Paper cup sering kali dianggap sebagai wadah praktis saat seseorang tak memiliki cukup banyak waktu untuk menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi. Bahkan, hampir seluruh pelaku bisnis kedai kopi menyediakan kemasan paper cup dalam berbagai ukuran demi melayani kebutuhan ngopi para pelanggannya. Padahal, wadah yang menyerupai gelas ini kurang ramah lingkungan karena hanya sekali pakai lalu dibuang begitu saja. Sebenarnya, masalah penggunaan paper cup yang kurang ramah lingkungan ini bisa diatasi dengan baik dalam bisnis kedai kopi. Perlu Anda ketahui, sebagai pelaku bisnis kedai kopi, ada banyak produk paper cup yang bisa digunakan untuk menghadapi situasi ini. Anda tetap bisa mencapai tujuan bisnis dan memperoleh keuntungan. Nah, perhatikan tiga hal ini saat Anda memilih paper cup untuk bisnis kedai kopi yang lebih ramah lingkungan.

1. Pilih Disposable Paper Cup dengan Insulasi Ganda

01_bisnis_kedai_kopi

Keselamatan dan kesehatan penikmat kopi tentu menjadi hal terpenting yang harus Anda utamakan. Pilihlah disposable paper cup yang dilengkapi dengan teknologi thermo-grip, yang merupakan dinding insulasi ganda sehingga mampu menahan panas. Jenis paper cup ini juga lebih ramah lingkungan sebab dapat dengan mudah terurai saat berada di dalam tong sampah.

Di sisi lain, disposable paper cup dengan insulasi ganda ini akan membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu membeli tatakan ekstra. Anda akan semakin hemat lagi sebab tak perlu menerapkan double cup seperti yang biasanya dilakukan kedai-kedai kopi yang paper cup-nya tidak tahan panas.

2. Gunakan Biodegradable Paper Cup

03_bisnis_kedai_kopi

Yang dimaksud dengan biodegradable adalah paper cup yang didapat dari hasil daur ulang. Ini adalah cara terbaik untuk memilih produk ramah lingkungan di dalam kedai kopi Anda. Biodegradable paper cup juga berarti bahwa wadah ini akan benar-benar rusak dan akan kembali ke alam, tanpa mengendap terlalu lama di tempat pembuangan akhir yang berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan.

Beberapa biodegradable paper cup bahkan bisa Anda jumpai terbuat dari bahan-bahan kompos. Artinya, produk ini tidak hanya akan rusak dengan sendirinya dalam waktu singkat, tapi juga akan berubah menjadi makanan kaya nutrisi untuk tanah di lingkungan sekitar Anda. Menggunakan paper cup jenis ini tentunya akan meminimalkan jejak karbon di udara.

3. Carilah Warna dan Desain Unik

02_bisnis_kedai_kopi

Bisnis kedai kopi Anda memerlukan identitas yang berbeda dari ratusan kedai kopi lainnya. Di sinilah Anda harus memutuskan apa yang membuat produk Anda lebih istimewa. Jika Anda mendukung produk ramah lingkungan, carilah paper cup dengan kemasan yang diberi stempel produk hijau. Stempel produk berwarna hijau ini biasanya diberikan sebagai label untuk semua produk ramah lingkungan yang dijual di pasaran.

Anda juga bisa mencari paper cup dengan warna cerah dan desain unik. Pastikan Anda menciptakan ikon paper cup yang belum pernah ada sebelumnya untuk membuat kedai kopi Anda stand out dari yang rata-rata menggunakan paper cup biasa. Tenang saja, semua paper cup warna-warni ini dibuat dengan menggunakan tinta berbasis air, yang sebagian besar merupakan sumber daya terbarukan, jadi Anda tidak perlu mengorbankan lingkungan untuk kemasan kopi yang cantik.

Bagaimana dengan paper cup yang digunakan di kedai kopi Anda? Pastikan Anda mendukung penggunaan produk ramah lingkungan untuk meminimalisir dampak negatif dari kemasan yang Anda gunakan. Let’s save our earth!