Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Lebaran adalah momen terbesar bagi umat muslim di seluruh Dunia. Ragam tradisi akan Anda temui ketika memasuki bulan Ramadhan tiba hingga Lebaran. Tidak jarang jika banyak orang memanfaatkan momentum seperti ini, mulai dari berjualan makanan hingga pakaian Lebaran. Bahkan ada beberapa tradisi Lebaran yang selalu dilakukan, seperti berikut ini.

1. Memberikan Kartu Ucapan Lebaran

Mencetak kartu Lebaran dan memberikannya kepada kerabat, sahabat, atau klien perusahaan merupakan hal yang perlu dilakukan. Buatlah kartu ucapan Lebaran dengan desain yang menarik dan unik. Jangan lupa juga untuk memberikan ucapan di dalamnya. Tulislah sebuah kalimat yang memiliki arti mendalam. Selain itu, ada baiknya untuk menulisnya dengan menggunakan tulisan tangan. Sehingga penerima akan lebih merasa terhormat menerima kartu ucapan lebaran yang ditulis tangan tersebut.

Baca juga : Cetak Kartu Ucapan Lebaran Dengan Cepat dan Online di Uprint.id

2. Memberikan Hampers

tradisi-lebaran-memberikan-hampers

Bagi perusahaan tentu tradisi Lebaran yang satu ini sudah tidak asing lagi. Memberikan bingkisan berupa hampers atau parsel adalah hal yang lumrah terjadi. Tidak hanya untuk perusahaan saja, Anda juga dapat memberikan bingkisan secara personal kepada sahabat atau bahkan kerabat dekat. Berikanlah bingkisan yang memiliki nilai fungsi. Misalnya berupa makanan, Anda dapat memberikan bingkisan seperti ini dan dikemas dengan cara yang menarik dan unik.

3. Memberikan Angpao Lebaran

tradisi-lebaran-memberikan-angpao-lebaran

Tradisi yang satu ini juga tidak pernah tertinggal. Terutama paling ditunggu oleh anak-anak setiap Lebaran tiba. Agar terkesan berbeda, Anda dapat mencetak angpao Lebaran dengan desain dan template secara custom. Buatlah desain template yang lucu, dan menggambarkan kesan anak-anak. Jika Anda hanya memiliki waktu sebentar, karena ingin mudik ada baiknya melakukan cetak secara cepat dan online di Uprint.id. Anda dapat menggunakan template dan desain secara gratis. Selain memudahkan, Anda juga dapat lebih menghemat waktu.

4. Memberikan Masakan

Tidak sedikit juga orang yang selalu memberikan masakan untuk tetangga atau kerabat. Tradisi Lebaran seperti ini, sering dilakukan. Terutama di pedesaan yang mayoritas masyarakatnya masih melestarikan tradisi. Biasanya membagikan atau memberikan makanan ini terjadi saat pagi hari Lebaran atau malam takbir sedang berlangsung.

Baca juga : 3 Cemilan Khas Lebaran Ini Nggak Kalah Tenar dari Deretan Kue Kering

5. Open House

tradisi-lebaran-open-house

Tradisi Lebaran yang satu ini juga selalu dilakukan saat hari raya tiba. Selain menerima tamu, kegiatan yang dilakukan adalah saling bercengkrama dan menyantap kudapan Lebaran. Biasanya open house diadakan selama sehari atau dua hari. Tuan rumah harus menyediakan ragam makanan sebagai bahan sajian untuk tamu.

Itulah beberapa tradisi Lebaran yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Bahkan ada beberapa kegiatan seru lainnya seperti takbir keliling, membuat ketupat bersama, hingga perayaan bermain kembang api. Hal ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya.