Bagi mereka yang suka traveling, menjadi seorang travel blogger memang terdengar menyenangkan. Namun kini, situs yang menyajikan konten traveling sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Lalu bagaimana mengemas konten yang menarik perhatian pembaca agar menonjol dari tulisan lainnya? Berikut ini rahasia membuat konten travelling yang bermanfaat bagi pembaca.

1. Penggunaan Gaya Bahasa

membuat-konten-travelling-02

Dalam membuat konten, terutama konten travelling harus menggunakan gaya bahasa yang tepat. Hal ini diperlukan untuk membuat pembaca betah berlama-lama membaca postingan Anda. Jangan pernah takut untuk mengambil cerita yang berbeda dari semua penulis konten travelling. Bahkan ini akan membuat Anda memiliki ciri khas tersendiri.

Baca juga : Solo Traveling Akan Aman Jika Melakukan Hal-hal Penting Seperti Ini. Terutama untuk Wanita!

2. Menentukan Topik Pembahasan

membuat-konten-travelling-03

Penulis harus mampu memilih satu fokus untuk perencanaan konten jangka panjang, misalnya tulisan yang khusus berisi panduan, cerita mistis, drama perjalanan atau sesuatu yang lebih serius seperti sejarah, budaya, dan lainnya. Hal ini merupakan rahasia membuat konten travelling yang harus dipahami. Jangan asal dalam menentukan topik pembahasan jika tidak ingin tulisan Anda sepi pengunjung.

3. Membuat Konten yang Jujur

membuat-konten-travelling-04

Jujur merupakan kunci utama dalam meraih kesuksesan, begitu juga dalam membuat konten travelling. Cobalah untuk menceritakan semuanya secara jujur. Terutama jika Anda bekerjasama dengan beberapa sponsor, sudah tentu harus menuliskannya sesuai yang dirasakan selama berlibur.

4. Tetap Fokus Pada Satu Topik

membuat-konten-travelling-01

Jangan lupa juga untuk tetap fokus dalam membuat konten. Sebab, jika Anda sibuk dengan mempromosikan di media sosial maka akan mudah kehilangan fokus untuk disampaikan kepada pembaca. Bahkan akan membuat tulisan Anda terasa hambar, terlalu dibuat-buat, dan kurang menggugah emosi pembaca. Jika ingin mempromosikan sponsor, Anda hanya perlu menyisipkannya saja dalam sebuah tulisan. Dengan begitu akan lebih efektif juga untuk beriklan. Misalnya, memberikan backlink yang menuju ke website si sponsor di antara tulisan Anda tersebut.

Baca juga : Tips Travelling dengan Buah Hati Agar Lebih Menyenangkan

5. Hindari Judul Tulisan yang Click-Bait

membuat-konten-travelling-05

Cobalah untuk menulis judul yang sesuai dengan fakta lokasi liburan. Ini merupakan rahasia membuat konten travelling yang perlu diperhatikan bagi Anda. Jangan sampai pembaca merasa tertipu hanya dengan sekali klik setelah mengetahui dan membaca judul yang Anda berikan. Dengan begitu, selamanya pembaca akan mudah mengingat bahwa tulisan Anda tidak sesuai dengan kenyataan, dan masuk ke dalam kategori penipuan publik. Selain itu, teruslah untuk konsisten dalam menyampaikan informasi kepada pembaca.

Itulah beberapa rahasia membuat konten travelling yang bermanfaat bagi pembaca. Terutama jika Anda adalah seseorang yang berpengaruh terhadap netizen. Pastikan semua informasi dapat membantu para pembaca. Tidak hanya berupa harga tiket masuk, biaya selama perjalanan saja, melainkan beberapa hal yang perlu dan harus diceritakan. Seperti pengalaman Anda ketika menuju tempat wisata tersebut, kesulitan atau ada opsi lain yang dibutuhkan para pengunjung. Dengan begitu, tulisan Anda akan jauh lebih bermanfaat karena dapat menuliskannya dengan rinci dan secara lengkap.