Cara Mempercantik Ruangan dengan Hiasan Kertas Kado

Umumnya, kertas kado dimanfaatkan sebagai pembungkus hadiah agar nampak lebih cantik saat diberikan pada seseorang. Faktanya, kertas kado juga bisa bernilai lebih sebagai bahan utama dekorasi ruangan di dalam rumah. Anda ingin menciptakan desain interior yang unik dan berbeda dari kebanyakan rumah pada umumnya? Inilah cara mempercantik ruangan dengan hiasan kertas kado, dijamin murah namun tetap bisa menampilkan kesan mewah.

Oh ya, pastikan Anda juga sudah menyiapkan kertas kado dengan motif-motif lucu dan warna yang cerah sesuai dengan selera. Tenang, Anda tak perlu mengeluarkan banyak dana, cukup bermodalkan kreativitas dan ketekunan saja. Let’s try!

Wallpaper

Cara termudah mempercantik ruangan dengan kertas kado adalah memasangnya sebagai wallpaper. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengukur panjang dan lebar dinding yang akan ditempeli kertas kado. Selanjutnya, siapkan kertas kado dengan corak dan gambar yang diinginkan sesuai ukuran dinding. Tempelkan isolasi double tape pada bagian belakang kertas kado, lalu tempelkan kertas kado dimulai dari bagian atas dinding. Lakukan secara hati-hati dan teliti agar gambar sesuai dengan pola kertas kado.

Wallpaper dari kertas kado ini juga bisa menyembunyikan dinding ruangan Anda yang retak atau bolong. Biaya yang harus Anda keluarkan tentu lebih sedikit jika dibandingkan dengan biaya membeli cat dan jasa tukang untuk mengecat ruangan. Namun, sebaiknya tidak menempelkan wallpaper kertas kado di dinding kamar mandi sebab jika basah terkena air, maka kertas kado akan mudah robek dan  rusak.

Hiasan Kupu-kupu Kertas

Anda juga bisa berkreasi dengan menciptakan kupu-kupu dari kertas kado layaknya melipat dengan origami. Untuk membuat hiasan dinding yang satu ini, Anda bisa menggunakan kertas kado polos ataupun bermotif. Buat pola kupu-kupu dalam jumlah banyak, minimal 50 pola. Jika hanya sedikit, maka dinding ruangan Anda justru akan terlihat ganjil. Kemudian, gunting kertas kado tadi sesuai dengan pola yang telah dibuat.

Selanjutnya, untuk menambah kesan unik, Anda bisa sedikit melipat kupu-kupu kertas tepat pada bagian tengah punggungnya sehingga membentuk efek kupu-kupu terbang. Tempelkan pada dinding ruangan sesuai dengan keinginan Anda. Disarankan Anda memilih warna kertas kado yang kontras dengan cat dinding agar hiasan nampak nyata seolah benar-benar ada kupu-kupu terbang di sana.

Hiasan Kipas 2 Dimensi

Kalau biasanya Anda membungkus hadiah dengan kertas kado yang dilipat ke depan dan belakang secara bergantian seperti sebuah kipas tangan, maka sekarang ini Anda juga bisa mempercantik ruangan dengan cara yang sama. Anda bisa memanfaatkan lebih dari satu motif dan warna kertas kado untuk menghasilkan hiasan kipas dua dimensi yang unik di dinding rumah Anda.

Lipat kertas kado menjadi beberapa kipas, kemudian gunting miring bagian ujung kertas kado agar membentuk pola bergelombang sesuai lipatan kertas. Setelah semua kertas dilipat, tekuk bagian tengah hingga menyatu di bagian ujung kertas. Olesi bagian tengah kertas dengan lem kertas agar berbentuk kipas. Gabungkan semua kertas kado yang telah berbentuk kipas tadi. Anda bisa menggabungkan tiga kipas untuk menjadi sebuah bundaran kipas kecil. Jika ingin ukuran yang lebih besar, Anda bisa menggabungkan 5-7 kipas sekaligus. Tempelkan ke dinding dengan menggunakan double tip dan jadilah hiasan kertas kado anda yang murah meriah.

Hanya bermodalkan kertas kado dan kreativitas, Anda sudah mendapat desain interior ruangan yang lebih cantik. Suasana ruangan yang indah tentu membuat Anda nyaman berada dalam waktu lama di dalamnya. Tunggu apalagi? Yuk, buat hiasan kertas kado Anda sendiri!

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

5 Manfaat Berinvestasi Sejak Dini yang Perlu Diketahui

Banyak yang mengatakan, bahwa generasi millenial saat ini akan...

Sejarah Cap Gomeh yang Perlu Diketahui

Cap go meh berasal dari dialek Hokkian yang bila...

8 Unique Foods Eaten by People on Earth

There are a lot of unique foods served in...

Desain Thank You Card Agar Ucapan Terima Kasih Berbeda

Thank you card, merupakan jenis kartu yang digunakan untuk...