Serambi Indonesia – Keberagaman budaya serta banyak hal lainnya, menjadikan negara dengan rempah terbesar ini sebagai serambi Indonesia. Serambi merupakan sebuah lokasi seperti pelataran rumah yang sering sekali digunakan untuk bersantai. Namun, dalam konteks yang berbeda, serambi juga dapat dikatakan sebagai penghubung antara satu lokasi dengan lokasi lainnya. Seperti halnya sebutan untuk daerah Aceh dengan serambi Mekah. Singkat cerita, beberapa puluh tahun yang lalu masyarakat Indonesia maupun muslim lainnya yang ingin berhaji harus melalui Nanggroe Aceh Darussalam sebagai destinasi pertama menuju Mekah. Sebab, pada zaman itu belum ada pesawat yang mengantarkan peserta haji dari Indonesia. Hingga akhirnya mereka menggunakan transportasi kapal laut dengan pemberangkatan awal dari Aceh. Selain itu juga, mayoritas warga atau masyarakat Aceh merupakan penduduk muslim. Sehingga patut mendapatkan julukan sebagai serambi Mekah.

Sedangkan serambi Indonesia ini merupakan julukan karena Indonesia memiliki banyak kebudayaan serta ragam suku. Tidak ada salahnya jika mendapat predikat serambi Indonesia. Seperti berikut ini beragam kebudayaan yang ada di Indonesia, mulai dari budaya hingga makanan khas masing-masing daerah.

1. Jakarta

serambi-indonesia-09-makanan-khas-jakarta

serambi-indonesia-08-kebudayaan-jakarta

Kata Betawi sebenarnya berasal dari kata “Batavia,” yaitu nama kuno Jakarta yang diberikan oleh Belanda. Penduduk Betawi merupakan komunitas penduduk di Jawa (Pulau Nusa Jawa) yang berbahasa Melayu, hingga akhirnya disebut sebagai orang Betawi. Orang Betawi ini disebut juga sebagai orang Melayu Jawa. Merupakan hasil percampuran antara orang-orang Jawa, Melayu, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, Manado, Timor, Sunda, dan mardijkers (keturunan Indo-Portugis) yang mulai menduduki kota pelabuhan Batavia sejak awal abad ke-15. Jakarta memiliki seni budaya yang tidak sedikit seperti tari topeng, sedangkan kulinernya yang terkenal adalah kerak telor.

2. Nusa Tenggara Barat

serambi-indonesia-21-makanan-khas-NTB

serambi-indonesia-20-kesenian-khas-NTB

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak dibarat dan Sumbawa yang terletak ditimur. Ibukota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di pulau Lombok.

3. Jawa Barat

serambi-indonesia-01-makanan-khas-jawa-barat

serambi-indonesia-02-kebudayaan-jawa-barat

Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang terpadat penduduknya di Pulau Jawa. Wilayah Jawa Barat sangat kental sekali dengan adat sunda dan betawi. Adanya adat betawi, karena wilayah ini berdekatan dengan Jakarta yang kental akan budaya Betawi. Selain itu banyak juga orang Betawi yang menetap di Jawa Barat. Bandung merupakan ibu kota dari Jawa Barat yang memiliki beragam budaya serta kuliner. Kebudayaan yang terdapat di Bandung adalah tari merak. Sedangkan kulinernya yang khas adalah tutug oncom dan masih banyak lagi lainnya.

4. Jawa Tengah

serambi-indonesia-18-makanan-khas-jawa-tengah

serambi-indonesia-04-kebudayaan-jawa-tengah

Jawa Tengah menjadi sebuah provinsi yang terletak di tengah pulau Jawa. Pulau ini berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat untuk sebelah barat. Mempunyai luas wilayah sekitar 32.548 km persegi atau sekitar 25 persen dari luas Pulau Jawa. Provinsi ini juga meliputi Pulau Nusa Kambangan serta Kepulauan Karimun Jawa yang berada di Laut Jawa. Kebudayaan yang ada di Jawa Tengah adalah kesenian wayang, sedangkan kulinernya memiliki sayur garang asem, gudeg, dan masih banyak lagi.

