Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Solo travelling merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain tidak ribet, melakukan perjalanan seorang diri akan memberikan sesuatu yang berbeda. Seperti lebih mengetahui diri sendiri, hingga mengajarkan banyak hal terhadap kehidupan selanjutnya. Tidak hanya itu saja, melakukan solo travelling dapat mengajarkan banyak hal, salah satunya untuk tetap bisa menghargai perbedaan di lokasi awal dan lokasi yang dituju.

Ada beberapa hal yang akan membuat solo travelling Anda menyenangkan. Ikuti beberapa tips solo travelling ke Jepang yang harus diketahui berikut ini.

1. Membuat E-Paspor Indonesia

tips-solo-travelling-ke-jepang-01

Agar lebih mudah melakukan solo travelling ke Jepang, yang pertama dilakukan adalah membuat e-paspor. Sebab, e-paspor memiliki banyak keuntungan, selain lebih praktis, ternyata pengguna akan menghemat biaya visa sebesar Rp 330.000. Jika Anda sudah memiliki e-paspor, tidak akan dikenakan biaya lainnya dan waktu pembuatan cenderung lebih cepat. Untuk itu, sebaiknya Anda membuat e-paspor terlebih dahulu setelah memutuskan solo travelling ke Jepang.

Baca juga : Trik Packing Saat Hendak Travelling Menggunakan Tas Ransel

2. Membeli Tiket Pesawat dan Hotel Melalui Aplikasi

tips-solo-travelling-ke-jepang-02

Menggunakan aplikasi online, Anda akan lebih mudah ketika membandingkan sebuah harga. Selain itu, jika Anda beruntung akan mendapatkan diskon atau potongan harga yang diadakan oleh aplikasi online atau maskapai. Agar solo travelling berjalan lancar, Anda dapat mencari tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari. Hal ini juga akan mencegah adanya perubahan harga di waktu-waktu tertentu. Apalagi, Jepang merupakan negara favorit yang menjadi destinasi pilihan. Maka suatu saat akan ada perubahan harga yang signifikan.

3. Buat Itinerary Perjalanan

tips-solo-travelling-ke-jepang-03

Meski Anda melakukan solo travelling, wajib hukumnya membuat jadwal selama berlibur. Ini akan mempermudah Anda selama di Jepang. Pertimbangkan waktu selama berlibur jika tidak ingin kelewat beberapa destinasi yang ingin dikunjungi selama di Jepang. Buatlah rencana atau jadwal perjalanan yang masing-masing lokasi berjarak dekat atau searah. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengakses destinasi wisata selama di sana.

4. Membeli Japan Rail Pass

Sesampainya di Jepang, jangan pernah lupa untuk membeli Japan Rail Pass ini. Sebab, Anda harus memiliki tiket kereta tersebut saat hendak mengunjungi beberapa lokasi di sana. Bahkan, dengan menggunakan Japan Rail Pass ini, Anda tidak dikenakan biaya selama melakukan perjalanan. Syaratnya adalah, selama kartu Anda masih dalam masa aktif. Japan Rail Pass ini memiliki waktu aktif sekitar 7 hari, 14 hari, atau 21 hari, semua harus disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Menyewa Pocket WiFi

tips-solo-travelling-ke-jepang-05

Jangan lupa untuk menyewa pocket WiFi selama Anda berada di Jepang. Ini akan memudahkan akses internet selama Anda di sana. Anda dapat menyewanya di Jepang, atau menyewa dari Indonesia yang saat ini sudah banyak penyewaan WiFi, sehingga mempermudah solo travelling di Jepang.

Baca juga : Tips Liburan Nyaman yang Perlu Diketahui Agar Travelling Semakin Menyenangkan

6. Membawa Bekal Makanan Instan

tips-solo-travelling-ke-jepang-06

Selama berlibur, jangan lupa untuk membawa bekal makanan instan. Hal ini untuk membantu Anda ketika lapar dan sudah tidak ada toko makanan yang buka. Atau bahkan saat penginapan jauh dari pusat kuliner. Anda dapat membawa makanan yang tahan lama dan tidak basi selama di perjalanan. Jenis makanan ini biasanya mie instan, daging rendang, dan daging kering yang diolah menjadi abon. Itu merupakan jenis makanan yang paling sering dibawa para traveller selama melakukan perjalanan.

Itulah beberapa tips solo travelling ke Jepang yang harus diketahui sebelumnya. Jangan lupa juga untuk mengetahui musim apa yang sedang terjadi di Jepang saat itu. Ini akan membantu Anda selama solo travelling. Jika masuk musim dingin, yang harus dipersiapkan adalah ragam baju hangat dan perlengkapan lainnya.