Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Tes psikotes selalu menjadi tolak ukur kemampuan karyawan terhadap pekerjaan nantinya. Oleh sebab itu, tidak sedikit perusahaan yang melakukan tes psikotes sebelum memutuskan menerima pelamar kerja tersebut. Tidak sedikit orang yang mengikuti tes tersebut berhasil lolos. Jika dilihat, tes tersebut selalu memiliki pola soal yang sama serta gambar yang sama. Sebelum Anda menyetujui penawaran tes kerja tersebut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips menjawab soal psikotes berikut ini.

1. Tes Psikotes Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal ini meliputi sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi dan korelasi makna. Tes ini untuk mengetahui kemampuan Anda dalam menghadapi suatu kondisi. Selain itu juga berfungsi untuk penilaian seberapa jauh Anda dapat menebak dan memahami sebab-akibat dari suatu permasalahan. Untuk mengerjakan tes ini, Anda harus mengingat sebanyak-banyak kosakata dan juga artinya. Biasanya tes ini terdiri dari 40 soal, dan soal-soal tersebut berisi antonim, sinonim, dan analog dari suatu kata. Contoh tes psikotes soal kemampuan verbal seperti ini.

Contoh Soal untuk Persamaan Kata INSOMNIA = …

  • Cemas
  • Sedih
  • Tidak bisa tidur
  • Kenyataanya

Jawabannya : Tidak bisa tidur

Contoh Soal untuk Lawan Kata BONGSOR = …

  • Menumpuk
  • Kerdil
  • Macet
  • Susut

Jawaban : Kerdil

Contoh untuk Soal Analog Mobil – Bensin = Pelari – ….

  • Makanan
  • Sepatu
  • Lintasan

Jawaban : Makanan

Bensin adalah sumber energi bagi mobil, sedangkan makanan adalah sumber energi manusia. Tips menjawab soal psikotes ini, Anda harus menjawab sebagian pertanyan yang lebih mudah terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mudah mengatur waktu untuk menyelesaikan soal psikotes tersebut.

Baca juga : 50 Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap Dengan Contoh dan Desain

2. Tes Psikotes Logika Aritmatika

Jika Anda melamar pekerjaan dengan posisi hitung menghitung, seperti software engineer, finance, dan yang berhubungan dengan angka sudah pasti akan menjalankan tes psikotes logika aritmatika. Deretan angka tersebut, harus Anda pecahkan dengan metode penjumlahan, pembagian, perkalian, pecahan angka, dan presentase. Seperti contoh soal berikut ini.

Contoh soal:

1 24 20 16 12 = …

  • 6
  • 8
  • 4
  • 2

Jawaban : 8

Cara menjawab: kurangi setiap angka dengan 4, maka jawaban yang benar adalah 12-4 = 8

Tips menjawab soal psikotes seperti logika aritmatika ini sangat dibutuhkan konsentrasi tinggi. Untuk itu, Anda harus menjawabnya dengan teliti dan harus memahami soal dengan baik.

3. Tes Psikologi Deret Gambar

tips-menjawab-soal-psikotes-deret-gambar

Tes ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan tes aritmatika. Hanya saja yang membedakan adalah penggunaan media gambarnya, dengan gambar 2 atau 3 dimensi. Tips menjawab soal psikotes tes ini adalah konsentrasi, perhatikan betul-betul polanya. Jangan lewatkan detail sekecil apa pun, seperti penempatan titik atau perputaran warna.

4. Tes Koran atau Pauli

tips-menjawab-soal-psikotes-tes-koran

Tes psikotes pauli atau populer dengan tes koran merupakan tes perhitungan sederhana dan juga bisa dikatakan terlihat agak mudah. Tugas Anda dalam mengerjakan tes ini hanya menjumlahkan deretan angka-angka dari mulai 0-9 yang tersusun dengan vertikal. Tips menjawab soal psikotes seperti ini kerjakan dengan tempo yang sudah Anda konsepkan. Jangan terpengaruh dengan cara pengerjaan orang lain. Sebab hal ini akan membuat Anda panik sehingga terburu-buru.

Baca juga : Etika Mengirim Email yang Disukai HRD. Siap-siap Panggilan Interview Nih!

5. Tes Menggambar Orang atau Pohon

tips-menjawab-soal-psikotes-menggambar

Pada tes psikotes ini, penguji akan menyuruh Anda untuk menggambar pohon di kertas ukuran A4. Dalam tes ini adalah tidak diperkenankan untuk menggambar pohon kelapa atau tumbuhan yang berukuran kecil. Gambar pohon yang harus dibuat adalah pohon yang memiliki ranting. Tujuan perusahaan memberikan tes psikotes seperti ini adalah untuk mengetahui karakter serta kepribadian Anda. Tips menjawab soal psikologi seperti ini yang harus dilakukan adalah menggambar dengan layaknya manusia dan atau pohon. Jika Anda ingin membuat gambar orang, maka gambarkan dengan lebih rinci dan tergambar jelas. Sedangkan jika ingin menggambar pohon, gambarkan pohon yang lengkap dengan memiliki ranting dan lain sebagainya.

Itulah tips menjawab soal psikotes agar lulus tes seleksi. Pastikan Anda menjawab semua pertanyaan dengan detail dan teliti. Sehingga hasilnya akan tepat dan benar.