Desain grafis berperan penting dalam komunikasi. Seorang desainer grafis yang bagus harus bisa menyampaikan pesan-pesan dalam bentuk grafis yang menarik dan penuh makna. Walaupun terdapat peran penting yang dimiliki oleh desain grafis dan desainer grafis, keduanya sering menerima kesalahpahaman. Beberapa mitosnya terdengar menghibur, sementara beberapa yang lain sangat menjengkelkan. Apa saja mitos desain grafis dan desainer grafis terpopuler?

1.Desain grafis itu mudah. Oleh karena itu, siapa saja bisa menjadi desainer grafis.

desain grafis mudahJika menurutmu desain grafis itu sangat mudah, pikirkan lagi. Kamu memerlukan latihan, pengalaman, dan yang paling penting adalah bakat untuk menjadi desainer grafis profesional. Hanya karena seseorang dapat menggunakan Adobe Photoshop bukan berarti mereka adalah desainer grafis. Desainer grafis bukan hanya hidup atas seni dan desain, tetapi mereka juga menghirup seni dan desain. Seorang desainer grafis harus melakukan riset mengenai industri desain dan tren-tren budaya agar pengetahuannya bertambah.

 

2.Desainer grafis adalah cenayang.

desain grafis

Membaca pikiran orang…kemampuan super tersebut sepertinya keren. Sangat disayangkan bahwa desainer grafis tidak memiliki kemampuan super seperti itu. Mereka tidak dapat membaca pikiran. Desainer grafis akan senang jika bisa mengetahui bagaimana kamu ingin desainnya dikerjakan, ide-ide dan opini-opinimu, bukannya penjelasan tidak jelas dan ketidakpastian. Desainer grafismu mungkin tidak pernah memberitahumu ini, tetapi memberikan mereka sesuatu yang sifatnya tidak jelas itu sama sekali tidak membantu.

3.Desainer grafis terlahir kreatif.

creative
SONY DSC

Mungkin hal ini benar bagi sedikit desainer grafis, namun tidak setiap desainer grafis terlahir kreatif. Kebanyakan desainer grafis di luar sana harus bekerja keras mengembangkan bakat mereka, membuka diri terhadap lingkungan dan pengaruh yang tepat. Diperlukan usaha maksimum dan kerja keras agar bisa menjadi luar biasa dalam apa yang kamu kerjakan, dan peraturan ini berlaku pula bagi desainer grafis.

4.Desain grafis adalah pekerjaan sederhana, jadi jasa desainer grafis itu murah.

graphic designers are cheap

Banyak orang yang benar-benar berpikir bahwa desain grafis adalah pekerjaan yang sangat sederhana karena yang dilakukan oleh para desainer grafis hanyalah meletakkan gambar-gambar di sana dan di sini dan mengubah mereka sedikit, dan selesailah! Sederhana, mudah dan cepat. Jadi mengapa harus membayar mahal untuk jasa mereka padahal yang mereka kerjakan sangat sederhana? Jika kamu berpikir bahwa desain grafis itu sederhana, mengapa tidak kamu kerjakan sendiri saja? Mengapa menyewa jasa desainer grafis? Tidak pernahkah kamu berpikir bahwa desainer grafis harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan dan minuman, membayar tagihan dan software desain di antara kebutuhan-kebutuhan lainnya? Para desainer grafis juga merupakan profesional, jadi bayarlah mereka sesuai dengan apa yang pantas mereka dapatkan.

5.Desainer grafis bisa melakukan penulisan juga.

desaingrafisKamu harus memahami bahwa desain dan penulisan adalah dua jurusan yang benar-benar berbeda. Klien bertanggung jawab untuk menyediakan teks yang diperlukan di dalam desain; klien bisa menulisnya sendiri atau menyewa jasa penulis profesional, namun yang pasti bukanlah tanggung jawab seorang desainer grafis untuk menyediakan jasa penulisan dan koreksi tulisan.

cetak flyer