Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Kemungkinan kamu pernah melihat hal ini sebelumnya, karena sempat banyak beredar di Facebook. Hal ini menjadi bukti betapa ajaibnya otak kita saat kita dengan mudah membaca kata yang tak berurutan itu. Sebagian besar dari kita mungkin mengambil kekuatan otak kita begitu saja, bagaimanapun, ini adalah prosesor daya tinggi yang selalu ada dan terus bekerja di latar belakang tubuh kita. Lalu apa hubungan persepsi otak dengan pemasaran bisnis?

pemasaran bisnis dan persepsi otakKetika kita merancang materi pemasaran untuk cetak, sangat layak untuk memahami bagaimana otak kita memproses hal-hal ini. Mereka dapat berdampak pada cara audiens kamu menerima pesan dan ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan.

Y0UR M1ND 15 R34D1NG 7H15 4U70M471C4LLY W17H0U7 3V3N 7H1NK1NG 4B0U7 17

Menurut lifecience, satu penjelasan tentang bagaimana otak mampu membaca kalimat seperti di atas adalah permasalahan konteks. Konteks berfungsi seperti teks predikatif, hanya tentu saja tanpa kegagalan yang memalukan. Otak mengharapkan hal-hal tertentu yang terjadi berikutnya ketika ia melihat pola kata atau huruf tertentu.

Baca juga: Tips dan Trik agar Bisnis Anda Melesat Hanya dengan Cara Ini

Ini bukan sistem yang sempurna sehingga otak kamu dapat mengisi celah untuk menggunakan informasi selanjutnya dalam menambahkan konteks. Dalam bagian pertama misalnya, otak memproses semua huruf sekaligus daripada membaca masing-masing secara individual, sehingga huruf-huruf tersebut saling berhubungan satu sama lain. Dengan contoh kedua, bentuk gaya huruf dari angka dan konteks kata lebih penting daripada digit individu dalam memahami kata.

Konsep yang sama dapat diterapkan pada kalimat secara keseluruhan, di mana proses tersebut memungkinkan otak untuk memprediksi akhir dari kalimat secara akurat. Penampil perlu mencapai titik di mana baik sintaks maupun semantik tidak dapat memengaruhi proses prediksi.

Baca juga: Cara Beriklan agar Bisnis Cepat Dikenal, Siap-siap Kebanjiran Order Nih!

Hal-hal Penting Terkait Pemasaran Bisnis untuk Menaklukkan Persepsi Otak

Hal ini sangat signifikan membantumu dalam proses untuk menulis copywriting pemasaran karena kamu mungkin perlu menyusun kalimat dengan hati-hati untuk memastikan artinya tidak tersirat. Dengan beberapa pemasaran cetak, seperti selebaran atau poster, banyak pemirsa akan membaca teks secara skimming yang lebih mungkin menghasilkan prediksi makna dan dapat menyebabkan kesalahpahaman atau kehilangan informasi.

1. Informasi Penting Dimuat di Depan atau Akhir Kalimat?

pemasaran bisnis dan kalimat penting

Seorang copywriter profesional biasanya telah paham dengan hal ini, menggunakan kalimat-kalimat penting yang dimuat di awal kalimat misalnya, di mana detail-detail kata kunci dan frase-frase pengubah kesan sebuah pesan diletakkan di awal kalimat, ikuti dari ini. Sebagai contoh;

Dimuat di Awal Kalimat:

Booklet A5 dan pencetakan brosur A5 adalah cara terbaik untuk mempromosikan bisnis kamu dan membangun kesadaran merek.

Dimuat di Akhir Kalimat:

Promosikan bisnis kamu dan bangun kesadaran merek dengan booklet A5 dan pencetakan brosur A5.

Peletakan kata kunci di awal atau di akhir kalimat bisa memberikan persepsi yang berbeda. Tergantung pesan apa yang diinginkan oleh penulis.

Baca juga: 9 Ide Pemasaran Berbiaya Rendah yang Dapat Anda Gunakan untuk Promosi Bisnis

2. Mainkan Warnamu

pemasaran bisnis dan mainkan warna

Saat membuat materi pemasaran yang siap cetak, bukan hanya kata-kata dalam teks yang dapat memengaruhi persepsi pesan kamu. Warna yang kamu gunakan untuk desain dan copywriting juga dapat memiliki dampak yang signifikan pada pemasaran bisnis secara keseluruhan.

Kamu mungkin sadar bahwa kita melihat warna karena sinyal cahaya yang mereka refleksikan. Panjang gelombang cahaya yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada neuron lawan di otak. Warna merah merangsang neuron lawan tertentu di retina, tetapi hijau menghambat neuron yang sama. Jadi, jika sinyal hijau dan merah datang secara bersamaan, kamu tidak akan dapat melihat mereka karena mereka secara efektif membatalkan satu sama lain.

Efek yang sama dicapai untuk satu set neuron lawan yang berbeda untuk kuning dan biru, mereka membatalkan satu sama lain dengan memiliki efek stimulasi / penekanan berlawanan. Meskipun ini disebut ‘warna terlarang’, beberapa eksperimen yang menggunakan stabilisasi retina telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk melihat kombinasi warna-warna ini dalam kondisi optimal, meskipun sulit untuk dijelaskan.

Ada kombinasi warna lain yang harus kamu hindari karena sangat sulit dibaca, seperti merah dan biru. Warna kontras yang kuat memainkan malapetaka di otak, membuat hal-hal menari di halaman dan melelahkan mata kita. Ini tidak akan memaksa pemirsa untuk terus membaca selebaran atau surat langsung kamu.

Baca juga: Bagaimana Pemasaran Melalui Media Sosial Bermanfaat bagi Bisnismu?

