Zaman semakin berkembang, internet pun kian hari melaju semakin cepat. Perkembangan teknologi inilah yang membuat orang semakin banyak yang memilih menekuni pekerjaan online daripada harus berkutat dengan pekerjaan konvensional. Alasannya tentu saja karena dengan bekerja online, mereka tidak perlu keluar rumah. Mereka bisa bekerja dari rumah dan mengatur jam kerja sesuai kebutuhan.

Berjualan online adalah salah satu pilihan banyak orang untuk menghasilkan rupiah lewat internet. Padahal sebenarnya masih banyak pekerjaan online yang bisa mendulang rupiah selain berjualan. Apa sajakah jenis pekerjaan tersebut? Tim Uprint.id akan membagikannya untuk Anda.

Baca juga: Jenis Usaha Sampingan yang Dapat Dilakukan Walaupun Seorang Karyawan

1. Blogger

pekerjaan online blogger

Istilah ini semakin moncer beberapa tahun terakhir, apalagi ketika nama-nama seperti Raditya Dika dan Arif Muhammad wara-wiri di internet. Mereka kini tak hanya sukses lewat kemampuan blogging, namun juga sudah merilis buku, bahkan film. Aktivitas blogging ini cocok untuk Anda yang hobi menulis tapi tidak terlalu nyaman terkekang dengan deadline dan aturan kata kunci yang mengikat. Menjadi blogger Anda bebas menulis sesuai dengan topik yang dikuasai dan disukai. Jika ditekuni, pekerjaan ini bisa menghasilkan banyak rupiah lo.

2. Freelance Content Writer
pekerjaan online social media influencer

Jika Anda suka menulis dan tantangan, maka pekerjaan ini cocok untuk Anda. Selain piawai menulis, seorang content writer juga diharapkan mampu menulis berbagai topik sesuai dengan kebutuhan klien. Hal paling asyik dari menjadi seorang content writer adalah kita jadi bertambah wawasan tiap hari karena dipaksa untuk membaca referensi yang berbeda.

3. Social Media Influencer

pekerjaan online translator

Jika Anda termasuk pengguna media sosial yang aktif dan punya banyak follower, maksimalkan media sosial tersebut menjadi mesin uang. Misalnya Anda bisa menjadi buzzer di Twitter atau Instagram. Tentunya jadilah buzzer yang bercitra positif dan tidak melanggar norma-norma yang ada ya, sahabat Uprint.id. Kalau Anda suka membuat video, buatlah konten menarik di YouTube dan bersiaplah untuk panen rupiah.

Baca juga: 5 Ide Bisnis yang Dapat Dilakukan di Rumah, Salah Satunya Sangat Mulia

4. Maksimalkan Potensi Diri

 

Masih banyak lagi pekerjaan online yang bisa kita lakukan. Intinya cuma satu, temukan potensi diri dan maksimallkan potensi tersebut. Misal, Anda jago berbahasa asing, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi penerjemah online. Jika Anda pintar mendesain logo, kartu nama atau kartu lebaran, Anda bisa membuka jasa desain grafis secara online. Jangan lupa cetak hasil desain Anda di Uprint.id