Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Ranah bisnis kali ini semakin sering dilirik oleh anak-anak muda yang ingin menjadi seorang pengusaha muda. Bahkan sudah banyak juga yang berpikir untuk masa depan jangka panjang mereka. Seperti bisnis kuliner yang memang menjanjikan, dengan memanfaatkan kebutuhan masyarakat akan makanan. Terutama bagi mereka yang hidup dalam keadaan konsumtif, sudah tentu akan lebih baik beli daripada masak makanan sendiri. Seperti bisnis martabak yang dijalankan oleh anak tokoh penting di Indonesia ini, yaitu anak sang presiden Republik Indonesia.

Gibran, membuka bisnis martabak dengan tujuan untuk melestarikan makanan tradisional. Ternyata bisnisnya sudah semakin banyak membuka cabang, baik di Jakarta maupun di luar Jawa. Nah, bagaimana cara Gibran melakukan pemasaran untuk bisnisnya? Anda dapat mengintip beberapa teknik pemasaran ini. Bahkan, salah satunya ada yang pemasaran dari packagingnya.

1. Menciptakan Produk Makanan yang Menarik

bisnis martabak - 01

Jika Anda ingin membuat bisnis kuliner seperti bisnis martabak, ada baiknya untuk memilih terlebih dahulu jenis martabak apa yang akan Anda buat. Menentukan pilihan bisnis harus dilakukan di awal, setelah itu barulah mencoba untuk eksekusi menu makanan tersebut. Seperti misalnya bisnis martabak pelangi, yang Anda butuhkan adalah beragam jenis toping warna-warni atau adonan yang diberi beragam warna sehingga tercipta warna pelangi.

Baca juga : Tips Penting yang Harus Dipelajari Jika Ingin Menjadi Pebisnis. Salah Satunya Penting Banget!

2. Membuat Variasi Makanan

bisnis martabak - varian martabak

Anda juga dapat membuat beragam variasi makanan dalam bisnis martabak yang akan didirikan. Misalnya seperti adanya menu martabak mini, martabak segitiga, atau hanya martabak aneka toping. Ini juga merupakan teknik pemasaaran yang harus digunakan agar konsumen tertarik dan penasaran dengan bisnis yang Anda dirikan. Biasanya ketika ada sesuatu yang aneh dari segi nama, maka akan membuat konsumen penasaran. Untuk itu, cobalah membuat menu yang unik dan menarik sehingga akan membuat varian makanan beragam.

3. Tarik Perhatian Konsumen dengan Kemasan

bisnis martabak - kemasan 02

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam berbisnis, yaitu pemilihan kemasan. Anda dapat memilih jenis kemasan yang akan digunakan dan harus sesuai dengan desain. Bahkan Anda dapat membuat kemasan yang sesuai dengan bentuk makanannya, misalnya bentuk martabak segitiga maka kemasan yang dibutuhkan berbentuk segitiga. Anda juga dapat membuat kemasan dengan desain yang menarik dan unik. Nah, jika Anda ingin membuat kemasan yang menarik dan unik bisa mencetak desain Anda secara online di Uprint.id.

Baca juga : Sukses Berbisnis Kuliner dengan Menampilkan Keunikan Dari Bentuk Hingga Kemasan

4. Menggunakan Pemasaran yang Tepat

bisnis martabak - brosur

Anda juga dapat menggunakan teknik pemasaran bisnis martabak dengan tepat. Seperti penggunaan brosur, penggunaan banner, penggunaan spanduk, hingga penggunaan poster. Melakukan pemasaran dengan cara konvensional masih dapat dilakukan dan terbilang lebih efektif, terutama penggunaan brosur. Anda dapat menggunakan teknik pemasaran dengan cara penggunaan brosur. Buatlah brosur dengan memberikan informasi yang lengkap dan dapat menjelaskan bisnis tersebut.

5. Membangun Jaringan Partner

bisnis martabak - partnership

Seperti yang dilakukan pebisnis pada umumnya, membangun jaringan bisnis merupakan suatu keharusan. Jika Anda ingin bisnis semakin memiliki cabang dan maju, jangan takut untuk mencoba membangun jaringan bisnis seperti yang dilakukan pebisnis lainnya. Dengan begitu, Anda akan dapat dengan mudah melebarkan sayap usaha Anda. Cobalah, untuk membangun jaringan bisnis dengan sesama bisnis kuliner. Maka, Anda akan mendapatkan keselarasan dalam berbisnis.

Itulah beberapa teknik pemasaran yang harus dilakukan ketika menjalankan bisnis kuliner seperti bisnis martabak. Penggunaan teknik yang tepat dapat berpengaruh juga dengan penjualan. Bahkan, salah satunya harus Anda lakukan yaitu melakukan pemasaran dengan cara menarik perhatian konsumen.