Acara pernikahan memang selalu menjadi hal yang terlalu ribet dan repot, terutama saat menentukan tamu undangan yang akan diundang. Untuk itu, gunakan tips berikut ini utnuk memangkas jumlah tamu undangan pernikahan di acara Anda.

1. Buatlah List Tamu Undangan

tamu undangan pernikahan 02

Membuat daftar tamu menjadi suatu keharusan agar lebih mengetahui siapa saja yang akan diundang. Nah, pada list ini yang harus dilakukan adalah memilih siapa saja yang masuk daftar tamu undangan pernikahan. Jika dirasa ada beberapa orang yang kurang dekat dengan Anda dan pasangan, dapat mempertimbangan untuk mengundangnya atau tidak.

Baca juga : Berikan Souvenir yang Bermanfaat dan Berguna Yuk di Hari Spesial Anda

2. Penyebaran Undangan

contoh_undangan_pernikahan_03

Dalam hal ini yang harus Anda lakukan adalah memilih tamu siapa saja yang mendapatkan undangan pernikahan secara fisik dan mana yang akan diberikan undangan secara online. Penyebaran undangan menggunakan media online juga sangat memudahkan Anda untuk memangkas jumlah tamu undangan pernikahan. Terkadang bagi mereka yang mendapat undangan online seringkali tidak dapat menghadiri acara tersebut.

3. Buatlah Pertimbangan Mengundang Tamu yang Tidak Dikenal

tamu undangan pernikahan 03

Nah, hal seperti ini sering sekali ditemukan dalam budaya orang Indonesia yaitu selalu mengundang tamu di pernikahan yang tak dikenal. Seperti mengundang teman-teman orang tua, adik, kakak, atau pun siapa saja dari anggota keluarga yang memiliki teman. Anda dapat berdiskusi dengan keluarga mengenai hal yang satu ini, agar tamu undangan tidak terlalu banyak.

Baca juga : 6 Contoh Undangan Pernikahan Keren dan Elegan

4. Memilih Antara Teman Kantor atau Teman Lainnya

tamu undangan pernikahan 04

Mengundang teman kantor sudah tentu suatu keharusan, karena Anda selalu bertemu setiap hari. Untuk itu undanglah mereka yang dekat dengan Anda. Jika tidak ingin mengundang mereka, Anda harus mengkomunikasikan kepada mereka apa alasannya dan berikanlah mereka bingkisan kecil atau souvenir untuk menghargai mereka.

Itulah tips efektif, jika Anda ingin memangkas tamu undangan agar tidak melampaui batas awal yang sudah dirancang. Dengan begitu tidak perlu menambah budget untuk masalah tamu di pernikahan.