3. Diskusikan Hasil Desainmu Sebelum Mencetaknya

pemasaran bisnis dan diskusikan

Jika kamu menyewa desainer atau agen profesional untuk memproduksi materi pemasaranmu, sebelum dicetak kemungkinan besar mereka akan mempertimbangkan faktor-faktor ini. Tetapi jika kamu melakukan proses  desain sendiri, cobalah lakukan dua tip pembacaan ini sebelum kamu mencetak materi pemasaran bisnis yang telah dibuat.

  • Pertama, baca teks dari belakang, jadi mulailah dengan kata terakhir dan kembali ke awal kalimat. Ini menghentikan otak kamu dari melompati kata-kata atau kesalahan ketik yang kamu lakukan saat membaca apa yang kamu pikirkan.
  • Kedua, dapatkan sebanyak mungkin orang lain yang tidak terlibat dalam proses pembuatan desain materi pemasaran untuk menjadi relawan dalam membaca teks. Mereka tidak akan memprediksi tulisan dengan cara yang sama seperti penulis yang membuatnya. Mereka juga dapat memberikan saran tentang bagaimana mereka menerima pesan secara keseluruhan dan mengomentari warna dan kemudahan memahami makna tulisan, jadi bersiaplah untuk mendapat kritik konstruktif.

Baca juga: Bisnis Anda Stagnan? Lakukan 4 Strategi Pemasaran Ampuh Ini!

Psikologi Pemasaran Bisnis secara Visual

Jadi, mari kita bicara tentang bagaimana psikologi pemasaran bisnis secara visual dapat membantu bisnis kamu di media sosial.

# 1: Cara Memilih Gambar yang Tepat

pemasaran bisnis dan memilih gambar

Salah satu alasan orang menanggapi gambar adalah bahwa hal itu memengaruhi mereka pada tingkat pribadi atau emosional tertentu. Itulah mengapa sangat penting untuk menghibur target pasar kamu di media sosial.

Jika kamu seorang blogger tekno, tetapi kamu mempromosikan artikel kamu dengan gambar makanan maka itu tidak akan berhasil. Ini memang penjelasan sederhana, tetapi kamu akan terkejut melihat betapa banyak orang melewatkan bagian dari strategi sosial ini. Pastikan gambar kamu berbagi relevansi dengan apa yang tertulis pada artikel kamu di media sosial. Gambar yang baik juga harus memiliki komposisi warna yang tepat dan bisa berbicara kepada pembaca.

Baca juga: Tips Mempromosikan Bisnis dengan Melakukan Pemasaran Konten yang Berpengaruh Penting

# 2: Komunikasi Visual dan Kekuatan

pemasaran bisnis dan kekuatan visual

Gambar selalu mampu berbicara langsung ke otak. Ini adalah proses komunikasi yang harus selalu dipasarkan. Karena 90% dari otak adalah komunikasi visual, kamu tidak boleh meremehkan kekuatan yang ada di pasar sasaran kamu.

“Bersiaplah untuk membangun strategi di sekitar pemasaran visual karena komunikasi visual menjadi sangat penting!”

Apa yang kamu inginkan dari gambarmu? Apakah gambarmu mengomunikasikan pesan secara efektif dan benar kepada pembaca? Sekali lagi, ambil pesan merek kamu, hubungkan dengan apa yang artikel di blogmu coba katakan, dan komunikasikan pesan itu dengan pembaruan media sosial kamu. Meskipun semua ini memicu respons pengguna hanya dalam hitungan nanodetik, proses di balik pembuatan citra yang tepat untuk pemasaran visual kamu dapat menghabiskan waktu.

Pertimbangkan hal-hal berikut ini ketika berkomunikasi secara efektif dengan pemasaran bisnis visual kamu:

  • Wajah: Apakah gambar kamu meliputi wajah manusia? Jika ragu, masukkan wajah. Penelitian telah menunjukkan bahwa kita tertarik pada wajah manusia dalam citra. Gambar wajah selalu menarik pembaca untuk menyelesaikan proses pembacaan iklan yang kamu buat.
  • Tangkapan layar: Hal ini menunjukkan kepada pembaca langsung bahwa kamu akan membantu mereka mencapai sesuatu. Ini adalah bentuk komunikasi yang sangat efektif melalui visual.
  • Latar Depan: Gambar dengan perangkat latar depan besar dan latar belakang buram juga berfungsi dengan baik. Pastikan saja gambar latar depan adalah sesuatu yang dapat dikaitkan dengan orang.
  • Kartun: Semua orang suka gambar kartun yang bagus! Hampir semua orang melakukannya, dan efek tawa membawa pengalaman psikologis yang positif kepada pengguna.

Baca juga: Bisnis Martabak akan Lebih Menarik dengan Teknik Pemasaran Seperti Ini

pemasaran bisnis social media

Pemasaran visual telah menjadi yang terdepan di media sosial. Jika kamu ingin mendorong merek atau bisnismu semakin terkenal di media, maka kamu harus memainkan nada yang tepat. Nada-nada itu akan membangun citra bisnismu. Pemasaran visual berhubungan erat dengan persepsi otak, maka kamu harus benar-benar paham bagaimana otak bekerja merespon kata dan gambar.

Pemasaran visual telah mendunia sejak tahun 2015. Awalnya hanya pemakaian gambar hingga perlahan video mulai digunakan. Kini artikel panjang tidak akan dilirik jika kamu tidak memilih gambar dan video yang bisa menarik pembaca.  Maka manfaatkan alat-alat di sekitarmu untuk membantumu membuat strategi terbaik untuk pemasaran bisnis secara visual sehingga merek bisnismu akan dilirik sepanjang tahun!