Membuat rumah bersih dan rapi adalah keinginan setiap orang. Namun, tidak banyak juga yang sulit untuk melakukannya. Terutama, mereka yang memiliki buah hati. Ada banyak cara sebenarnya yang dapat dilakukan. Seperti tips membuat rumah rapi dan bersih setiap hari, berikut ini.

1. Mencuci Piring Setelah Makan

Tips membuat rumah rapi yang pertama adalah, biasakan untuk mencuci piring setelah makan. Ini akan mengurangi pemandangan kotor di dalam rumah. Terkadang setelah makan, orang enggan untuk mencucinya, hingga menumpuk dan semakin malas membersihkan. Kemudian yang muncul adalah aroma tidak sedap dari tumpukan piring kotor tersebut. Hal ini akan menunjang lingkungan rumah yang kotor. Untuk menghindari hal tersebut, yang perlu dilakukan adalah cobalah membiasakan diri mencuci piring setelah makan.

Baca juga : Tips Agar Suami Bantu Pekerjaan Rumah Tangga

2. Selalu Merapikan Tempat Tidur Pagi Hari

tips-membuat-rumah-rapi-merapikan-tempat-tidur

Tips membuat rumah rapi yang satu ini selalu terabaikan. Padahal, hal sederhana ini akan membantu membuat rumah menjadi lebih rapi dan bersih. Cobalah untuk membiasakan diri merapikan tempat tidur usai bangun di pagi hari. Selain dapat membuat rumah rapi dan bersih, jika dilakukan setiap hari akan menimbulkan kenyamanan sendiri. Sehingga saat Anda ingin melakukan kegiatan di area kasur, seperti bersantai akan jauh lebih nyaman.

3. Membersihkan Rumah Sedikit-sedikit

tips-membuat-rumah-rapi-membersihkan-rumah-sedikit-sedikit

Jangan malas untuk membersihkan rumah walau hanya sedikit-sedikit. Sebab ini akan berdampak pada rumah. Sehingga menghasilkan rumah lebih rapi dan bersih. Jangan lupa juga untuk memisahkan beberapa barang yang masih digunakan atau tidak digunakan. Hal ini juga akan membuat rumah menjadi lebih sehat dengan minimnya barang bekas di rumah.

4. Cuci dan Setrika Pakaian Sebelum Menumpuk

Biasanya kegiatan mencuci dan setrika dilakukan beberapa kali dalam seminggu saat sudah mulai menumpuk. Padahal, Anda harus melakukannya sebelum menumpuk jika ingin melihat kondisi rumah tetap terlihat rapi. Jika malas untuk menyetrika, Anda dapat mulai melipatnya dan disimpan dalam box atau rak pakaian, sehingga akan lebih rapi.

Baca juga : Cara Mudah Makeover Ruangan di Rumah Agar Terlihat Berbeda

5. Meletakan Barang Kembali

tips-membuat-rumah-rapi-meletakan-barang-kembali

Tips membuat rumah rapi selanjutnya adalah berupaya mengembalikan barang pada tempatnya. Inilah yang akan membuat rumah terlihat rapi, sebab tidak ada barang yang berserakan. Hal sederhana ini juga sering terlupakan, padahal jika dilakukan akan membuat rumah lebih rapi dan nyaman. Lain halnya jika Anda memiliki anak-anak, cobalah untuk membuat satu ruangan khusus mainan mereka. Namun dengan syarat harus main di ruangan tersebut, dan jangan lupa mengajarkan mereka untuk mengembalikannya kembali dan membereskan setelah selesai bermain. Hitung-hitung, Anda mengajarkan tanggung jawab sejak dini.

Itulah beberapa tips membuat rumah rapi dan bersih setiap hari. Pastikan Anda memulainya sekarang juga. Agar lebih cepat merasakan rumah bersih dan rapi.