Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Nusa Tenggara Timur merupakan suatu pulau bagian dari Indonesia yang menyajikan ragam keindahan wisata alamnya. Daerah dengan Kupang sebagai ibu kotanya ini memiliki banyak destinasi liburan bagi warga mancanegara maupun lokal. Tidak heran jika, banyak orang berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini. Seperti berikut ini, beberapa destinasi tempat wisata di NTT yang perlu dikunjungi.

1. Danau Kelimutu

Sumber gambar : google

Tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang pertama dan terkenal adalah danau Kelimutu. Danau ini terletak di puncak gunung Kelimutu Flores. Danau Kelimutu memiliki sebutan sebagai danau tiga warna. Sebab, danau Kelimutu memiliki perpaduan warna yaitu merah, biru, dan putih. Untuk mengunjungi danau ini, sangat disarankan datang pada saat subuh. Dengan begitu, Anda dapat melihat matahari terbit yang akan sangat indah. Untuk mengunjungi danau Kelimutu ini Anda akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 saja. 

Baca juga : Trik Packing Saat Hendak Travelling Menggunakan Tas Ransel

2. Pantai Lasiana

tempat-wisata-di-ntt-pantai-lasiana
Sumber gambar : google

Selain danau Kelimutu, Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata lainnya yaitu pantai Lasiana. Pantai ini terletak di ibu kota NTT yaitu di Kupang, pantai dengan keindahan hamparan pasir tanpa karang ini menjadi pemandangan indah tersendiri. Anda juga dapat mengunjungi pantai Lasiana ini untuk menikmati matahari tenggelam. Untuk masuk ke area pantai Lasiana ini Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2.000 per-orang, sedangkan jika Anda membawa kendaraan akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda empat.

3. Pulau Alor

tempat-wisata-di-ntt-pulau-alor
sumber gambar : google

Jika Anda ingin melihat keindahan sisi lain Nusa Tenggara Timur, dapat mengunjungi pulau Alor. Pulau ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pulau Alor ini menjadi salah satu pulau yang memiliki spot untuk diving terbaik menurut wisatawan mancanegara. Bahkan, Alor menjadi sorotan media luar karena keindahannya. Dengan kata lain Indonesia tidak hanya Bali yang memiliki keindahan, namun masih ada pulau-pulau lainnya termasuk pulau Alor di NTT ini.

4. Pantai Nembrala

tempat-wisata-di-ntt-pantai-nembrala
sumber gambar : google

Bagi Anda yang suka berselancar, silakan mencoba menantang ombak di pantai Nembrala. Masuk kawasan ini tidak dipungut biaya, alias gratis. Dengan begitu, Anda dapat mengunjungi pantai dari pagi hingga malam hari. Jika Anda tidak membawa perlengkapan surfing, dapat menyewa di area pantai. Selain itu, di sini juga tersedia ragam warung yang menjual makanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam menemukan makanan. Waktu terbaik untuk melakukan surfing di sini adalah bulan Agustus hingga Oktober. Sebab pada bulan tersebut, pantai Nembrala mengadakan lomba surfing. Anda dapat mencoba uji kebolehan yang dimiliki. Selamat mencoba!

Baca juga : Destinasi Wisata Paling Keren di Sumba yang Wajib Dikunjungi

5. Goa Kristal

tempat-wisata-di-ntt-goa-kristal
sumber gambar : google

Goa Kristal merupakan salah satu destinasi wisata di Kupang yang menyimpan pesona tersembunyi. Bahkan banyak warga Kupang yang nggak mengetahui keberadaan goa ini. Memang, nggak ada petunjuk khusus untuk mencapai tempat wisata di Kupang ini, dan nggak ada pihak yang mengelola tempat wisata potensial ini, lho. Bahkan, pintu masuknya pun masih dipenuhi semak belukar dan jalan menuju ke Goa Kristal juga dipenuhi karang. Goa ini dinamakan kristal karena ada ribuan liter air yang terjebak di dasar goa yang berwarna sangat jernih seperti kristal. Sehingga ketika ada cahaya masuk ke dalam goa, maka cahaya yang dipantulkan dari dasar air menjadi berkilauan dan nampak seperti kristal. 

Itulah beberapa tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang perlu dikunjungi. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan selama Anda berlibur. Sebab, tempat wisata tidak akan indah jika bukan diri kita sendiri yang menjaganya.