Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Buku agenda merupakan buku untuk mencatat segala catatan penting. Hingga saat ini, penggunaan buku agenda masih diterapkan. Bahkan bagi sebagian orang yang menggunakan buku agenda merupakan keuntungan tersendiri. Sebab, buku agenda dapat menjadi penentu bahkan pengingat, kegiatan apa saja yang harus dilakukan. Agar Anda dapat semangat terus dalam menulis. Tidak ada salahnya Anda membuat buku agenda sendiri. Berikut ini tips membuat buku agenda sendiri yang dapat dicoba.

1. Persiapkan Bahan

tips-membuat-buku-agenda-persiapkan-bahan

Pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat buku agenda. Anda dapat mempersiapkan lem, gunting, kardus untuk dijadikan cover buku. Selain itu, Anda juga dapat menghias dengan ragam jenis sampul buku bermotif untuk dijadikan pelapis pada cover agenda. Dengan begitu, buku agenda menjadi lebih bagus dan cantik.

Baca juga : Manfaat dan Fungsi Buku Agenda untuk Kehidupan Lebih Teratur

2. Siapkan Kertas Kosong

tips-membuat-buku-agenda-01

Untuk hal yang satu ini, Anda dapat menggunakan kalender bekas yang memiliki sisi bergambar. Hal ini untuk dijadikan pembatas antara halaman buku yang satu dengan lainnya. Bahkan, Anda dapat membuatnya dengan kertas kosong yang dihias secara bebas. Jika Anda memiliki bakat desain grafis, cobalah untuk menggambar di kertas kosong tersebut.

3. Siapkan Pembolong Kertas

tips-membuat-buku-agenda-pembolong-kertas

Agar lebih memudahkan menyusun kertas demi kertas, gunakanlah pembolong kertas untuk membuat lubang setiap kertas. Susun semua kertas yang telah dibolongi menjadi satu tumpuk hingga menjadi buku.

4. Sediakan Kawat atau Klip

tips-membuat-buku-agenda-02

Buku agenda ada yang menggunakan kawat bagian tengah-tengah atau biasa disebut dengan spiral. Anda dapat membelinya di toko buku yang menyediakan kawat spiral tersebut. Jenis kawat spiral ini memiliki beberapa macam, Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Keajaiban Buku Agenda untuk Kesehatan Mental yang Belum Diketahui

5. Sediakan Pernak-pernik

tips-membuat-buku-agenda-persiapkan-peralatan

Agar lebih bagus dan cantik, Anda dapat menambahkan ragam jenis pernak-pernik. Pilihlah pernak-pernik yang sesuai dengan konsep desain buku agenda tersebut. Biasanya pernak-pernik yang dipilih berupa pita, manik-manik, hingga kain untuk dijadikan sampul buku.

Itulah beberapa tips membuat buku agenda sendiri yang dapat dicoba di rumah. Anda dapat juga membuat buku agenda dengan menyimak tutorial berikut ini yang disajikan dalam bentuk video. Pastikan Anda membuatnya sesuai dengan konsep. Namun jika Anda tidak ingin ribet membuat buku agenda sendiri, dapat mencetaknya secara online di Uprint.id. Bahkan Anda dapat membuatnya secara custom yang sudah disiapkan konsepnya sendiri.

Tutorial Membuat Buku Agenda Sendiri di Rumah