Komunitas merupakan sebuah perkumpulan orang yang memiliki hobi serupa. Bahkan, ada juga sebuah komunitas yang mengumpulkan orang dengan kelebihan masing-masing. Misalnya, komunitas yang dibangun untuk mengumpulkan orang-orang dengan kemampuan robotik, spritual, dan lain sebaginya. Jenis komunitas beragam, hingga ada yang mampu melahirkan orang-orang dengan kualitas terbaik mereka. Seperti yang sedang trend saat ini, yaitu komunitas Local Guide Google. Tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk mendedikasikan dirinya kepada Google dengan menjadi seorang pemandu lokal di masing-masing negara.

Dalam hal ini semua peserta atau anggota Local Guide, harus bisa menentukan peta lokasi, memberikan ulasan mengenai sebuah tempat, hingga memberikan informasi yang berguna bagi pembaca.  Jika saat ini Anda sedang ingin membangun sebuah komunitas, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa taktik berikut ini sebelum memutuskan membangun hingga mengembangkan komunitas. Seperti berikut ini.

1. Menciptakan Nama Komunitas yang Bagus

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengembangkan komunitas adalah, membuat nama komunitas. Ketika membuat nama komunitas, Anda harus memikirkan sebuah nama yang bagus dan memiliki tujuan kedepannya. Sehingga anggota juga paham filosofi sebuah komunitas tersebut melalui nama. Jika sebuah komunitas memiliki nama yang bermakna, akan memancing calon anggota baru yang tertarik dengan komunitas tersebut.

Baca juga : Cetak Perlengkapan Komunitas di Uprint.id

2. Menentukan Tujuan Komunitas

membangun-komunitas-memiliki-tujuan

Sebelum mendirikan dan mengembangkan komunitas yang harus menjadi perhatian adalah, menentukan tujuan. Dalam hal ini, Anda harus sudah menentukan apa yang akan dilakukan dari komunitas tersebut. Misi apa yang harus dilakukan dan tujuan lainnya harus sudah dipikirkan sebelum memutuskan membuat komunitas. Dengan membuat tujuan yang jelas, maka akan lebih mudah mengembangkan dan membangun sebuah komunitas tersebut. Buatlah tujuan yang positif dan setiap anggota mendapatkan efek dari tujuan tersebut. Sebab, ketika sebuah komunitas tidak memiliki tujuan, maka anggota komunitas akan merasa sia-sia dan kemudian menghilang. Tentunya, komunitas tersebut juga akan mudah bubar tanpa kesan.

3. Melakukan Pengenalan Komunitas

Ketika sebuah komunitas ingin berkembang, hal ini menjadi yang paling utama. Anda harus melakukan pengenalan kepada masyarakat. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya sebagai sponsor dalam sebuah acara, hingga turut serta dalam suatu kegiatan. Selain itu, Anda sebagai pendiri sebuah komunitas harus memiliki yang namanya kartu nama. Buatlah tanda pengenal komunitas ini untuk diberikan kepada beberapa orang  yang Anda temui. Hal pertama ini cukup terbilang efektif. Sebab, Anda membagikan kartu nama yang berisi informasi komunitas secara tersurat. Selain kartu nama, Anda juga dapat membuat media promosi seperti poster, flyer, atau banner yang diletakan pada tempat yang strategis.

4. Mengadakan Event

membangun-komunitas-mengadakan-event

Sama halnya dengan saat Anda ingin mengembangkan sebuah bisnis. Hal yang bisa dilakukan adalah membuat sebuah promo, namun berbeda dengan komunitas. Anda dapat membuat sebuah event yang diselenggarakan komunitas secara langsung. Ketika mengadakan event, jangan lupa untuk mengundang masyarakat turut serta dalam event tersebut. Misalnya, Anda sebagai ketua komunitas mengajak para UMKM untuk ikut serta pada acara yang diselenggarakan dengan menyediakan lahan bazar atau pameran. Dengan mengikutsertakan peserta lain, akan mengundang rasa penasaran para masyarakat atau pengunjung yang membaca informasi tersebut. Jangan lupa juga untuk menginformasikan acara di beberapa media sosial. Cara ini juga ampuh dilakukan untuk mengembangkan komunitas. Cobalah mencetak flyer atau media promosi lainnya di Uprint.id. Tersedia ragam desain, serta template yang dapat digunakan secara gratis.

Baca juga : Cara Membangun Komunikasi Efektif untuk Para Introvert dan Ekstrovert

5. Membuat Souvenir atau Merchandise

membangun-komunitas-memiliki-souvenir

Tidak hanya perusahaan saja yang harus menyediakan souvenir, sebagai komunitas juga harus memiliki souvenir atau merchandise. Souvenir yang paling efektif dan sudah tentu digunakan adalah seperti stiker, mug, botol minum, kaos, topi, dan lain sebagainya. Anda dapat mencetak souvenir yang sesuai dengan keinginan, misalnya mencetak pin yang bertuliskan atau menggambarkan lambang komunitas. Jika Anda ingin mencetak souvenir atau merchandise dengan desain sendiri, dapat langsung melakukannya secara online. Pelayanan cetak online Uprint.id akan membuat Anda lebih praktis melakukan pencetakan souvenir tanpa harus mengunjungi percetakan. Jangan khawatir jika tidak memiliki desain, Uprint.id sudah menyediakan desain, template yang dapat digunakan secara gratis. Namun sangat disarankan untuk menggunakan desain komunitas itu sendiri.

Itulah taktik mengembangkan komunitas yang perlu Anda ketahui sebelum mendirikan sebuah komunitas. Pastikan semuanya sudah memiliki tujuan dan cobalah memabngun sebua komunitas yang berdampak baik kepada anggota serta orang di sekitar. Selain itu, Anda sebagai anggota atau pun pendiri komunitas, ada baiknya untuk saling berkomunikasi agar terciptanya sebuah hubungan baik antar anggota.