Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat. Pemasaran produk merupakan hal terpenting yang harus dilakukan untuk mendukung performa perusahaan. Jika Anda melakukan strategi pemasaran dengan benar, maka lambat laun akan mempengaruhi kualitas dari sebuah produk. Sebelum melakukan teknik pemasaran, ada baiknya Anda mempelajari strategi pemasaran produk seperti berikut ini.

1. Menawarkan Produk Secara Gratis

strategi-pemasaran-01

Strategi pemasaran dengan cara menawarkan produk secara gratis, ini merupakan hal yang masih diminati. Selain itu, sesuatu hal yang gratis pasti tidak akan dilewatkan begitu saja. Apalagi jika produk yang ditawarkan, belum pernah dilihat atau diketahui sebelumnya. Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarkan sampel dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya. Jika produk tersebut berupa jasa atau media digital maka perusahaan bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk.

Baca juga : Tips Jitu Meningkatkan Penjualan Dengan Promosi

2. Memanfaatkan Media Sosial

strategi-pemasaran-02

Tidak dapat dipungkiri, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran yang menjanjikan. Apalagi seirining bekembangnya zaman seperti ini, semua orang telah mengenal yang namanya media sosial. Sehingga aktivitas sehari-hari juga mereka tidak lepas dari media sosial. Untuk itu, Anda dapat mencoba strategi pemasaran dengan media sosial ini. Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas bersama berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi. Media sosial juga memudahkan pebisnis untuk menawarkan produk mereka kepada kalangan tertentu atau bahkan suatu grup yang cocok dengan produk tersebut.

3. Memberi Insentif untuk Rekomendasi

strategi-pemasaran-03

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya jika ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik. Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang, namun bisa berupa hadiah produk atau potongan harga. Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu pelanggan yang loyal dan calon pelanggan. Apalagi jika pelanggan tersebut merasa puas dengan produk yang Anda berikan. Maka testimoni yang akan diberikan juga sesuai dengan kepuasan konsumen. Sehingga dapat meyakinkan calon konsumen yang baru bahwa produk tersebut memang berkualitas.

4. Memilih Tempat Strategis

strategi-pemasaran-04

Pemilihan tempat yang strategis masih menjadi faktor utama dalam strategi pemasaran. Dengan memilih tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja dapat memicu penjualan yang tinggi. Sebelum Anda memilih tempat jualan yang strategis, ada baiknya mengetahui target pasar serta kemudahan calon konsumen menjangkau tempat usaha.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

strategi-pemasaran-05

Pelanggan yang loyal merupakan aset terpenting dalam sebuah perusahaan, termasuk dalam sebuah bisnis. Strategi pemasaran yang harus dilakukan adalah memberi penghargaan kepada para pelanggan yang loyal terhadap perusahaan, dengan cara menanggapi masukan pelanggan mau pun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan. Dengan begitu, pelanggan akan menjadi lebih senang dan nyaman atas pelayanan yang diberikan kepadanya. Strategi ini harus digunakan, untuk menjalin hubungan baik kepada para pelanggan. Strategi ini juga yang digunakan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Baca juga : Tips Menarik Konsumen dalam Bisnis Online dengan Menyisipkan Kata Sakti Ini!

6. Menggunakan Media Pemasaran

strategi-pemasaran-06

Ada satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan ketika menjalankan strategi pemasaran, yaitu menggunakan media pemasaran. Ini merupakan hal yang biasa digunakan oleh pebisnis ketika ingin memasarkan produk mereka. Biasanya media pemasaran yang digunakan berupa brosur, banner, atau poster. Anda juga dapat mencobanya dengan membuat media pemasaran yang sering digunakan, untuk menunjang lancarnya bisnis tersebut. Akan banyak keuntungan yang didapat jika menggunakan media pemasaran tersebut. Konsumen atau calon konsumen akan lebih mengenal produk yang dijual secara langsung dan lengkap.

Bahkan Anda dapat membuatnya secara online di Uprint.id. Anda dapat membuat media pemasaran berupa brosur, poster, banner, dan lain sebagainya. Semua dilakukan secara online, tanpa repot-repot ke percetakan. Anda akan merasakan banyak keuntungan dengan menggunakan media pemasaran yang dicetak secara online di Uprint.id. Selain kualitas yang baik, hasil cetak juga sesuai dengan keinginan konsumen.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu sebelum melakukannya ke tahap selanjutnya. Menggunakan strategi pemasaran yang tepat akan memudahkan produk Anda dikenal masyarakat luas.