Berbelanja adalah aktivitas yang tidak dapat dihindari. Bahkan meskipun bukan seorang yang suka shopping, pasti ada masanya ia akan pergi berbelanja. Kenapa seseorang berbelanja? Tentu saja untuk membeli kebutuhan hidup, seperti sembako, perlengkapan mandi, perlengkapan dapur dan sebagainya. Beberapa orang lebih menyukai berbelanja ketika kebutuhan hidup mereka habis. Mereka beli secara eceran, saat minyak goreng habis, maka mereka akan ke warung untuk membelinya. Ketika besoknya sabun mandi mereka habis, baru mereka beli sabun mandi. Namun tidak sedikit pula yang lebih menikmati belanja bulanan. Sekali dalam sebulan mereka akan melakukan belanja dalam jumlah besar untuk mencukupi kebutuhan hidup sebulan.

Baca juga: Wow! Ternyata dengan Trik Ini Anda Dapat Bebas Belanja Apapun Tanggalnya

Kalau sahabat Uprint.id lebih suka belanja bulanan atau harian? Sebelum menjawab, sebaiknya baca terlebih dulu 3 manfaat dari belanja bulanan berikut ini:

1. Lebih Teratur dan Praktis

belanja bulanan teratur

Biasanya mereka yang melakukan belanja kebutuhan dalam skala bulanan memiliiki catatan yang lebih rapi dan teratur. Mereka tahu bahwa dalam sebulan berapa banyak sabun, odol, garam, minyak goreng, gula dan barang-barang lainnya. Maka ketika belanja mereka tak lagi bingung harus belanja berapa banyak. Selain lebih teratur, belanja kebutuhan bulanan cukup sebulan sekali juga lebih praktis, kita nggak perlu bolak-balik pergi ke warung untuk beli kebutuhan yang habis, karena di rumah stock masih tersedia.

2. Hemat Biaya, Waktu dan Tenaga

belanja bulanan hemat

Berbelanja sebulan juga jauh lebih hemat dari segi waktu, biaya dan tenaga. Dari segi waktu, kita menghemat waktu untuk berkali-kali pergi ke warung atau minimarket berkali-kali. Waktu yang sedianya untuk berbelanja bisa dialihkan ke kegiatan lain yang lebih membawa manfaat.

Baca juga: Solusi Menghabiskan Uang Selain Belanja

Secara biaya, belanja bulanan juga jauh lebih hemat karena dengan mencatat apa saja yang akan kita beli, kita bisa mengontrol diri untuk tidak berbelanja secara berlebihan. Kita hanya membeli kebutuhan yang ada di catatan saja. Selain itu biasanya jika berbelanja dalam skala besar, kita bisa mendapat potongan harga yang lumayan, jadi lebih hemat kan?

Selain waktu dan biaya, tenaga pun bisa kita hemat dengan sekali belanja di awal atau akhir bulan. Tenaga yang kita keluarkan untuk berkali-kali pergi ke warung atau minimarket bisa kita gunakan untuk mengerjakan aktivitas lainnya yang lebih bermanfaat.

3. Bisa Panen Diskon dan Promo

belanja bulanan diskon

Enaknya lagi jika kita rajin belanja bulanan, akan ada banyak diskon dan promo yang kita dapatkan. Biasanya di supermarket tertentu ada diskon yang cukup besar jika kita berbelanja di akhir pekan. Kita bisa menyusun jadwal belanja di akhir minggu untuk mendapatkan diskonnya. Selain diskon, supermarket juga biasa mengadakan promo-promo tertentu. Hingga tak jarang jika kita berbelanja dalam jumlah besar, kita bisa mendapat souvenir berupa payung, voucher atau pun piring cantik.

Baca juga: 6 Tips Mengatur Biaya Belanja Bulanan

Setelah tahu manfaat dari belanja bulanan, sahabat Uprint.id kira-kira akan menjawab pertanyaan kami di atas dengan jawaban apa ya?