gambar : maangchi.com

Sujebi adalah masakan Korea yg berupa sup kaldu dengan pangsit. Pangsit dibuat dari tepung gandum yang lengket. Adonan pangsit dibentuk kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam jangguk (kaldu kecap) atau miyeokguk (sup rumput laut). Sebagai isi Anda dapat ditambahkan labu, kentang, kimchi dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis mie khas Korea yang wajib dicicipi jika ingin merasakan sensasi makan mie berbeda. Bahkan Anda dapat menikmati mie ini di beberapa restoran Korea yang menyajikannya. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mengganti bahan-bahan yang tidak ada di sini.