Cetak Gratitude Journal – Orang yang percaya diri, akan lebih tahu apa yang sudah mereka dapatkan dan mereka inginkan. Mereka yang percaya diri akan lebih sering membagi kebiasaan yang dilakukan, hingga cara berpikir mereka untuk membantu orang lain mencapai tujuan. Seperti berikut ini ada 11 hal yang tidak dilakukan orang percaya diri.

1. Orang Percaya Diri Tidak Suka Beralasan

orang percaya diri 13-tidak-beralasan

Orang percaya diri selalu bertanggung jawab atas pemikiran dan tindakan yang dilakukan. Bahkan mereka tidak menyalahkan apapun, ketika kegagalan menghampiri. Mereka juga tidak akan membuat alasan palsu atas segala kekurangan yang dimiliki terutama soal waktu. Orang percaya diri selalu berusaha tepat waktu dan terus berkembang sampai hasil terbaik didapatnya.

Baca juga : Tips Membangun Personal Branding yang Perlu Dipahami

2. Orang Percaya Diri Tidak Takut Mengerjakan Sesuatu

orang percaya diri 14-tidak-takut-mengerjakan-sesuatu

Orang yang percaya diri tidak ingin dikendalikan oleh ketakutan. Sebab rasa takut akan membuat mereka merasa tidak berguna sehingga ragu dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan bagi mereka, rasa takut adalah tantangan yang besar untuk menjadi orang yang lebih baik.

3. Oarang Percaya Diri Tidak Suka Menunda Waktu

 

Bagi orang yang percaya diri, menunda waktu merupakan kesalahan terbesar dan membuat mereka rugi. Maka dari itu, orang yang percaya diri tidak memiliki kalimat dalam dirinya seperti ini “menunggu waktu atau kondisi yang tepat”. Sikap tidak suka menunda waktu ini dapat terjadi pada orang yang percaya diri, karena mereka siap dan tidak takut akan perubahan. Bagi mereka, tindakan atau keputusan harus segera dilakukan jika ingin melihat progresnya.

4. Orang Percaya Diri Tidak Membatasi Diri Hanya dengan Satu Rencana

orang percaya diri 15

Orang percaya diri, tidak pernah membatasi diri mereka hanya dengan mengandalkan satu rencana. Mereka lebih suka memanfaatkan potensi diri sendiri yang dimiliki tanpa henti menguji atau introspeksi diri sampai mereka mendapatkan strategi untuk menyelesaikan setiap tantangan. Bahkan setiap ingin menjalankan suatu tindakan, mereka sudah siap dengan rencana A yang paling realistis dijalankan, namun ketika itu gagal mereka juga sudah menyiapkan rencana B, C, dan D sebagai alternatif solusi permasalahan.

5. Orang Percaya Diri Tidak Menerima Secara Langsung Informasi Tanpa Mempelajarinya

orang percaya diri 16

Banyak orang yang ketika menerima sebuah informasi lebih sering menerimanya secara langsung tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Tindakan seperti ini, tidak dilakukan oleh orang percaya diri. Mereka justru akan mengkaji atau mempelajari masalah dengan melihat informasi dari beragam perspektif yang berbeda. Sehingga dapat mengahsilkan sebuah kesimpulan yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

6. Orang Percaya Diri Tidak Bekerja Secara Ragu-ragu dan Tidak Sistematis

orang percaya diri 17

Orang percaya diri sangat berani mengambil keputusan bahkan tindakan yang tepat dan terukur tanpa ragu. Setiap hari dan setiap waktu mereka mengingatkan diri sendiri dengan mantra khusus seperti ini “jika bukan Saya, siapa lagi?” Berpikir dan bertindak secara tidak praktis, sistematis, dan melalui tahapan yang terstruktur membuat mereka semakin yakin dengan hasil akhir.

7. Orang Percaya Diri Tidak Pernah Berhenti Mencoba

orang percaya diri 18

Orang yang percaya diri cenderung lebih mudah untuk bangkit dan mencoba kembali setelah merasakan kegagalan. Sebab, bagi mereka kegagalan merupakan batu loncatan menuju kesuksesan. Bahkan, kegagalan bagi mereka dijadikan sebagai media penelitian dan kemudian mecobanya untuk dimodifikasi dengan tindakan yang baru. Dengan tujuan mencapai kesuksesan melalui cara dan formula yang tepat.

Baca juga : 7 Karakteristik Wanita yang Menghargai dan Percaya Kemampuan Dirinya Sendiri

8. Orang Percaya Diri Tidak Menghindari Masalah Hidup

orang percaya diri 19

Orang percaya diri selalu menganggap masalah dalam hidup sebagai penyakit dan harus diselesaikan segera, agar tidak menjalar ke berbagai hal penting lainnya. Sebab, mereka tahu jika meninggalkan masalah yang belum diselesaikan akan menimbulkan masalah baru di lain hari.

9. Orang Percaya Diri Tidak Suka Membandingkan

orang percaya diri 20

Tipe orang seperti ini, paling tidak suka membandingkan dirinya dengan orang lain. Termasuk dalam hal kesuksesan. Justru mereka lebih suka bersaing dengan diri sendiri dan berusaha untuk lebih baik dari hari kemarin. Mereka selalu berpikir bahwa setiap orang memiliki cerita serta jalan hidup masing-masing. Sehingga membuat perbandingan adalah hal yang tidak wajar dan tidak pantas untuk dilakukan.

10. Orang Percaya Diri Tidak Pernah Kehabisan Ide

orang percaya diri 21

Orang percaya diri akan lebih menyukai beberapa hal baru, sebab itulah mereka tidak pernah kehabisan ide. Orang yang percaya diri selalu berusaha memanfaatkan segala potensi yang dimiliki. Bahkan mereka selalu yakin dengan sesuatu yang dilakukan dan mereka tidak ingin menghakimi kekurangan atas sumber daya. Melainkan yang mereka cari adalah sebuah solusi yang fokus dalam menyelesaikan tantangan.

Baca juga : Bangun Personal Branding Melalui Media Sosial dengan Cara Berikut Ini

11. Orang Percaya Diri Tidak Pernah Menghakimi Orang Lain

orang percaya diri 22

Bagi orang yang percaya diri, mereka tidak suka hal-hal sepele yang terlalu didramatisir. Bahkan mereka, tidak perah memiliki keinginan untuk menghina atau menjelek-jelekan orang lain tanpa sepengetahuannya. Bahkan mereka tidak suka menjelekan orang lain yang berbeda opini serta pemikiran, sebab mereka sudah nyaman dengan diri sendiri dan tidak perlu merendahkan orang lain.

Itulah 11 hal yang tidak dilakukan orang percaya diri. Bahkan Anda dapat meniru salah satu dari sekian hal ini, agar mendapatkan rasa percaya diri. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Sebab, akan membawa banyak manfaat termasuk dalam pemikiran. Orang percaya diri akan selalu berpikir positif mengenai hal apapun, dan itu akan berdampak kepada kesehatan fisik serta rohani orang yang melakukan.