Memilih kemasan untuk bisnis seringkali menjadi hal yang rumit dan membingungkan bagi para pelaku bisnis. Padahal, bagi pebisnis kemasan merupakan hal terpenting dan harus diutamakan. Namun, yang membuat para pebisnis bingung ini adalah mengenai bentuk serta ukuran. Untuk itu, sebelum menentukan kemasan yang akan digunakan, Anda dapat melihat tips memilih kemasan seperti berikut ini.

1. Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan

tips-memilih-kemasan-06

Menyesuaikan ukuran produk dengan kemasan merupakan tips memilih kemasan paling utama. Jangan terlalu besar atau pun terlalu kecilan. Usahakan masih ada ruang kosong pada kemasan produk Anda. Bukan bertujuan agar isi produk Anda terlihat banyak dari aslinya, melainkan untuk menghindari kerusakan pada kemasan akibat kepenuhan. Biasanya perusahaan yang menjual kemasan mempunyai beberapa ukuran kemasan yang dapat Anda pilih dan gunakan.

Baca juga : Cetak Kemasan Makanan Online, di Sini!

2. Pilih Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

tips-memilih-kemasan-08

Kemasan masing-masing memiliki jenisnya, ada yang transparan, kertas, hingga plastik. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, Anda harus mengikuti tips memilih kemasan yang satu ini. Jika produk Anda mengandung unsur cair maka gunakanlah kemasan dengan penutup rapat. Seperti misalnya produk minuman, Anda harus menggunakan botol sebagai kemasan. Selain lebih praktis, penggunaan botol akan menambah nilai jual tersendiri.

3. Menentukan Material yang Tepat

tips-memilih-kemasan-09

Jika Anda tidak ingin produk cepat berubah rasa atau basi, cobalah menggunakan kemasan dengan material yang tepat. Misalnya menggunakan kemasan yang kedap udara. Sehingga dapat mencegah terjadinya perubahan rasa dan aroma pada produk. Seperti beberapa jenis kemasan berikut ini yang biasa digunakan.

  • Standing Pouch

tips-memilih-kemasan-01

Jenis kemasan yang satu ini merupakan kemasan yang banyak dipilih oleh produsen untuk mengemas produknya. Penggunaan kemasan tersebut dapat Anda temukan pada berbagai bentuk produk baik padat maupun cair. Produk padat misalnya biji kopi, bubuk kopi, kosmetik, dan makanan hewan peliharaan. Sedangkan untuk produk cair produsen biasanya menggunakan untuk minyak goreng, sabun detergen, dan masih banyak lagi. Hal tersebut terjadi karena kemasan tersebut memang memiliki banyak kelebihan yang dapat menguntungkan konsumen maupun produsen. Konsumen diuntungkan karena kemasan tersebut dapat menjaga isi produk yang ada di dalamnya dengan baik sehingga produk yang dibeli dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Produsen juga diuntungkan karena konsumen cenderung memiliki produk yang dikemas secara aman dan higienis, sehingga keuntungan yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga : Tips Mendesain Kemasan dan Label Produk yang Perlu Diketahui

  • Bottle

tips-memilih-kemasan-03

Jenis kemasan yang satu ini juga banyak orang tertarik menggunakannya. Terutama mereka yang memproduksi produk jenis minuman atau produk kecantikan lainnya. Biasanya jenis kemasan ini digunakan untuk produk minuman seperti jus, jamu, hingga produk cair lainnya.

  • Box Makanan

tips-memilih-kemasan-05

Anda juga dapat menggunakan box atau kotak makanan untuk dijadikan kemasan. Gunakan box yang sesuai dengan jenis produknya, seperti martabak maka gunakanlah dus martabak. Semua tergantung dengan produk yang akan Anda tawarkan. Jika Anda ingin mencetak kemasan makanan, dapat langsung secara online di Uprint.id. Banyak ragam ukuran dan template tersedia di sini. Selain itu, Anda juga dapat mencetak kemasan dengan desain sendiri. Sehingga dapat memiliki ciri khas tersendiri mengenai produk yang akan ditawarkan.

  • Pouch Paper

Jenis kemasan yang satu ini, umum digunakan untuk pembungkus teh, kopi, bahkan makanan kering lainnya. Kemasan ini sering digunakan produsen karena bentuknya yang minimalis dan dapat melindungi produk dari paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, kemungkinan kecil sebuah produk menjadi rusak.

  • Kemasan Tube

tips-memilih-kemasan-04

Jenis kemasan tube biasanya digunakan untuk produk kecantikan, seperti lotion atau krim lainnya yang berkaitan dengan kecantikan. Bahkan tidak hanya produk kecantikan saja, melainkan perlengkapan hotel juga umumnya menggunakan jenis kemasan seperti ini.. Tidak jarang jika ada beberapa produk kecantikan yang memanfaatkan jenis kemasan seperti ini. Selain itu, kemasan bentuk tube mudah ditemukan dan tersedia berbagai jenis ukuran. Jika Anda ingin menggunakan jenis kemasan semacam ini, sebaiknya pertimbangkan produknya terlebih dahulu.

Baca juga : Cetak Kemasan Berkualitas Dapat Memengaruhi Keberhasilan Produk

4. Memperhatikan Fitur yang Digunakan Kemasan

tips-memilih-kemasan-10

Fitur juga ternyata menjadi salah satu faktor kemasan yang Anda pilih tepat atau tidak. Kemasan sendiri memiliki tiga fitur yakni Vacuum, Zipper dan Valve. Kemasan berfitur Vacuum biasanya digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa produk. Sedangkan kemasan zipper yang mampu melindungi produk dari sinar matahari (Alumunium Foil) dan oksigen. Sedangkan Valve, merupakan kemasan yang tepat bagi produk yang mengeluarkan gas. Kemasan ini akan berperan dalam mengeluarkan gas tersebut dari dalam kemasan, namun udara dari luar tidak dapat masuk ke dalam kemasan.

Itulah tips memilih kemasan yang tepat dan sesuai dengan produk bisnis. Sebelum membuat kemasan atau membelinya, Anda harus memastikan antara kemasan dengan produk memiliki ukuran yang tidak terlalu berbeda jauh. Bahkan Anda dapat memilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan produk. Jika Anda ingin membuat kemasan yang sesuai dengan desain sendiri, silakan mencetaknya secara online di Uprint.id. Ragam jenis kemasan tersedia di sini. Anda hanya memerlukan sedikit waktu untuk registrasi dan kemudian pilihlah jenis packaging yang diinginkan.