Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Penutup makalah – Makalah merupakan sebuah karya tulis yang membahas mengenai satu topik khusus, dan ditulis secara sistematis. Dalam makalah tidak hanya berisi mengenai ulasan saja, melainkan ada beberapa bagian terpenting yang akan membuat makalah menjadi lebih jelas. Bahkan, makalah harus disertai dengan analisis yang logis dan objektif. Makalah memiliki banyak manfaat. Seperti beberapa manfaat berikut.

  • Dapat belajar memahami suatu masalah dan mencari solusi.
  • Membuka pikiran untuk memahami yang sedang terjadi.
  • Dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari secara langsung.

contoh-penutup-makalah 02

Makalah juga dibagi ke dalam beberapa jenis seperti makalah deduktif, makalah induktif, dan makalah campuran. Ketiga jenis makalah ini memiliki perbedaan. Jika Anda ingin membuat makalah, perhatikan juga cara penyusuan mulai dari pembuka sampai penutup makalah. Seperti berikut ini contoh penutup makalah yang baik, dan dapat menjadi panduan Anda ketika membuat makalah. Namun sebelumnya, Anda harus memahami dahulu mengenai penutup makalah, seperti pada ulasan berikut.

Baca juga : Saatnya Mengganti Modul Materi Presentasi yang Konvensional dengan Modern. Klik Disini!

Penutup makalah adalah bagian yang mengungkapkan kesimpulan dan saran secara singkat mengenai isi dalam pembahasan. Bagian ini juga sering disebut sebagai bab kesimpulan. Pada bab kesimpulan ini, Anda harus menuliskan kesimpulan secara lengkap dan rinci dari pembahasan. Bagian penutup makalah sebaiknya memenuhi beberapa syarat seperti tidak bertele-tele, fokus merangkum bagian isi makalah, tidak memberikan saran diluar pembahasan. Berikut penjelasan mengenai syarat untuk penutup makalah yang baik.

  • Tidak Bertele-tele

Maksudnya adalah, penjelasan yang Anda tulis harus jelas dan tidak rumit untuk dicerna pembaca. Penggunaan kalimat yang efektif sangat dianjurkan. Hal itu untuk mempermudah pembaca memahami hasil dari penelitian Anda dalam makalah. Jika, Anda harus memilih hanya bagian penting dari pembahasan dan tidak perlu menjelaskan hal lain di bagian penutup.

  • Fokus Merangkum Isi Makalah

Kesalahan yang sering terjadi saat membuat penutup makalah adalah, penulis tidak fokus ketika merangkum isi makalah. Sehingga bab kesimpulan menjadi tidak memiliki fokus yang tepat. Padahal, pada bagian penutup Anda hanya harus fokus menyampaikan kesimpulan dari isi makalah. Untuk itu, Anda harus melihat poin-poin data penelitian dari bagian pembahasan. Dengan begitu, penulisan bagian penutup tidak akan sulit dan mudah dilakukan.

  • Memberikan Saran yang Tepat

Untuk membuat saran pada penutup makalah, harus sesuai dengan tema dan isi makalah. Pada bagian saran ini, sebaiknya Anda tidak melebarkan pembahasan ke arah yang lain. Cukup dengan membahas mengenai isi penelitian Anda.

Baca juga : Contoh Cover Makalah dan Tutorial Pembuatannya yang Sering Digunakan

Itulah beberapa syarat untuk Anda membuat penutup makalah. Jika Anda ingin melihat penyusunan penutup makalah, simak contoh penutup makalah berikut ini.


Contoh Penutup Makalah 1

Bab III

Penutup

1. Kesimpulan

Tokoh Tya dalam novel “Catatan Musim” karya Tyas Efendy memiliki psikologis yang naik dan turun. Namun dia tetap dapat mengendalikan perasaan saat satu waktu dipertemukan dengan kondisi yang menyakitkan. Seperti saat ditinggalkan Gema ke Lille, dan kemudian ia menyusul. Namun yang didapat adalah pria itu alias Gema menjauh darinya. Saat itulah perasaan Tya hancur dan merasa tidak memiliki tenaga untuk menghadapinya.

Seiring berjalannya waktu, Tya mengikhlaskan semua hal yang sudah terjadi, dan mulai kembali menata kehidupannya walaupun tetap berada di Lille. Sampai menghabiskan waktu untuk mengikuti komunitas pecinta buku di daerah dekat apartemennya. Dari sanalah Tya mulai menemukan sesuatu yang belum pernah dirasakan, yaitu kasih sayang yang sebenarnya dan kepedulian dari teman-teman clubnya tersebut.

2. Saran

Novel ini bercerita mengenai sebuah hubungan, namun ada baiknya untuk membuat kelanjutan dari bagian terakhir dengan background cerita yang berbeda. Pada halaman akhir, penulis menceritakan kisah Tya dan Gema akhirnya menikah walau dengan kondisi cacat karena adanya penyakit yang menyebabkan sebelah kakinya harus diamputasi. Jika, dilanjutkan bagian setelah menikah akan lebih bagus lagi.


Contoh Penutup Makalah 2

Bab III

Penutup

1. Kesimpulan

Menurut hasil riset yang kami lakukan, minat pembaca buku di daerah ini sangat minim sekali. Bahkan, tidak adanya fasilitas bagi penduduk untuk mendapatkan buku. Hal ini sangat di sayangkan, karena di era digital seperti ini masih ada sebuah desa yang tidak memiliki minat baca. Padahal biasanya, orang yang jauh dari perkotaan akan lebih senang membaca. Sebab dari membaca mereka mendapatkan informasi penting.

Setelah melihat kondisi seperti itu, kami memutuskan untuk memberikan waktu membaca buku selama seminggu. Dalam waktu sehari mereka dianjurkan membaca buku maksimal dua buku. Ternyata hasilnya, hari pertama dan kedua sama sekali tidak ada yang berkunjung ke perpustakaan buatan kami. Pada hari ketiga, mulailah ada yang mengunjungi perpustakaan walaupun belum banyak. Hanya ada satu atau tiga anak saja. Setelah itu mereka mengajak teman lainnya untuk mengunjungi perpustakaan. Puncaknya di hari keempat sudah banyak yang mengunjungi dan berniat untuk meminjam sebuah buku. Hasil yang di luar dugaan, dengan tumbuhnya minat baca ini akhirnya perpustakaan diperpanjang untuk selamanya mereka ingin membaca.

2. Saran

Setelah berhasil meriset kondisi dan situasi di desa tersebut, kami memiliki saran untuk dibangunnya sarana membaca yang tidak hanya untuk anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Inilah yang dapat dikatakan sebagai “habis gelap terbitlah terang”. Gelap yang dimaksudkan adalah kurangnya minat baca, sedangkan terang di sini adalah mulai tumbuh minat membaca masyarakat di desa Boa.

Untuk hal seperti ini seharusnya, tidak luput dari pandangan pemerintah. Sebab ini ada sangkutannya dengan rakyat yang sangat berbahaya jika terus berlanjut. Bagaimana negara akan maju, jika masyarakat atau rakyatnya tidak ada minat membaca.

Itulah dua contoh penutup makalah yang dapat Anda jadukan panduan ketika hendak membuat penutup makalah. Berikan penjelasan yang rinci dan tepat, agar tidak membingungkan pembaca. Selamat mencoba!