Pengertian dan Manfaat Booklet untuk Kamu Ketahui

Pengertian dan Manfaat Booklet untuk Kamu Ketahui – Tanpa kamu sadari, mungkin sebenarnya kamu sudah sering membaca sebuah booklet. Hampir mirip dengan buku katalog, booklet dianggap sebagai media yang bagus untuk mempromosikan bisnis kepada calon konsumen potensial. Untuk mengenal lebih jauh dengan booklet, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Berikut Pengertian Hingga Manfaat Booklet

Pengertian Hingga Manfaat Booklet
unsplash.com/Nik

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa, mulai dari menggunakan media cetak hingga media online. Salah satu media cetak yang hingga kini masih dijadikan media promosi adalah booklet.

Banyak yang bilang, booklet adalah sebuah buku yang penuh informasi. Mengingat di dalam sebuah booklet menampilkan berbagai informasi seputar suatu bisnis yang ingin dipromosikan. Mirip dengan buku catalog, booklet bisa mempermudah sebuah perusahaan untuk menjelaskan secara detail apa saja produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan.

Meskipun kini booklet sudah mudah untuk dijumpai di mana saja, namun masih banyak kaum awam yang asing dengan istilah booklet. Apakah kamu juga salah satunya? Jika iya, kamu bisa baca artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Booklet?

Jika merujuk pada KBBI, istilah booklet dapat diartikan sebagai buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Nah, sebenarnya istilah booklet sendiri berasal dari kata ‘buku’ dan ‘leaflet’ yang berarti sebuah perpaduan dari buku dan leaflet. Oleh karena itu, booklet dapat didefinisikan sebagai buku berukuran kecil dan biasanya tipis yang digunakan untuk menampilkan produk atau layanan suatu perusahaan.

Kini, booklet cukup sering digunakan oleh perusahaan atau bisnis sebagai media informasi untuk menyampaikan rincian informasi produk yang dimiliki. Dengan menggunakan booklet, perusahaan bisa lebih mudah untuk menjelaskan secara detail apa saja produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Mengenali Perbedaan antara Katalog, Booklet, dan Newsletter

Deretan Manfaat Booklet

Setelah mengetahui pengertian dari booklet, tentu kamu sudah tahu bukan manfaat booklet secara garis besar?  Bagi perusahaan, menjadikan booklet sebagai media promosi offline menjadi sebuah langkah yang praktis. Ketika konsumen menanyakan detail tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan, kamu pun bisa menyerahkan booklet sambil menjawab pertanyaan mereka.

Namun, selain fungsinya yang efisien sebagai media promosi ternyata booklet juga menawarkan aneka keuntungan lainnya, lho. Untuk memahami lebih jauh seputar manfaat dari booklet, yuk simak penjelasan di bawah ini!

1. Berisikan Informasi yang Detail

Berukuran kecil seperti majalah, booklet nyatanya memuat informasi yang dijelaskan secara rinci sesuai yang diinginkan. Dengan booklet, kamu juga bisa menuliskan berbagai kelebihan produk hingga spesifikasinya secara lengkap. Dengan menggunakan booklet, kamu pun bisa membuat calon konsumen memahami dan mendapatkan informasi lengkap atas produk yang diinginkan.

2. Menarik Minat Konsumen dengan Desain Menarik

Menggunakan booklet sebagai promosi akan lebih mudah menarik perhatian konsumen karena booklet cenderung memiliki desain yang menarik. Memadukan banyak warna dan juga desain yang unik dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan.

3. Memangkas Pengeluaran Biaya Promosi

Biaya untuk mencetak sebuah booklet relatif cukup terjangkau. Bahkan, sudah banyak percetakan yang memasang harga lima ribu rupiah sampai sekitar dua puluh ribu rupiah saja untuk mencetak sebuah booklet, lho! Tentunya setiap harga yang ditawarkan tersebut tergantung pada hasil akhir booklet yang kamu inginkan.

Namun, secara umum, biayanya memang lebih terjangkau dibandingkan media promosi lainnya, bukan? Jadi, kamu bisa sedikit memangkas biaya untuk melakukan promosi offline.

Baca juga: 3 Cara Ini Menunjukkan Bagaimana Mengintegrasikan Materi Cetak pada Kampanye Pemasaran Anda

4. Informasi Mudah Dipahami

Karena informasi yang ditampilkan di dalam booklet itu rinci, konsumen yang membaca menjadi lebih mudah memahami tentang produk dan jasa yang dipromosikan. Oh ya, agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.j angan lupa gunakan juga kata-kata atau kalimat sederhana ketika membuat booklet, ya!

5. Memicu Word of Mouth

Memberikan booklet kepada konsumen sering kali memicu konsumen menceritakan produk atau layanan yang kamu miliki kepada teman, keluarga, atau kerabatnya. Konsumen juga cenderung akan mengajak orang terdekat untuk melihat booklet tersebut dan membantu mereka mengambil keputusan terbaik terkait produk atau layanan yang dibutuhkan.

Nah, itu tadi informasi terkait pengertian dan manfaat booklet yang bisa Uprint share kepada kamu semua. Jika dilihat kembali, ternyata banyak sekali ya manfaat dari sebuah booklet? Yuk telusuri blog Uprint.id dan temukan informasi bermanfaat lainnya yang kamu butuhkan, ya!

Untuk cetak booklet dengan cara yang lebih efisien, kini sudah bisa dilakukan secara online, lho! Dengan harga yang terjangkau, Uprint.id hadirkan percetakan online yang sangat mempermudahmu. Uprint.id, bisa buat kamu cetak kebutuhan promosi. Mulai dari booklet, brosur, cetak flyer, dan lainnya!

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Bingkisan: Menghadirkan Kebaikan dalam Setiap Bungkus

Bingkisan adalah simbol kebaikan, cinta, dan perhatian yang telah...

Ganti Background Foto: Merubah Citra dengan Sentuhan Ajaib

Ganti background foto menjadi salah satu pengalaman visual kita...

Custom Paper Bag: Solusi Ramah Lingkungan yang Kreatif dan Berdaya Saing

Custom paper bag telah menjadi salah satu solusi yang...

Ide Hamper Lebaran yang Menginspirasi: Temukan Solusinya di Uprint

Ide hamper lebaran yang di wujudkan pada momen yang...