Setiap orang tua pasti akan melakukan apa saja untuk melihat kebahagiaan anaknya. Bagaimana dengan anak? Tentunya kita juga ingin melihat orang tua kita bahagia, bukan? Lalu bagaimana caranya? Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan orang tua?

1. Berikan kejutan untuk orang tua pada saat yang tak mereka duga

ways-to-surprise-your-paren

Memberikan kejutan-kejutan spesial kepada orang tercinta tidak perlu pada hari yang spesial. Kamu bisa memberikan hadiah-hadiah kecil kepada orang tua pada hari biasa. Yang membuat orang tua senang adalah niat kamu yang menunjukkan kepedulian dan rasa sayangmu, bukan nilai hadiahnya itu sendiri.

Baca juga : Macam-macam Hadiah dan Kalimat untuk Kartu Ucapan Selamat Hari Ibu

2. Tunjukkan kepada orang tua bahwa kamu memiliki tekad dan mau berusaha

father-and-son-1

Tekad dan kemauan untuk bekerja keras lebih penting dibandingkan faktor-faktor lainnya, seperti kepintaran misalnya. Untuk membuat orang tuamu bangga dan bahagia, kamu tidak perlu menjadi yang terbaik di kelas atau mendapatkan A untuk semua mata pelajaran. Yang orang tua ingin lihat adalah kamu mau berusaha dan memberikan yang terbaik bagi mereka, itu saja sudah cukup.

3. Hidup rukun dengan kakak atau adik

brothersosborne_160808

Percaya atau tidak, saling menyayangi antar saudara juga dapat membuat orang tua bahagia. Mengapa? Karena banyak keluarga yang hidupnya tidak rukun dan diwarnai dengan banyak konflik serta masalah. Jika antar saudara saling menyayangi, maka orang tua tidak perlu cemas karena pastinya kalian akan saling menjaga dan mendukung pada saat dibutuhkan.

4. Luangkan waktu untuk menghubungi mereka

callparents

Jika kamu sedang atau sudah tak hidup satu atap dengan orang tuamu lagi, kamu bisa membahagiakan mereka dengan meluangkan waktu untuk menghubungi mereka. Mendengar suaramu saja dan mengetahui kamu menanyakan kabar mereka sudah membuat mereka merasa bahagia.

5. Tetap menjaga sikap sopan santun

mother-daughter

Hubunganmu dengan orang tua memang sangat dekat, namun bukan berarti kamu dapat bersikap seenaknya terhadap orang tua. Sopan santun tetap perlu dijaga saat bersama orang tua.

6. Jika mereka melakukan kesalahan, maafkan mereka

angry-mother-and-daughter

Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk orang tuamu dan kamu sendiri. Ada saatnya mereka melakukan kesalahan-kesalahan yang membuatmu kecewa. Jika ada perbuatan-perbuatan mereka yang kurang berkenan di hatimu, maafkan mereka. Ingatlah bahwa kamu juga pasti sering menyakiti hati mereka sebagai anak, tetapi mereka sebagai orang tua pasti selalu memaafkan anaknya.

Baca juga: Tuhan Mendengarkan Doa Seorang Ibu, Kebahagiaanku Pastilah Berkat Doa dan Cinta Ibu

7. Hargai perbedaan yang ada di antara kalian

mother-and-daughter-stock-image-750x480

Orang tua dan anaknya tumbuh pada zaman yang berbeda, jadi kamu harus dapat memaklumi dan menghargai jika terdapat perbedaan-perbedaan di antara kalian. Perbedaan paling mencolok biasanya adalah mengenai selera, seperti selera musik dan pakaian. Tidak perlu kamu mencela selera mereka dengan mengatakan bahwa mereka norak atau kampungan.

Selain itu, mungkin saja cara berpikir orang tuamu masih cara berpikir orang pada zaman mereka tumbuh dewasa, yang mungkin saja terasa sangat kolot jika dibandingkan dengan kita. Kamu juga harus bisa menghargai cara mereka berpikir. Ingatlah bahwa walaupun mungkin mereka kolot, mereka sudah menjalani kehidupan ini lebih lama dari kamu, mereka sudah banyak makan garam, nasihat-nasihat yang mereka berikan pastilah hanya demi kebaikanmu.

Mau cetak kartu nama dengan harga murah dan desain online dapatkan di link cetak kartu nama