Setiap orang ingin memiliki tabungan dari hasil kerja mereka, dan membuat perputaran ekonomi menjadi lebih baik. Namun, ada sebagian mereka yang bingung untuk memulai jenis usaha sampingan seperti apa yang tepat bagi seorang karyawan. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan membangun sebuah usaha, lebih baik mengetahui jenis usaha sampingan seperti berikut ini.

1. Laundry Kiloan

jenis usaha sampingan 1

Jenis usaha sampingan ini dapat dikatakan jenis usaha yang menguntungkan. Pasalnya, tidak semua orang rajin mencuci pakaian mereka sendiri terutama anak-anak kos atau karyawan dan karyawati yang tidak sempat mencuci. Mereka akan lebih membutuhkan jasa laundry kiloan, yang hanya dibandrol sekitar Rp. 6.000,- sampai Rp. 8.000,- perkilonya harga yang cukup terjangkau. Apalagi, pakaian juga sudah melalui proses penyetrikaan, para pengguna jasa laundry ini hanya tinggal mengambil pakaian yang sudah siap pakai. Untuk jenis usaha ini, Anda membutuhkan karyawan yang mengontrol jalannya laundry. Jadi jika Anda seorang karyawan, tidak perlu risau dengan pengelolaan usaha, percayakan semua dengan karyawan kepercayaan Anda.

Baca juga : 7 Cara Efektif Membuat Kartu Nama Bisnis Anda sebagai Alat Pemasaran Paling Handal

2. Menjual Pulsa dan Kuota Internet

jenis usaha sampingan 3

Saat ini sudah banyak orang menggunakan fasilitas telepon genggam yang membutuhkan pulsa dan kuota internet. Selain itu, ada juga yang menggunakan listrik berjenis pulsa. Dengan Anda memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, akan memudahkan untuk membuka peluang jenis usaha sampingan yang menguntungkan. Cobalah untuk menjual pulsa dan kuota internet, Anda dapat menjalankannya sendiri sambil melakukan kegiatan di kantor. Sebab, jenis usaha sampingan ini tidak perlu membutuhkan karyawan jika belum banyak pelanggan. Untuk sementara Anda dapat menjalaninya sendiri, tapi juga tidak ada salahnya jika ingin menyediakan lokasi sebagai tempat usaha dan merekrut karyawan untuk mengelola usaha Anda.

3. Membuka Jasa Penerjemah

jenis usaha sampingan 4

Jika Anda memiliki kemampuan untuk berbahasa asing, dapat melakukan jenis usaha sampingan dengan membuka jasa penerjemah. Biasanya usaha sampingan seperti ini dilakukan oleh para freelancer, sehingga waktu yang dibutuhkan tidak harus saat Anda bekerja di kantor. Anda dapat melakukannya setelah jam makan siang atau bahkan saat nanti setelah pulang kantor. Biasanya, para pencari jasa freelance ini mengerti kesibukan si freelancer tersebut. Mereka hanya ingin pekerjaan yang diminta sesuai dan tepat waktu dalam pengerjaannya.

Baca juga : Simak 5 Jurus Ini Agar Tetap Semangat Jalani Bisnis

4. Online Shop

jenis usaha sampingan 5

Anda sebagai seorang karyawan juga dapat menjalani usaha sampaingan seperti membuka online shop atau toko online. Jenis usaha sampingan yang satu ini hanya memerlukan beberapa akses media sosial untuk memasarkan barang-barang yang ingin dijual. Biasanya mereka yang menjalani usaha sampingan ini menjual produk berupa pakaian, makanan, hingga aksesoris yang dibutuhkan oleh orang-orang. Untuk itu, Anda juga harus melakukan riset mengenai apa yang akan laku di pasaran online dan akan selalu dibutuhkan orang. Dengan begitu, akan mempermudahkan Anda menjalani usaha sampingan tersebut.

Baca juga : Emak-emak Jaman Now Butuh Lakukan 3 Bisnis Online Ini Agar Tetap Waras

5. Membuka Jasa Penulisan

jenis usaha sampingan 6

Sama halnya dengan jenis usaha sampingan penerjemah, usaha yang satu ini dapat juga Anda lakukan di luar dari pekerjaan kantor. Anda dapat mengambil pekerjaan ini di beberapa situs online yang menyediakan wadah bagi para freelancer. Jenis usaha sampingan ini, memiliki peluang yang bagus jika Anda dapat konsisten dan tidak mempengaruhi hasil tulisan. Akan lebih bagus lagi jika mengerjakannya sesuai dengan hati Anda, maka tulisan yang dihasilkan akan lebih memuaskan.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan yang dapat dilakukan para karyawan untuk mendapatkan uang tambahan. Salah satunya dapat dikerjakan di rumah setelah pulang kantor atau disela-sela waktu istirahat Anda. Jika dapat dengan teliti melihat kelemahan seseorang seperti rasa malas yang membuat orang enggan bergerak, Anda dapat memanfaatkan kemalasan mereka untuk membuka peluang usaha. Seperti jenis usaha sampingan laundry yang memanfaatkan kemalasan konsumen.