5. D.I.Y Yogyakarta

serambi-indonesia-16-makanan-khas-yogyakarta

serambi-indonesia-17-kebudayaan-khas-yogyakarta

Yogyakarta merupakan daerah istimewa yang berada di sebuah provinsi yang berdasarkan wilayah Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualam. Memiliki kebudayaan hingga kuliner yang disajikan beragam. Mulai dari tari bedhaya hingga makanan khasnya yaitu gudeg jogja.

6. Jawa Timur

serambi-indonesia-06-makanan-khas-jawa-timur-rawon

serambi-indonesia-05-kebudayaan-jawa-timur

Kebudayaan daerah Provinsi Jawa Timur banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dari beberapa suku bangsa yang mendiami wilayah ini. Namun demikian, unsur kebudayaan Jawa masih sangat dominan. Kebudayaan yang kental adalah tari Remo, sedangkan makanan khas Jawa Timur adalah rawon.

7. Banten

serambi-indonesia-11-kebudayaan-banten

Banten adalah daerah yang berada di Barat pulau Jawa. Daerah ini sangat dekat dengan Jakarta, sehingga mudah dijangkau jika ingin berkunjung ke Banten. Banyak jenis kesenian yang perlu diketahui, dari mulai kesenian debus hingga saren taun. Kesenian saren taun ini menjadi warisan budaya Indonesia dari Banten yang dilakukan masyarakat Cisungsang, Lebak. Seren tahun adalah ritual tahunan yang berarti menyimpan padi di lumbung. Seren tahun dilakukan oleh Kasepuhan Cisungsang yang terdiri dari empat desa yaitu Cicarucub, Bayah, Citorek, dan Cipta Gelar. Cisungsang sendiri berada dibawah kaki Gunung Halimun dengan luas hampir 2.800 kilometer persegi. Ritual seren taun sendiri biasanya dipusatkan di Desa Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Makanan khas yang disajikan adalah sate bandeng, jika dilihat sekilas mirip dengan sate lilit khas Bali.

8. Sabang

serambi-indonesia-13-makanan-khas-sabang

serambi-indonesia-12-kebudayaan-sabang

Kota yang dijuluki dengan nol kilometer Indonesia ini memiliki banyak kebudayaan mulai adat budaya lamaran hingga pernikahan. Tidak hanya di daerah pulau jawa saja yang memilik adat kebudayaan khas, Sabang juga memilikinya. Namun yang menjadi ciri khas adalah adat lamaran dan pernikahan. Seperti saat lamaran, adat yang digunakan beragam seperti melakukan Jak Meulakee hingga prosesi tunangan. Setelah kedua acara tersebut selesai barulah menuju acara adat sebelum pernikahan. Seperti melakukan tradisi Boeh Gaca, Seumanoe dara Baroe, akad pernikahan, intat lintoe, hingga intat dara baroe. Semua kegiatan ini berlangsung secara rutin. Selain kaya akan budaya adatnya, Sabang juga memiliki ragam kuliner yang dapat dicicipi seperti mie pingsun. Bagi Anda yang berkunjung ke Sabang jangan lupa untuk mencicipi mie pingsun.

9. Merauke

serambi-indonesia-14-makanan-khas-merauke

serambi-indonesia-15-kebudayan-merauke

Kota Merauke adalah kota kabupaten yang terletak jauh di ujung timur Indonesia. Keistimewaannya tidak hanya itu, Kota ini juga merupakan titik terakhir wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini. Hal ini membuat keberadaan kota sungguh berarti dan istimewa bagi sejarah perjuangan berdirinya Indonesia hingga menjadi bagian dari sebuah lagu perjuangan yang berjudul “Dari Sabang sampai Merauke”. Merauke memiliki makanan yang cukup khas dan unik. Daging rusa misalnya, akan banyak Anda temui di Merauke dan diolah dalam berbagai macam jenis makanan. Semur, dendeng, maupun sate yang berbahan dasar daging rusa. Sebab, rusa umum ditemukan di seluruh kota Merauke. Sedangkan kebudayaan yang dimiliki kota Merauke ini adalah yospan salah satu tarian adat Merauke,yang sering dipakai dalam kondisi tertentu. yospan juga merupakan tarian persahabatan masyarakat papua.

Itulah sebagian kebudayaan dan makanan khas masing-masing daerah. Masih banyak lagi kebudayaan yang terdapat di Indonesia.