Bagi Anda yang memiliki restoran, menu restoran tentu harus didesain semenggoda mungkin agar para pelanggan tertarik mampir ke restoran Anda. Apa yang harus Anda lakukan agar dari desainnya saja, menu restoran sudah terlihat nikmat? Berikut enam tips desain menu restoran untuk Anda ikuti:

1. Letakkan masing-masing menu di tempatnya yang layak

ea543fd7fd5aadfe4244bc8a3ab0ba27

Salah satu hal penting yang sebaiknya Anda ingat sehubungan dengan tips desain menu restoran adalah pengelompokkan menu. Saat Anda membagi menu ke dalam kelompoknya masing-masing, pembagian harus masuk akal dan mudah dipahami.

Tergantung pada menu apa yang Anda tawarkan, Anda, misalnya, bisa membagi ke dalam menu makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Atau Anda dapat membagi berdasarkan jenis makanan, misalnya udon, sushi, dan lain-lain.


2. Gunakan foto-foto makanan yang dapat menggoda para pengunjung

7f5aab61245b79088033fb5bea4f2d2a

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan foto-foto makanan yang Anda sajikan, pastikan Anda memajang foto-foto makanan berkualitas tinggi dan terlihat profesional, bukan foto-foto makanan yang diambil asal saja.

Setiap foto makanan yang Anda pilih untuk ditampilkan harus terlihat nikmat dan dapat menggugah selera pengunjung restoran. Ingat juga bahwa Anda harus memasang foto makanan seperti makanan aslinya yang akan Anda sajikan kepada pengunjung. Jangan sampai yang terlihat di foto makanan berbeda dengan aslinya. Nantinya pengunjung malah akan kecewa karena mereka merasa dibohongi. Hal ini tentunya tak baik bagi bisnis restoran Anda.


3. Jangan ikutsertakan mata uang di dalam menu

best-menu-design-i2

Mengapa akan lebih baik jika Anda tidak mengikutsertakan tanda mata uang di dalam menu? Karena jika pengunjung tidak melihat adanya tanda mata uang, mereka cenderung menghabiskan lebih banyak uang, beberapa penelitian menunjukkan. Jadi, jangan Anda buat para pengunjung sadar berapa banyak uang yang mereka habiskan di restoran Anda.

Baca juga: 8 Tips Penting Mendesain Flyer Agar Dapat Menarik Perhatian Orang Banyak


4. Gunakan warna yang sesuai

vector-summer-drinks-menu

Pilihlah warna yang sesuai dengan tema restoran yang ingin Anda usung serta mengena bagi kelompok pengunjung yang menjadi sasaran Anda. Anda mungkin telah mengetahui bahwa warna dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Selain itu, warna juga dapat mengarahkan pengunjung memilih menu tertentu.

Desain menu restoran di atas, misalnya, sangat pas untuk restoran di tepi pantai yang menyajikan minuman-minuman musim panas.


5. Menu harus terlihat rapi dan enak dibaca

download

Agar menu terlihat rapi dan enak dibaca, Anda bisa menggunakan garis atau kotak sebagai pembagi antar bagian. Apabila ada menu yang ingin Anda tonjolkan, Anda bisa gunakan kotak khusus untuk menu tersebut, sehingga terlihat menonjol dan menarik perhatian.


6. Pemilihan tipografi yang tepat

bacaro_newport_window_typography_a_board-480x634

Tips desain menu restoran terakhir yang memiliki pengaruh terhadap seberapa menariknya sebuah menu terlihat adalah tipografi. Pemilihan tipografi yang tepat akan membantu Anda memperoleh penjualan lebih banyak dari menu yang Anda tawarkan. Penggunaan beberapa jenis tulisan sangat dianjurkan agar pengunjung merasa lebih mudah saat membaca menu Anda. Misalnya, bedakan jenis tulisan antara nama makanan dan deskripsi tentang makanan tersebut.

Artikel terkait: 7 Tips Agar Desain Banner untuk Promosi Terlihat Menarik