Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Persiapan menjelang Lebaran merupakan hal yang utama dilakukan sebelum hari raya tiba. Tujuan mempersiapkan semuanya adalah, agar rumah terlihat lebih rapi, bersih, dan tentunya siap menyambut hari raya dan para tamu yang berkunjung. Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan untuk menyambut hari raya. Seperti persiapan menjelang Lebaran berikut ini yang harus dipersiapkan.

1. Bersihkan dan Hias Rumah

persiapan-menjelang-lebaran-bersih-bersih-rumah

Persiapan menjelang Lebaran yang pertama kali dilakukan adalah bersihkan dan hias rumah. Membersihkan rumah memang sebuah keharusan, tidak hanya menjelang Lebaran saja. Namun, pada saat lebaran dimaksudkan untuk menerima kehadiran tamu yang akan berkunjung ke rumah. Jangan lupa juga menghias dengan ragam wewangian. Biasanya menjelang Lebaran setiap rumah memiliki pengharum ruangan yang alami. Seperti menggunakan bunga hidup sebagai pengharum ruangan. Anda dapat juga menggunakan bunga hidup atau bahkan pengharum ruangan beraroma menyegarkan.

Baca juga : Manfaat Memberikan Kartu Ucapan Lebaran untuk Memeriahkan Hari Raya

2. Berbelanja Bahan Makanan

persiapan-menjelang-lebaran-berbelanja

Selain membersihkan dan menghias rumah, yang perlu dipersiapkan adalah berbelanja bahan makanan. Beli bahan makanan ini ditujukan untuk para tamu yang berkunjung ke rumah. Biasa bahan makanan yang dibeli berupa kue kering, snack, permen, dan minuman. Selain untuk ketersediaan makanan tamu, Anda juga harus mempersiapkan bahan makanan utama. Menu yang paling ditunggu saat Lebaran tiba adalah sayur dan ketupat. Menu makanan utama ini, juga dapat disajikan untuk hidangan para tamu.

3. Menyiapkan Angpao Lebaran

Persiapan menjelang Lebaran berikutnya adalah angpao Lebaran. Persiapan yang satu ini sudah pasti tidak dapat dilewati. Mempersiapkan angpao lebaran merupakan hal yang juga paling ditunggu. Biasanya beberapa hari sebelum lebaran tiba, banyak orang yang mulai menukarkan uang nominal kecil untuk dimasukan ke dalam angpao Lebaran. Nilai rupiah yang biasanya ditukarkan adalah pecahan 2 ribu hingga 5 ribu rupiah. Agar angpao Lebaran terlihat unik, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Atau Anda dapat membuat desain sendiri dan dicetak secara custom di Uprint.id. Tersedia ragam pilihan desain, template, ukuran, bahan kertas yang dapat digunakan.

4. Mencuci Perlengkapan Pakaian

persiapan-menjelang-lebaran-mencuci-perlengkapan-sholat

Hari raya Lebaran harus mempersiapkan perlengkapan sholat dan pakaian yang akan digunakan. Tentunya, perlengkapan sholat dan pakaian yang bersih, tidak harus beli perlengkapan yang baru, cukup dengan mencuci perlengkapan seadanya. Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian yang bersih dan layak. Sebab, hari raya merupakan perayaan terbesar dan merupakan hari spesial bagi umat muslim.

Baca juga : Tradisi Lebaran yang Selalu Dilakukan Setiap Tahunnya

5. Mengemas Bingkisan Lebaran

Tidak sedikit juga orang yang mempersiapkan beberapa hal untuk merayakan hari raya. Salah satunya seperti mengemas bingkisan Lebaran untuk kerabat kerja, klient, atau orang terdekat lainnya. Selain dapat mengemas bingkisan sendiri, Anda dapat memesannya secara online. Jika Anda memesan bingkisan Lebaran secara online, pastikan memilih isi bingkisan yang bermanfaat dan berguna bagi penerima. Sehingga bingkisan dari Anda dapat memberikan manfaat berharga.

Itulah persiapan menjelang lebaran yang perlu dipersiapkan. Pastikan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatu beberapa hari sebelum hari raya Lebaran tiba. Terutama hidangan hari raya yang dipersiapkan sebelumnya.